Apakah ISK atau Infeksi Saluran Kemih?


Gejla,penyebab dan pengobatan infeksi saluran kemihSebelum mengetahui apa itu infeksi saluran kemih, sebaiknya mengetahui terlebih dulu apakah yang disebut dengan saluran kemih. Saluran kemih adalah organ salah satu bagian tubuh kita yang bertugas untuk memproduksi dan menyimpan urin. Hal ini terdiri dari ginjal (di mana urin dibuat), ureter (saluran kemih) dan kandung kemih itu sendiri (disimpan dalam organ ini). Infeksi saluran kemih atau disingkat ISK didefinisikan sebagai infeksi yang terjadi pada lapisan kandung kemih dan uretra.

Penyakit ini sangat umum terjadi pada wanita daripada laki-laki, karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek yaitu 4 cm, daripada laki-laki yang panjang uretranya 20 cm. Oleh karena itu, bakteri lebih mudah untuk menginfeksi kandung kemih pada wanita.

Untuk itu bagi para wanita, baca yang ini untuk meminimalkan terkena ISK : Cara menjaga kesehatan Vagina yang baik dan Benar

Berikut ciri dan gejala umum ISK

ISK umumnya mempengaruhi kandung kemih, tetapi dalam beberapa kasus infeksi bakteri mungkin bisa mencapai ke ginjal dan mengakibatkan infeksi pada ginjal. Pada saat saluran kemih terinfeksi, maka kandung kemih dan uretra akan mengalami iritasi dan merah, yang pada akhirnya menyebabkan rasa nyeri di daerah panggul dan perut. Orang yang menderita infeksi ini akan merasakan seperti buang air kecil yang lebih sering (atau BAK hanya beberapa tetes), serta juga mungkin merasakan sensasi terbakar pada saat buang air kecil. Anda juga mungkin merasa tidak nyaman, bahkan dalam beberapa kasus urin mungkin mengeluarkan bau yang busuk. Ketahui juga : Kondisi tubuh dilihat dari Warna air kencing

Pengobatan

ISK biasanya bisa disembuhkan dalam beberapa hari setelah terinfeksi, yaitu dengan cara mengikuti cara menjaga kebersihan dan sanitasi yang baik. Pilihan pengobatan termasuk pengobatan dengan antibiotik, tapi kadang-kadang antipiretik dan obat penghilang rasa sakit juga diresepkan oleh dokter. Infeksi adalah gangguan bakteri, walaupun cepat bisa disembuhkan,  bisa menjalar dan berpengaruh lebih buruk jika tidak diobati segera. Untuk itu jika Anda mengalami gejala-gejala ISK, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Lihat Juga :  Bahaya, dampak dan akibat infeksi Bakteri E-Coli

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: