Hukum dan manfaat Khitan bagi kesehatan Laki-laki


Manfaat dan hukum khitanKhitan atau sering juga disebut sunat (bagi laki-laki) adalah suatu hal yang biasa bagi Ummat Muslim. Seperti sesuatu yang sudah menjadi kewajiban, bahwa setiap anak laki-laki sudah pasti akan dipersiapkan hari yang baik untuk dikhitankan oleh orang tuanya.

 

Lalu apakah sunat/khitan ini memang wajib bagi ummat Muslim?..

Khitan menurut banyak pendapat memang wajib, namun sebenarnya ada dua pendapat para Ulama yang berbeda tentang khitan bagi laki-laki. Sebagian para Ulama mengatakan wajib, dan sebagian mengatakan sunnah.

Selain itu, tahukah Anda bahwa pendapat medis telah mengatakan, jika khitan untuk laki-laki itu sangat baik bagi kesehatan.

Berikut Kita bahas mengenai hukum Khitan/sunat dalam Islam, serta manfaatnya bagi kesehatan:

Hukum Khitan

Ulama Yang menyatakan Khitan bagi laki-laki itu wajib

Menurut Imam Ibn Qudamah (al-Mughni 1/85) dan Imam Nawawi (al-Majmu (1/301), jumhur(mayoritas ulama) menetapkan bahwa khitan itu wajib bagi laki-laki.

2.Dalil Al-Quran:

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya (AlQuran 2:124). Menurut Tafsir Ibn Abbas, khitan termasuk ujian ke atas Nabi Ibrahim dan ujian ke atas Nabi adalah dalam hal-hal yang wajib (al-Fath, 10:342).
Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan (AlQuran 16:123). Menurut Ibn Qayyim (Tuhfah, 101), khitan termasuk dalam ajaran Ibrahim yang wajib diikuti sehingga ada dalil yang menyatakan sebaliknya.

1.Dalil Hadith

Dari Utsaim bin Kulaib dari ayahnya dari datuknya, bahwa dia datang menemui RasuluLlah S.A.W dan berkata, Aku telah memeluk Islam. Maka Nabi pun bersabda, Buanglah darimu rambut-rambut kekufuran dan berkhitanlah. [HR Ahmad, Abu Daud dan dinilai Hasan oleh al-Albani]. Hadith ini dinilai dhaif oleh manhaj mutaqaddimin.
Dari az-Zuhri, bahwa Nabi saw bersabda, Barangsiapa masuk Islam, maka berkhitanlah walaupun sudah dewasa. Komentar Ibn Qayyim yang memuatkan hadith di atas dalam Tuhfah, berkata walaupun hadith itu dhaif, tapi ia dapat dijadikan penguat dalil.

Lihat Juga :  Agar Rambut Sehat Alami

3.Atsar Salaf

Kata Ibn Abbas,  al-Aqlaf (orang belum khitan) tidak diterima solatnya dan tidak dimakan sembelihannya. (Ibn Qayyim, Tuhfah) dalam versi Ibn Hajar Tidak diterima syahadah, solat dan sembelihan si Aqlaf (org belum khitan).

Ulama Yang menyatakan khitan bagi-laki-laki itu Sunnah

Pendapat jika khitan (laki-laki) adalah sunnah didukung oleh Hanafiah dan Imam Malik. Syeikh al-Qardhawi menyetujui pendapat ini dan berkata, Khitan bagi lelaki cuma sunnah syiariyah atau sunnah yang membawa syiar Islam yang harus ditegakkan. Ini juga pendapat al-Syaukani”. (Fiqh Thaharah)

Dalil Hadits:
Dari Abu Hurayrah ra: Perkara fitrah ada lima: berkhitan¦. (Sahih Bukhari-Muslim). Oleh kerana khitan dibariskan sekali dengan sunan alfitrah yang lain, maka hukumnya adalah sunat juga. (al-Nayl oleh Syaukani).

Jadi, pendapat mana yang lebih rajih,  sunnah atau wajib?

Pendapat paling kuat adalah,  sunat seperti yang ditarjih oleh al-Qardhawi dalam Fiqh Thaharah. Ini karena millat Ibrahim itu tidak ditujukan kepada kita. Sedangkan hadith-hadith sahih dalam Bukhari-Muslim lebih menjurus kepada hukum sunnat bukan wajib. Dengan itu pendapat minoriti yaitu Hanafi lebih diungguli.

Walaupun syeikh Al-Qardhawi berpendapat sunnah, tapi menurut beliau khitan merupakan sunnah yang harus ditegakkan. IHal ini telah beliau tegaskan dalam buku beliau yang berjudul Fiqh Thaharah hal. 171:

Madzhab Hanafi dan Maliki berpendapat khitan adalah sunnah dikalangan laki-laki bukan wajib. Namun ia termasuk sunnah fitrah dan salah satu syiar Islam. Maka jika ada satu negeri yang dengan sengaja meninggalkannya, orang-orang di tempat itu wajib untuk diperangi oleh imam kaum muslimin. Sebagaimana jika ada sebuah negeri yang dengan sengaja meninggalkan adzan. Yang mereka maksud adalah sunnah-sunnah syiar yang dengannya kaum muslimin berbeda dengan kaum lain.

Beliau mengatakan bahwa khitan sebagai sunnah syiariyah sebenarnya lebih mendekati wajib dimana orang yang meninggalkannya harus diperangi. (Sumber:http://blog.wiemasen.com/hukum-khitan/)

Manfaat kesehatan Khitan pada laki-laki

Terlepas dari Hukum Khitan bagi ummat Muslim diatas, menurut mayoclinic, khitan atau sunnat adalah tindakan yang sangat bagus dilakukan demi kesehatan.

Lihat Juga :  Jenis makanan yang buruk untuk diabetes

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: