Honda Vario Techno 125 VS Yamaha New Xeon RC

Sektor motor matic sekarang ini tidak bisa diremehkan peminatnya.Kebanyakan orang kini lebih mengutamakan kenyamanan, seiring dengan bertambahnya potensi kemacetan dijalanan pada banyak daerah.Memiliki motor yang didesain khusus untuk mengebut dengan mengesampingkan kenyamanan sepertinya sudah bukan pilihan lagi.Mau ngebut gimana,,,,tiap hari macetnya luarbiasa dimana-mana.Disini kenyamanan berkendara motor matic mengambil peranan, terutama dijalanan yang selalu bermacet-macet.

Dengan semakin banyaknya peminat, produsen pun berlomba untuk meluncurkan motor matic yang sesuatu banget.Tengok saja produk motor matic raksasa sepeda motor terbaru, yaitu Honda Vario Techno 125 PGM-FI dan yamaha New Xeon RC.Kedua produsen menanamkan keunggulan maksimal untuk masing-masing produknya.Makin seru saja nih,,, konsumen makin bingung saia untukmenetapkan motor idamannya.Apa saja kehebatan masing masing besutan diatas????,,,
Honda+Vario+Techno+125+PGM-FI+Sonic+White+Blue[1]
Honda vario techno 125 PGM-FI VS Yamaha New Xeon RC

Berikut perbandingan antara Honda Vario Techno 125 VS Yamaha New Xeon RC

Desain

Tampang Yamaha New Xeon yang paling menonjol adalah pada bagian depan. Lampu depannya lebih besar dan posisi sein dipindahkan ke disamping lampu utama dari yang semula berada distang. Desain New Xeon RC yang terinspirasi dari pesawat siluman F-117 Nighthawk sedangkan Vario Techno 125 dari sportcar Honda NSX. Garis2 tajam & tegas menghiasi kedua skutik ini. Bagasi Vario Techno 125 yang punya kapasitas lebih besar denga volume 18 liter membuat bodi lebih gendut ketimbang New Xeon RC, dimana volume bagasinya cuman 12,8 liter.

Fitur Keamanan

Secara umum New Xeon RC & Vario Techno 125 memiliki beberapa fitur keamanan yang mirip, yaitu seperti lampu sudah pake AHO, kunci pengaman magnet, pengaman standar samping & pengunci rem. Fitur CBS (combi brake system) dimana rem depan & belakang aktif hanya dengan menekan tuas rem belakang hanya pada varian tertinggi Vario Techno .Hal ini yang memberikan nilai tambah untuk Vario.

Akomodasi

Konsol box:Demi untuk memenuhi kebutuhan & kenyamanan pengendara, baik New Xeon RC maupun Vario Techno 125 dilengkapi beberapa tempat untuk meletakkan barang. Konsol boks bagian depan kiri dan kanan tersedia pada keduanya, bisa buat naruh sementara barang-barang kecil seperti minuman botol.Bagasi: Volume 18 liter pada bagasi yang dimiliki Vario Techno 125 cukup besar, bisa untuk menaruh helm full face, sedangkan New Xeon RC volumenya hanya 12,8 liter.

Fitur Mesin & Performa

Sistem bahan bakar: Keduanya sudah mengadopsi sistem bahan bakar injeksi, pada Vario Techno 125 disebut dengan PGM-FI & YM-JET FI pada New Xeon RC. Kedua produsen menklaim produknya tsb lebih irit & bertenaga. Sektor daleman mesin: Kubu Vario Techno 125 mengusung teknologi offset cylinder, dinding luar silinder bertekstur, roller rocker arm, light weight piston, compact combustion chamber & ACG starter. Kubu Xeon RC gak mau kalah dengan menghadirkan diasil cylinder, forged piston, roller rocker arm, fuel pump tipe brushless, crank balancing & kelistrikan AC/DC open circuit. Spek kedua mesin pun sama persis yakni diameter vs langkah = 52,4 mm x 57,9 mm, (Entahlah, apa sudah janjian kali bikinnya :) )
Performa: Xeon RC menghasilkan tenaga 11,4 PS @ 9.000 RPM & torsi 10,4 Nm @ 6.500 RPM sedangkan Vario Techno 125 mencapai 11,3 PS @ 8.500 RPM & torsi 10,7 Nm @ 5.000 RPM. Terlihat Xeon RC unggul di tenaga sedangkan Vario Techno 125 menang di torsi. Ketika dicoba Xeon RC & Vario Techno 125, keduanya memberikan tarikan yang responsif. Boleh dikata hampir seimbang.Bahan bakar:????,,,, belum tahu, mana yang lebih irit :)

Sensasi Berkendara

Orang mau pakai skutik tentu saja untuk mencari kenyamanan berkendara. Ketika kaki menginjak dek bawah, baik Vario Techno 125 maupun Xeon RC punya dek yang luas. Kaki bisa leluasa bergerak pada dek bawah keduanya. Dengan tinggi badan 165 cm, untuk duduk di Vario Techno 125 kaki kudu agak jinjit. Hal ini akibat jok berukuran lebar efek dari bagasi yang luas & melar ke samping. Beda dengan Xeon RC yang tubuhnya ramping, lebih nyaman menapak ke aspal. Jok Xeon RC busanya lebih tebal daripada Vario Techno 125, sudah pasti bokong lebih nyaman jika untuk berkendara berjam-jam .Suspensi kedua motor memiliki efek redaman yang sudah cukup baik saat melibas jalan yang keriting. Begitu juga sektor rem, kduanya cukup mumpuni menghentikan laju kendaraan. Jika untuk dipakai meliuk-liuk, Xeon RC lebih lincah ketimbang Vario Techno 125 karena body yang lebih langsing. Namun buat menikung panjang, Xeon RC tidak semantep Vario Techno 125.

Kesimpulan

Siapa yang paling bagus???? Silahkan dinilai sendiri sesuai dengan kebutuhan berkendara. Bagi yang lebih mementingkan akomodasi, tentu Honda Vario Techno 125 PGM-FI jadi pilihan. Dan bagi yang menginginkan kenyamanan saat berkendara di kemacetan seperti ibukota, Xeon RC bisa dimanfaatkan kelincahannya.(source: http://blognyamitra.wordpress.com)

Terimakasih telah membaca artikel Honda Vario Techno 125 VS Yamaha New Xeon RC. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Otomotif, Teknologi and tagged , .

Komentar: