Jumlah Kandungan Gizi telur lengkap

kandungan gizi telurTelur sangat dikenal akan kandungan proteinnya, akan tetapi sebenarnya masih banyak kandungan nutrisi bermanfaatlainnya. Para Ahli gizi mengatakan bahwa telur adalah salah satu makanan yang paling padat gizi. Kandungan gizi telur utuh terdiri lebih dari 90 % kalsium, mineral dan zat besi pada bagian kuning telur,  dan mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi dan 9 asam amino esensial termasuk bagian putihnya.

Putih telur mengandung berbagai macam senyawat aktif yang sangat berkhasiat untuk menjaga, merawat dan menutrisi kulit. Jadi bagi yang ingin melakukan perawatan wajah dianjurkan untuk menggunakan putih telur, dan masker putih telur juga merupakan solusi bagi yang ingin menghilangkan bekas jerawat. Telur mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, riboflavin, asam folat, vitamin B6, vitamin B12, kolin, zat besi, kalsium, fosfor dan kalium. Telur ayam juga merupakan sumber protein terlengkap dan termurah.

Kuning telur menyediakan vitamin A , D , dan E. Telur juga dikenal sebagai salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D. Satu kuning telur besar mengandung sekitar 60 kalori, dan putih telur mengandung sekitar 15 kalori. Satu kuning telur besar mengandung duapertiga dari jumlah asupan kolesterol yang disarankan yaitu sebesar 300 mg. Lemak dari telur juga banyak ditemukan dalam kuning telur. Satu kuning telur juga menyediakan sekitar setengah dari jumlah asupan kolin harian yang direkomendasikan . Kolin merupakan nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan otak,  sehingga kolin sangat penting bagi wanita hamil dan menyusui untuk memastikan perkembangan otak janin yang sehat.

Kandungan Gizi telur lengkap

Telur utuh , mentah , segar per 100 gr
Sumber: USDA Nutrient data base

Makronutrisi

Energi : 143 kkal
Karbohidrat : 0.72 g
Protein : 12,56 g
Total Lemak : 9,51 g
Serat diet : 0 g
Air : 76,15 g
Gula total : 0,37 g

vitamin
Folat : 47 mg
Niacin : 0.075 mg
Riboflavin : 0.457 mg
Thiamin : 0.040 mg
Vitamin A : 540 IU
Pyridoxine : 0.170 mg
Vitamin C : 0
Vitamin D : 82 IU
Vitamin E : 1.05 mg
Vitamin K : 0,3 mg
Mineral
Kalsium : 56 mg
Besi: 1,75 mg
Magnesium : 12 mg
Fosfor : 198 mg
Zinc : 1,29 mg
Sodium : 142 mg
Kalium : 138 mg
lipid
Asam lemak jenuh : 3,126 g
Asam lemak tak jenuh tunggal : 3,658 g
Asam lemak tak jenuh ganda : 1,911 g
Asam lemak trans : 0,038 g
Kolesterol : 372 mg

10 manfaat telur untuk kesehatan

Mencegah pembekuan darah : Konsumsi telur dapat menurunkan risiko serangan jantung atau stroke . Sebuah studi yang diterbitkan dalam Buletin biologis dan farmasi menemukan bahwa protein dalam kuning telur tidak hanya berpotensi menghambat penyatuan darah, tetapi juga memperpanjang waktu konversi protein darah fibrinogen , menjadi benang fibrin .

Menjaga kesehatan otak : Telur juga mengandung kolin yang sangat penting bagi kesehatan otak. Kolin adalah unsur kunci dari struktur yang mengandung lemak dalam sel-sel membran,  fleksibilitas dan integritas tergantung pada asupan kolin.

Baik untuk ibu hamil : Kolin merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak janin dan membantu mencegah cacat lahir. Dua telur menyediakan sekitar 250 miligram kolin , atau kira-kira setengah dari asupan harian yang dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.

Mempertahankan stamina : Telur mentah yang dikonsumsi, tidak hanya menjaga keseimbangan hormonal, tetapi juga mempercepat metabolisme, dan meluncurkan sistem peredaran darah, tetapi juga menjaga stamina dan kesehatan secara keseluruhan .

Menyembuhkan gangguan paru-paru : Dalam beberapa kasus, mengkonsumsi telur mentah juga dapat mengatasi gangguan paru-paru, terutama dengan emphysema .

Jantung sehat : Telur mentah juga kaya antioksidan, dan berperan menjaga kesehatan jantung. Dua telur mentah dua kali lebih banyak mengandung antioksidan dari pada sebuah apel.

Membantu membangun otot : kandungan protein yang tinggi dalam telur bisa membuat tubuh kuat dan memiliki massa otot yang berisi.

Kesehatan mata : Kandungan karotenoid dalam kuning telur(karotenoid lutein dan zeaxanthin), sangat bermanfaat bagi kesehatan mata . Menurut para peneliti, Karotenoid  merupakan pigmen yang memberikan warna kuning pada bagian kuning telur, bisa menurunkan risiko mata yang berkaitan dengan usia dan katarak. Zat ini bekerja sebagai antioksidan untuk mata, berguna untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak beberapa bagian dari retina yang dapat mempengaruhi kemampuan fokus mata.

Menjaga berat badan tetap seimbang : Telur adalah sumber protein lengkap terbaik, yang mengandung semua asam amino esensial bagi tubuh manusia. Hal ini akan membantu mengontrol  tubuh menyerap tingkat kalori . Ketika memanajemen berat badan, Anda harus memilih makanan yang tinggi nutrisi dan yang memiliki sedikit jumlah kalori. Telur adalah makanan yang sehat bagi orang yang sedang menurunkan berat badan dan menjaga berat badan yang  sehat .

Baca juga : Khasiat Telur Ayam Kampung yang luarbiasa

Manfaat telur untuk kecantikan :

Menghilangkan jerawat : Telur dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Caranya dengan menggunakan putih telur sebagai masker wajah untuk mengobati jerawat yang meradang, dan membuat kulit lebih lembut dan lebih kencang.

Menghilangkan ketombe : Telur juga memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe. Oleskan putih telur pada kulit kepala, dan biarkan selama 30 menit  sebelum dibilas dengan air biasa sampai sisa telur hilang.

Menyehatkan kuku dan rambut  : Telur membantu menjaga kesehatan rambut dan kuku dari dalam tubuh karena mengandung protein, belerang , dan berbagai jenis vitamin dan mineral tinggi. Makan telur secara teratur akan membuati rambut dan kuku tumbuh lebih cepat.

Keamanan

Untuk menghindari keracunan bakteri Salmonella, terutama bila telur akan dikonsumsi dalam keadaan mentah, cuci dengan air bersih dan rendam beberapa saat dalam air panas. Ada isu lain yang perlu dipertimbangkan jika ingin mengkonsumsi telur, terutama bagi yang berusia 40 tahun atau lebih atau yang cenderung memiliki penyakit jantung koroner , adalah karena kandungan kolesterol dalam kuning telur . Ahli gizi merekomendasikan bahwa orang dewasa hanya perlu untuk mengkonsumsi telur paling banyak 4 butir per minggu.

Lihat Juga :  Bahaya Kebanyakan mengkonsumsi Vitamin C

Artikel Terkait :

loading...

Berikan komentar Anda: