Hosting Indonesia murah dan Terbaik


“Hosting Indonesia murah dan terbaik, serius nih,,,, Padahal yang termahal saja, belum tentu kualitasnya baik!”.

Mungkin itu yang langsung timbul sebagai pertanyaan dibenak Kamu saat ini setelah membaca judul dari artikel ini. Itu memang benar, bila Kamu belum pernah menemukannya. Tak salah karena mencari hosting terbaik  itu bukan perkara mudah, apalagi disertai dengan harga yang murah. Bagi yang sudah berpengalaman memang umumnya sangat berhati-hati untuk menyimpan kontent situsnya pada sebuah layanan web hosting. Sebab hosting yang buruk sudah pasti akan buruk juga bagi perkembangan sebuah situs, apalagi sebuah blog. Memang bisa saja migrasi ke hosting yang diduga lebih baik, namun itupun masih akan ribet dan menyita banyak waktu. memang, kalau bisa sih,,,, SEKALI JADI! jadi bisa lebih fokus untuk mengembangkan sebuah blog. Iya kalau sekali migrasi sudah menemukan yang lebih baik, kalau tidak,,,,,, huffftt … cape deeehh………..

Untuk itulah disini Saya mau berbagi pengalaman saya tentang webhosting terbaik di indonesia. Sebelumnya mari kita bahas dulu, seperti apakah dampaknya terhadap blog jika webhostingnya buruk….

SEO adalah harga yang sangat vital bagi blog yang bertujuan menggaet pengunjung yang sebanyak banyaknya. Dalam dunia bisnis online, ada ungkapan Klise yang sangat menarik ” Pengunjung sama dengan Uang”. Nah, webhosting ini sangat memberikan impact yang besar terhadap SEO, yang berarti jumlah kunjungan. Webhosting yang buruk biasanya aksesnya lelet, sering mengalami down time. Jangankan untuk pengunjung ribuan, hanya ratusan pageview saja biasanya langsung down. Padahal(perlu diketahui), bahwa sebuah blog (umumnya yang monetisasi dengan PPC) baru bisa dikatakan dapat memperoleh uang jika sudah dapat kunjungan unik 1000000  perhari.

Lihat Juga :  Syarat agar mudah diterima google adsense

Kenapa sulit mendapat banyak pengunjung , yang berkaitan dengan kualitas hosting?,,,,,,, Yang pertama, pengunjung tak betah berlama-lama menunggu halaman blog terload dengan lengkap, sehingga memutus koneksi dan browsing ke situs lain. Dan yang kedua, Crawler mesin pencari(googleboot)  gagal mengakses blog kamu, sehingga menjadikan halaman not found pada databasenya. Jadi jika demikian, mana mungkin mesin pencari seperti google mau menempatkan halaman blog Kamu pada hasil pencariannya. Pada langkah pertama ini, Kamu sudah rugi besar.

Nggak usah berlama-lama lagi, yang terakhir…. Saya akan memberikan sedikit pertimbangan tentang bagaimana webhosting yang baik itu:

1. Unlimited Bandwidth

Bandwidth bukanlah hal yang dianggap sepele, sebab jika sampai kehabisan maka situs tak akan bisa diakses. Dan Kamu harus membeli bandwidth dengan harga yang lebih mahal jika sudah kehabisan. Perlu diketahui, banyak webhosting yang menyediakan unlimited bandwidth untuk dalam negeri, namun sangat membatasi akses dari luarnegeri. Jangan fikir ini tak masalah, sebab webcrawler mesin pencari itu dari server luarnegeri. Jika kehabisan, tentunya crawler akan menganggap halaman Kamu notfound, walaupun didalam negeri dapat diakses. Dampaknya kembali lagi pada SEO yang telah dijelaskan diatas.

2. Contact support

Sebuah webhosting harus mau menyediakan contact support /teknikal support 24/7, dan juga harus cepat tanggap. Yang seperti ini hanya ditemui pada webhosting kelas perusahaan, bukan kelas “rumahan”. Teknikal support sangat penting untuk webhosting, karena permasalahan hosting itu juga macam-macam dan nggak cukup bisa kita atasi sendiri. Permasalahan pada hosting harus segera teratasi, kalau tidak maka kembali lagi kepada faktor SEO.

3. Uptime 90% dan backup

Uptime minimal mampu memberikan nilai 90%, jika tidak maka kembali lagi kepada masalah SEO. Backup juga penting, sebab siapa tahu tiba-tiba ada masalah dan berakibat kepada hilangnya data-data situs/blog Kita. Dengan adanya layanan backup, kita masih akan dengan mudah untuk menghadirkan kembali kontent Kita.

Lihat Juga :  Broker Forex terbaik dan Terpercaya - OctaFX

4. Tangguh

Server webhosting adalah komputer juga, dimana juga ada RAM dan prosessor. Webhosting yang tangguh tentunya memiliki spesifikasi RAM dan prosessor yang tinggi, sama seperti komputer rumahan kita. Kalau spesifikasinya  rendahan, bisa kita bayangkan deh, seperti apa leletnya, Apalagi dipergunakan untuk shared hosting. Prosessor dan RAM yang tinggi berkaitan dengan pengolahan beban dari memproses perintah pada CMS blog kita. Terutama untuk CMS blog yang kompleks plus bermacam-macam plugin seperti  CMS wordpress. Hal itu akan sangat memberatkan server, dan jika server ecek-ecek, ditanggung blog Kamu akan sangat lelet diakses.

5. Aturan lebih longgar dan support bahasa PHP versi terbaru

Hosting yang rewel biasanya sangat membatasi penggunaan plugin yang terlalu banyak, terutama yang dianggap banyak memakan resource semacam plugin related post, random post dan sebangsanya. Jika itu terjadi, maka bisa dipastikan itu adalah webhosting kelas rumahan yang menggunakan server spesifikasi rendah. Tak mendukung bahasa PHP versi terbaru, memungkinkan beberapa plugin (wordpress) tak bekerja di blog Kamu, bahkan error.

6. Berpengalaman

Setidaknya, webhosting yang pantas kita percayai itu sudah berpengalaman dibidangnya minimal 5 tahun. Kenapa?,, mereka tentu lebih cepat tanggap atas segala permasalahan hosting yang ada. Jadi jika ada masalah seperti padamnya server, itu tak akan terjadi berlama-lama. Selain itu, sistem antisipasi keamanan yang mereka miliki tentu juga lebih baik.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: