Makanan yang harus dihindari saat haid


Makanan yang harus dihindari saat haidSelama periode menstruasi, tingkat stres wanita juga akan naik karena perubahan suasana hati yang cepat berubah. Tingkat stres selama menstruasi bisa dikurangi jika Anda merawat dan mengkonsumsi jenis makanan yang tepat. Tubuh juga bisa dipengaruhi hal lain selama periode menstruasi . Beberapa masalah yang biasa mempengaruhi saat menstruasi seperti gejala kram perut, mual, nyeri dan sakit kepala akibat kontraksi rahim. Istilah medis untuk nyeri yang dirasakan selama periode menstruasi disebut dismenore. Hampir setengah wanita dipengaruhi oleh dismenore.

Gejala saat haid seperti kram, kembung, nyeri dan mual sebenarnya dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan,  namun jika Anda mau mengikuti diet yang baik serta menghindari beberapa jenis makanan selama menstruasi.

Kebanyakan wanita juga mengalami gejala-gejala seperti kelelahan dan fisik yang lemah selama menstruasi,  karena kurangnya asupan nutrisi yang tepat. Diet sehat bisa sangat bermanfaat dalam mengurangi gejala menstruasi dan meminimalkan efeknya. Hal ini juga dapat dilakukan dengan makan-makanan bergizi serta menghindari beberapa jenis makanan yang buruk .

Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari selama menstruasi, agar terhindar dari gejala seperti kram dan nyeri perut .

Kafein

Kafein adalah salah satu asupan yang harus dihindari saat menstruasi. Hal ini karena kafein akan menyempitkan pembuluh darah, serta juga dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Dampaknya akan menimbulkan ketidaknyamanan saat menstruasi, yaitu dehidrasi dan penyempitan pembuluh darah yang akan menyebabkan sakit kepala dan mudah gugup. Jadi hindari kopi, serta makanan minuman berkafein lainnya seperti cokelat.

Makanan Tinggi Gula

Wanita haid juga dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang tinggi gula,  seperti permen, soda atau safron. Hal ini karena makan makanan tinggi gula bisa  menyebabkan lonjakan gula darah. Ketika kadar gula darah yang melonjak  tiba-tiba itu setelahnya akan membuat Anda merasa kesal, rewel dan lesu.

Lihat Juga :  Hukum dan manfaat Khitan bagi kesehatan Laki-laki

Makanan panggang komersial

Menghindari makanan yang dipanggang adalah cara terbaik untuk mengurangi kram dan nyeri saat menstruasi. Hal ini terjadi karena makanan yang dipanggang yang dijual kebanyakan mengandung lemak trans tinggi. Lemak trans  akan mendorong tingkat estrogen naik, dan ini yang akan menyebabkan sakit secara tiba-tiba di dalam rahim. Hal ini akan mengakibatkan eskalasi kram saat menstruasi.

Makanan kaleng/Olahan

Setiap jenis makanan kaleng atau makanan olahan harus selalu dihindari selama periode menstruasi. Hal ini karena makanan kaleng atau olahan selalu mengandung sodium. Sera natrium juga harus dihindari selama menstruasi,  karena dapat menyebabkan retensi air dan akan membuat tubuh membengkak. Jadi disarankan untuk menghindari makanan olahan seperti olahan daging atau keju, kecap dan MSG. Juga menghindari makanan kaleng yang mengandung 200mg sodium per porsi atau lebih.

Biji-bijian olahan

Ketika biji-bijian alami diolah maka akan kehilangan hampir semua kandungan nutrisi yang ada. Karena faktor ini, biji-bijian olahan bisa mempengaruhi kadar gula darah. Hal ini juga akan mempengaruhi nafsu makan. Faktor-faktor ini bisa mempengaruhi gejala menstruasi secara merugikan. Makanan seperti pasta, nasi putih dan roti putih harus dihindari jika Anda ingin mengurangi gejala kram saat menstruasi.

Makanan  Gorengan

Makanan gorengan secara umum juga tak baik bagi kesehatan. Makanan yang digoreng mengandung tinggi lemak dan minyak, yaitu yang dapat meningkatkan kadar estrogen. Namun hal ini tidak relevan jika makanan digoreng menggunakan minyak hewan atau minyak sayur. Makanan yang digoreng seperti kentang goreng, ayam goreng dan onion ring harus dihindari untuk menjaga tingkat estrogen tetap stabil. Esterogen yang stabil akan membuat rahim juga stabil dan mengurangi kram dan nyeri saat menstruasi.

Lihat Juga :  Manfaat sit up bagi kesehatan - cara sit-up yang benar

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: