Jenis-jenis hantu Jawa


Jenis-jenis hantu Jawa – Kalau ada hantu yang hanya populer dijawa, berarti ditempat lain beda lagi dong jenis hantunya.Jenis jenis hantu jawaYa, dimana-manapun bisa berbeda hantunya, tergantung dari akar sosial budaya diwilayah tersebut.Sebagian orang meyakini jika hantu itu itu adalah perujudan dari arwah penasaran, sebagian lagi mengatakan jika hantu itu adalah jelmaan Jin yang menyerupai.Kalau kita lebih percaya yang berpendapat jika hantu itu adalah perujudan dari Jin.Jin bisa menyerupai apasaja sesuai dengan yang dibayangkan oleh manusia / kelompok manusia.Misalnya disuatu daerah, tiba-tiba ada sekelompok orang mempercayai adanya siluman atau hantu tertentu.Maka dengan mendengar ini , bangsa Jin akan berbondong bondong untuk mengambil peranan disini.Meraka akan menyerupai sesuatu atau makhluk yang sebelumnya sudah ada dalam bayangan pemikiran kelompok/orang tersebut.

Syaikh Prof. Dr. M Mutawalli Syarawi menegaskan: Allâh telah menjadikan syaithân yang berasal dari golongan jin itu dari api, yang bisa berubah bentuk. Sedangkan manusia tidak dapat mengubah bentuknya dan tidak mengerti sedikit pun tentang itu. Manusia tidak dapat melihat syaithân (dari golongan jin),  karena syaithân berada di atas kekuatan hukumnya (syaithân diciptakan dari api, tapi penciptaan manusia lebih sempurna), kecuali jika syaithân itu mengubah bentuknya misalnya menjadi manusia atau binatang, maka kita dapat melihatnya (dalam kondisi tertentu).

Syaikh Amin al-Kurdi menuturkan dalam kitab Tanwiir al-Quluub:

واعلم أنه لا يمتنع ظهور الملائكة والجن والشياطين على بعض الأبصار في بعض الأحوال

Dan ketahuilah bukan hal yang mustahil adanya penampakan malaikat, jin dan syaithan (baca: syaithan golongan jin) di hadapan sebagian orang dalam kondisi tertentu.

Berikut ini Jenis-jenis hantu Jawa dan kriteria, golongan makhluk halus yang hanya dipercaya keberadaannya di tanah Jawa.

1. GENDRUWO

Hantu yang satu ini diyakini suka tinggal di pohon-pohon besar atau gedung-gedung tua yang ditinggalkan penghuninya. Gendruwo suka bergelantungan di dahan pohon atau duduk di bawahnya. Keberadaannya juga diyakini ditandai dengan bau khas yang sangat menusuk hidung.Gendruwo dalam penampakannya dikatakan memiliki badan berbulu coklat, badan tinggi besar, dan jari-jari yang besar pula.gendruwo adalah jenis hantu yang suka iseng, suka melempar dan menampakkan wujudnya.

Lihat Juga :  Cara Meningkatkan kemampuan Otak

2. SUNDEL BOLONG

Sundel, bahasa Jawa yang artinya WTS/PSK, bolong artinya berlubang. Hantu ini berJenis kelamin perempuan, Sundel bolong biasanya mengambil wujud sosok wanita yang punggungnya berlobang. Jika kita berhadapan, baunya sangat wangi, tapi kalau beliau berbalik badan, akan menebarkan bau busuk dan amis. Sundel Bolong dipercaya banyak orang suka membujuk para pria berhidung belang untuk berhubungan intim. Konon katanya, ia adalah bekas p*lac*r,  yang mati secara mengenaskan, akibat disia-siakan laki-laki hidung belang.

3. JERANGKONG atau THETHEKAN

Thetekan atau jerangkong adalah hantu yang diyakini masyarakat jawa memiliki ujud  kerangka manusia. Ia suka berkeliling dari kampung ke kampung pada pagi dini hari, kemunculannya selalu antara jam 01 s/d 02 malam. Ia disebut thethekan (dibaca tek-tek-kan) karena kalau berjalan mengeluarkan bunyi thek, thek, thek,, yang ditimbulkan dari benturan rahang atas dan rahang bawah.

4. NDHAS GLUNDHUNG

Hantu ini diyakini hanya berupa kepala manusia yang suka menganggu dan mengejutkan orang dengan cara menggelundung secara tiba-tiba di depan  orang. Ada juga yang jatuh dari atas pohon, saat ada orang yang mendekat (dipikir duren atau nangka jatuh), kepalanya akan berputar dan tersenyum sinis. Dipercaya hantu ini adalah kepala para orang-orang yang mati dengan cara disembelih.

5. MEMEDI USUS

Dipercaya Berujud bueraian usus manusia, yang akan melilit kaki orang yang sedang melintas di jalan. Ia biasanya melintang di jalan untuk menunggu mangsa. Orang yang kebetulan terlilit oleh Memedi Usus, selain karena memang kakinya terlilit, terasa berat dan kesulitan utk berjalan atau berlari.

6. POCONG

Hantu yang menunjukkan sosok  berpakaian seperti orang mati (berkain kafan).Kalau di pilm, digambarkan dari Cara berjalannya meloncat-loncat, gak usah tanya kenapa. Biasanya tinggal di kuburan seseorang, yang konon semasa hidupnya bergelimang dengan dosa; Misalnya rentenir, pemelihara thuyul atau perewangan. Dan ia tidak rela atas kematiannya. Ia sukanya menggantung di pohon, bersandar, atau rebahan di tepi jalan. Pocong diyakini bisa mengejar terhadap orang yang ketakutan dan kabur .

Lihat Juga :  Kenapa memperdengarkan musik pada bayi/janin bisa berpengaruh baik?

7. OYOT NIMANG

Oyot nimang atau akar nimang diyakini sebagai  akar gaib,  yang akan menghilangkan ingatan atau kesadaran seseorang, yang tanpa sengaja menginjak atau melompatinya. Orang yang kena pengaruh Oyot Nimang berjalannya akan terus berputar-putar di tempat yang sama , padahal  ia merasa berjalan ke tempat yang sesuai.

8. BAYI BAJANG

Ini adalah hantu yang diyakini orang jawa sebagai jelmaan dari  bayi hasil hubungan gelap, yang dikeluarkan secara paksa(abors*), dan mayatnya dipendam disuatu tempat. Pada malam-malam tertentu, tempat tersebut mengeluarkan suara tangisan bayi yang memilukan.

9. KEMAMANG

Dikatakan Sosok hantu yang berambut api. Ia senang tinggal di tepi sungai sambil cari ikan. Ikan yang didapat, sebelum dimakan, dimasaknya terlebih dahulu di atas rambutnya. kemamang katanya akan mengejar orang yang melihatnya, kemudian akan menghisapdarahnya melali ubun-ubun hingga meninggal.

10. GERANDHONG

Hantu yang sangat ganas, bahkan bisa membinasakan. Ia berupa sosok yang sangat menakutkan. Wajah dan matanya merah, taringnya panjang, kulitnya abu-abu bersisik, rambutnya panjang dan kasar. Ia bersifat nomaden, tapi ketika ia tinggal di desa tertentu, bisa menggegerkan orang se-desa. Akhirnya tempat tersebut setiap malam akan terasa mencekam, karena tidak ada seorang pun yang berani keluar rumah.

11. WEWE GOMBEL

Perwujud hantu sosok wanita yang sangat tua, dengan pakaian compang-camping, dan payudaranya menggelantung sampai menyentuh tanah. Dia suka mengganggu anak-anak balita dengan cara mengajaknya ke tempat-tempat yang sepi, kemudian anak tersebut di tinggal di tempat itu. Atau kalau dia lagi suka, diajaknya keliling-keliling sampai berhar-hari. Kalau sudah bosan ditinggalkan anak tersebut, entah di tengah sawah, di hutan, di atas pohon, dan sebagainya.

Lihat Juga :  Manfaat Pijat Bagi kesehatan

12. KEBLEG

Ujudnya dipercaya Berupa kelelawar yang besar, sukanya mencuri beras di pedaringan (Jawa), yaitu tempat menyimpan beras. Tapi  juga suka mencuri telur (bisa telur ayam atau bebek).. Konon, ia adalah peliharaan seseorang, emacam tuyul, tapi  spesialisasinya hanya beras dan telur.

13. THUYUL

Biasanya tuyul merupakan peliharaan seseorang, bertugas mencuri uang untuk disetorkan kepada pemeliharanya. Wujudnya dikatakan berupa sosok anak balita laki-laki dengan kepala gundul. Tuyul konon bisa didapatkan siapasaja dengan jalan melalui ritual khusus dan perjanjian akan memberi tuyul makan.Konon katanya makanan tuyul adalah darah ayam yang baru disembelih, atau ditetekin oleh istri yang memeliharanya.Tuyul menurut kepercayaan bisa ditangkap dan dimatikan, namun yang mati adalah sipenganut pesugihan tuyul ini.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: