Jenis Olahraga yang menguatkan dan menyehatkan jantung


Jenis Olahraga yang menguatkan dan menyehatkan jantungOlahraga sederhana yang dilakukan secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya secara signifikan. Disini setidaknya ada 4 jenis olahraga yang bisa membuat jantung Anda sehat.

Orang yang kurang olahraga berisiko dua sampai tiga kali mengalami serangan jantung. Serangan jantung bisa terjadi karena terganggunya aliran darah yang menuju ke otot-otot jantung. Gaya hidup yang kurang aktif bergerak, dan yang ditambah dengan kebiasaan makan makanan yang tinggi mengandung lemak jenuh akan menyebakan kolesterol menumpuk di dinding arteri, atau yang disebut dengan plak. Plak yang menumpuk selama bertahun-tahun ini kemudian akan menghambat,  dan bahkan menghentikan aliran darah ke otot jantung. Hasilnya bisa ditebak, terjadi serangan jantung.

Latihan kardiovaskular adalah bentukolahraga yang dapat menguatkan pernapasan dan detak jantung. Olahraga ini pada dasarnya adalah untuk membuat jantung bekerja lebih keras, sehingga akan menjadi lebih kuat. Latihan kardiovaskular juga akan memperbaiki cara tubuh menggunakan oksigen, karena akan membuat jantung lebih kuat dan lebih efisien memompa darah keseluruh tubuh.

Berikut ini adalah empat latihan kardiovaskular yang terbaik untuk kekuatan dan jantung sehat :

1 . Jalan cepat

Manusia dilahirkan sebagai makhluk yang berjalan. Jalan cepat adalah cara paling alami manusia untuk meningkatkan kesehatan tubuhnya, terutama jantung. Selain itu, jalan cepat lebih baik bagi orang yang obesitas atau kelebihan berat badan. Jalan cepat dapat membantu untuk mengurangi lemak pada otot yang dekat dengan daerah sendi.

2 . Berlari

Berlari lebih menantang daripada berjalan. Berlari adalah aktivitas fisik jantung sehat yang sangat mudah dilakukan dan murah. Selain itu, lari juga merupakan salah satu cara terbaik untuk membakar kalori. Dengan demikian, bagi yang mencoba untuk menurunkan berat badan, berlari juga akan memberikan manfaat lain yaitu memiliki jantung yang sehat.

Lihat Juga :  Buah yang baik untuk dimakan penderita diabetes

3 . Berenang

Berenang atau jenis olahraga air yang lain tidak hanya akan meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan kesehatan jantung, air juga memberikan manfaat resistensi multi-arah,  yaitu meningkatkan kekuatan otot dan suara .

4 . Bersepeda

Kegiatan lain kardiovaskular mudah adalah bersepeda. Gowes(sebutan lain bersepeda), juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan kesehatan jantung, membangun kekuatan otot, dan mengencangkan tubuh.

Bersepeda juga dapat mengurangi ketegangan atau stres. Melakukan bersepeda lintas alam bersama rekan-rekan, tak hanya melepaskan stres, juga meningkatkan kesehatan jantung.

Berikan komentar Anda: