Inilah 10 Buah eksotik Asli Indonesia


Inilah 10 Buah eksotik Asli Indonesia – Buah adalah makanan sumber nutrisi penting yang diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah kaya akan serat, vitamin, dan mineral, terutama antioksidan yang dikenal medis sebagai zat yang berguna untuk mendetoksifikasi tubuh secara alami, sehingga dapat  menangkal segala macam penyakit degeneratif seperti kanker, jantung dan stroke.

Namun sayang, hanya sekitar 40 persen masyarakat Indonesia yang tahu dan mengkonsumsi  buah atau jus, hal itu sangat, hal ini berbeda dengan beberapa negara Asia Tenggara lainnya yang rata-rata sudah sadar akan manfaat buah ini. Hal ini berdasarkan Badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) yang merekomendasikan konsumsi buah minimal 65,75kg/kapita/tahun, dan Indonesia sendiri masih sangat rendah sekitar 40kg/kapita/tahun, berdasarkan data Tribun. (Tribun)

Hal ini bertolak belakang, dimana Indonesia adalah Negara yang sangat kaya akan aneka ragam buah-buahan, yang rasanya tak kalah enak dan berkhasiat untuk kesehatan.Mau tahu buah asli indonesia yang masuk kedalam top ten buah paling eksotis Indonesia?

Berikut ini 10 buah asli Indonesia yang paling eksotis, dan dikenal memiliki citarasa yang unik dan bergizi tinggi:

1. Buah Belimbing

Buah belimbing atau Carambola adalah tanaman asli Indonesia (Khususnya Maluku), India dan Srilanka. Pada 1887 tanaman tropis ini mulai diperkenalkan di daerah selatan Florida AS,  dan kini mulai ditanam secara komersial dengan nama starfruit, karena jika dibelah bentuknya mirip bintang.

Di Indonesia dikenal dua jenis belimbing, yaitu belimbing buah yang manis rasanya dan belimbing sayur atau belimbing wuluh yang asam. Belimbing buah yang manis ini dikenal memiliki khasiat  untuk mengobati tekanan darah tinggi dan batuk, sedangkan daunnya berkhasiat sebagai obat sakit kepala. Sedangkan Buah belimbing wuluh yang masam berkhasiat sebagai obat sariawan, sedangkan daunnya sebagai obat encok, penurun panas, obat gondok dan ekspektoran. Sejak tahun 2007, buah belimbing resmi menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat

Lihat Juga :  Tips Cara Alami mengusir kecoak selamanya

2. Buah Cempedak

Buah asli khas indonesiaCempedak adalah buah yang mirip dengan Nangka,  karakteristik batang, dan musim berbuahnya, namun berbeda rasa. Buah Cempedak memiliki rasa yang lebih manis , dibandingakan buah Nangka. Gatah Batang Cempedak lebih cair dibandingkan getah Nangka, dan daunnya berbulu-bulu putih tipis, yang tidak dipunyai buah Nangka. Dan buah Cempedak hanya berbuah satu tahun sekali, sementara nangka bisa dua kali.

Buah cempedak dapat dimakan sebagai buah segar atau diolah terlebih dulu. Daging buah cempedak biasanya nikmat digoreng, dan dijadikan camilan bersama minum teh atau kopi. Biji cempedak dapat digoreng, direbus ataupun dibakar, sebelum dimakan biasanya diberi  campuran sedikit garam. Buah muda cempedak sama dengan buah nangka muda, yaitu keduanya dapat dijadikan sayur. Di Indonesia Cempedak banyak tumbuh di daerah Sumatra, seperti sumatra selatan, Sumatra Utara, Pulau Bangka, Pulau Belitung.

3. Buah Duku

Buah Duku berbentuk bulat kecil berwarna kekuningan ini merupakan salah satu buah asli, dan merupakan salah satu buah kebanggaan Indonesia. Pohon Buah dukupun dijadikan flora sebagai identitas provinsi Sumatra Selatan. Biasanya, duku dipanen setahun sekali. Di dalam negeri dan Asia duku banyak diminati, tapi sayang ekspornya belum menembus pasar Amerika dan Eropa.

Duku ditanam umumnya memang untuk diambil buahnya, yang biasa dimakan dalam keadaan segar. Ada juga yang mengawetkan duku dalam bentuk sirup dan dibotolkan. Kayunya keras, padat, berat dan awet, sehingga kerap digunakan sebagai bahan perkakas dan konstruksi rumah di desa, terutama kayu pisitan.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: