Jenis makanan yang buruk untuk diabetes


makanan yang buruk bagi diabetesTujuan utama dari diet diabetes sehat adalah untuk menjaga kadar gula darah agar normal dan mendukung berat badan yang sehat. Gula darah bisa berfluktuasi karena diet, dan bisa abnormal dan dapat mengakibatkan komplikasi diabetes. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat mempersulit dalam mengelola diabetes dan dapat meningkatkan risiko penyakit kronis lainnya. Diet diabetes sehat mencakup berbagai makanan yang di atur, dan juga harus membatasi beberapa jenis makanan tertentu lebih ketat daripada makanan yang lain untuk mengelola penyakit agar optimal.

Dibawah ini Jenis makanan yang buruk untuk penderita diabetes

 

Makanan minuman yang Ditambahkan Gula

Gula tidak menyebabkan diabetes, tetapi gula akan meningkatkan kadar gula darah. Gula darah yang tinggi secara konsisten dapat berdampak negatif terhadap penglihatan, fungsi saraf dan kesehatan kulit. Sedikit gula baik-baik saja sesekali, tetapi perlu diingat bahwa makanan manis seperti permen, makanan penutup dan soda seringkali tinggi kalori, namun minim nutrisi penting. Batasi makanan-makanan yang ada tambahan gula,  dan ADA (American Diabetes Association)  merekomendasikan untuk mengisinya dengan makanan padat gizi seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, produk susu rendah lemak dan biji-bijian. Desserts, makanan ringan dan minuman yang menggunakan pemanis buatan baik-baik saja bagi penderita diabetes, karena mereka tidak mempengaruhi gula darah.

Makanan Tinggi Kalori

Tubuh membutuhkan kalori untuk menghasilkan energi, tapi makan terlalu banyak kalori akan berkontribusi terhadap kenaikan berat badan, obesitas, dan komplikasi diabetes yang serius. ADA merekomendasikan untuk membatasi makanan yang tinggi kalori serta makan makanan penutup. Latihan mengontrol porsi untuk mencegah makan berlebihan. Makanan berkalori tinggi sesekali mungkin baik-baik saja, tetapi harus seimbang dengan makanan rendah kalori setiap hari, serta melakukan aktivitas fisik.

Lihat Juga :  Tips Cara alami agar Bokong/ pantat besar padat dan berisi

Lemak

USDA merekomendasikan untuk membatasi lemak, karena terlalu banyak mengkonsumsi lemak akan meningkatkan risiko penyakit jantung, yang bisa mempersulit pengelolaan diabetes. Lemak juga tinggi kalori. Batasi lemak dengan mengkonsumsi produk susu yang rendah lemak, makan daging tanpa lemak, dan membuang lemak dan kulit yang terlihat dari daging dan unggas. Masak menggunakan sedikit atau tidak ada lemak dengan cara memanggang, panas sekali, mengukus dan merebus, dan bukan menggoreng atau menumis makanan. ADA terutama merekomendasikan untuk membatasi lemak jenuh dan lemak trans karena dapat meningkatkan kolesterol, dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Contoh lemak jenuh dan trans adalah lemak sapi, margarin, shortening, mentega, lemak babi, sebagian minyak terhidrogenasi, minyak kelapa dan minyak kelapa sawit. Makanan olahan yang digoreng adalah contoh lain makanan yang mengandung lemak trans.

Sayuran mengandung pati

Sayuran mengandung pati padat nutrisi, tetapi juga dapat meningkatkan gula darah karena  cenderung tinggi gula alami. Batasi sayuran seperti kacang polong, jagung, kentang, labu dan ubi jalar. Cobalah mengonsumsi sayuran lain seperti sayuran hijau, wortel, paprika, brokoli, asparagus, kubis, seledri, kembang kol, terong, mentimun, lobak, jamur, labu dan tomat.

Alkohol

Alkohol tidak apa-apa jika di moderasi, yaitu ketika gula darah sudah terkendali dengan baik. Wanita tak boleh minum minuman beralkohol lebih dari satu gelas per hari, dan laki-laki harus membatasi minuman untuk dua hari. Alkohol dapat menurunkan gula darah dan menyebabkan limbung, pusing, berkeringat, sakit kepala, perubahan mood dan kejang. Asupan yang berlebihan dapat merusak jantung dan liver. ADA merekomendasikan meminum alkohol secara perlahan, minum alkohol bersama dengan makanan, dan minuman beralkohol bergantian dengan air untuk mencegah perubahan gula darah secara dramatis.

Lihat Juga :  Tanda atau Gejala Orang mengalami depresi Klinis

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: