Inilah alasan kenapa sayur bayam harus segera dimakan


Alasan kenapa bayam tak boleh didiamkan lamaInilah alasan kenapa sayur bayam harus segera dimakan – Mungkin kita sudah sering mendengar ungkapan bahwa tidak boleh makan sayur bayam yang telah didiamkan terlalu lama. Menurut banyak artikel, bayam tak boleh dikonsumsi setelah didiamkan antara 4 sampai 5 jam setelah dimasak. Himbauan ini memang benar kenyataannya, karena memang ada suatu reaksi negatif yang terjadi antara zat yang terkandung dalam bayam dengan udara.

Memang, Sayuran hijau terbukti banyak manfaatnya untuk kesehatan. Sayuran hijau daun paling tinggi mengandung vitamin, mineral, dan serat yang tinggi. Sebagian besar sayuran menyumbang antioksidan bagi tubuh kita, dan juga sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Namun, ada jenis sayuran yang idealnya bagus untuk tubuh kita, namun justru akan bersifat racun jika salah memanfaatkannya. Sayuran tersebut adalah bayam, yaitu yang menjadi berbahaya ketika dikonsumsi setelah lama didiamkan habis dimasak!

Apa alasannya sayur bayam yang telah dimasak dan didiamkan selama 4 atau 5 jam sudah tak boleh dimakan?

Bahaya dari sayur bayam yang telah lama didiamkan ini terjadi karena adanya proses oksidasi yang terjadi antara udara dan bayam. Sayur bayam adalah penghasil zat besi terbanyak, dan ketika zat besi terlalu lama bereaksi dengan udara, maka zat besi ini akan teroksidasi dan berubah menjadi senyawa kimia bernama Ferro. Ferro adalah senyawa kimia yang bersifat racun (oksidan) bagi tubuh. Jadi ketika kita makan bayam yang telah lama dimasak, bukan antioksidan yang kita dapat. Justru hasil oksidasi dari zat besi yang telah berubah menjadi oksidan, itu artinya sama saja dengan memasukkan racun kedalam tubuh kita.

Selain itu, bayam juga mengandung senyawa kimiawi nitrat (NO3) , yang ketika teroksidasi juga akan berubah, yaitu akanĀ  menjadi nitrit (NO2) dan ini juga bersifat racun.

Lihat Juga :  Manfaat dan kandungan gizi buah nangka

Selain tidak boleh dimakan dalam jangka waktu lama setelah dimasak, sayur bayam juga tidak boleh dimakan jika sudah dipanaskan berulang-ulang.

Berapa lama batasan waktu bayam yang didiamkan?,,

Sebenarnya tidak ada batasan waktu yang pasti, mengenai waktu yang aman untuk bayam setelah dimasak. Namun kita bisa melihat indikasinya, jika sayuran bayam yang telah kita masak berubah warna menjadi kehitaman, itu berarti telah terjadi oksidasi dan bayam sudah tak aman untuk dikonsumsi.

Dalam proses pemasakan awal dan pendinginan sayur, proses oksidasi sebenarnya sudah mulai terjadi walaupun sayur ditutup. Dan secara Perlahan sayuran ini akan berubah menjadi kehitaman dalam waktu antara 4 hingga 5 jam setelah dimasak.

Saya sering makan bayam yang telah lama didiamkan, tapi kok nggak pernah tejadi apa-apa?,,,

Memang tak akan terasa dampaknya dalam jangka pendek. Bahaya mengkonsumsi sayur bayam yang sudah teroksidasi ini tidak langsung akan terasa seketika itu juga. Ini bersifat residu, yaitu akan menumpuk dalam tubuh jika terus menerus dilakukan, dan penyakitnya baru akan muncul setelah beberapa lama. Salah satu hal yang paling berbahaya adalah penyakit Sianosis, yaitu gejala ketidakmampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen, sehingga seluruh jaringan tubuh akan terasa lemas karena kekurangan oksigen.

Khusus untuk memasak sayur bayam, disarankan hanya masak untuk sekali makan saja. Dengan demikian, Anda hanya akan mendapatkan manfaat baik dari zat besinya saja, dan bukan termasuk memasukkan racun kedalam tubuh..

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: