Hantu Orang Bunian

bunianHantu Orang Bunian – Orang bunian adalah cerita mitos tentang manusia kerdil yang tinggal dihutan, dikenal di sumatra dan melayu dan juga menjadi cerita bangsa melayu umumnya. Siapa atau apakah yang disebut orang dengan manusia Bunian?, Benarkah mereka itu golongan bangsa makhluk halus?, ataukah mereka adalah manusia seperti halnya kita?.

Berikut beberapa cerita yang berkembang mengenai misteri Orang bunian didaerah melayu:

Banyak persepsi yang beredar mengenai Orang bunian ini berbeda, diminangkabau misalnya. Menurut masyarakat minangkabau (Sumber:WIKIPEDIA), orang bunian disebut dengan Dewa, namun Dewa disini berbeda dengan dewa seperti keyakinan umat hindu atau budha. Dewa dalam pengertian masyarakat minangkabau disini berarti bangsa makhluk halus yang tinggal di hutan, tepi bukit dan pekuburan. Dan orang bunian disebut adalah bergender perempuan, bukan lelaki seperti pada cerita oerang bunian diwilayah lain.

Namun, dalam kisah orang bunian versi malaysia, orang bunian adalah bangsa makhluk halus yang bertukar rupa menjadi manusia. Konon dahulu katanya, orang bunian hidup berdampingan dan bekerjasama dengan masyarakat.Namun karena ada perselisihan, pada akhirnya orang bunian menyingkir dan menghilang dihutan.

Semenjak itu orang bunian tidak mau lagi bekerjasama dengan manusia,  mereka hidup secara berkelompok dan memiliki perkampungan sendiri ditengah hutan lebat. Mereka juga mempunyai istana, pentadbiran dan gelaran. Kadang-kadang perkampungan mereka berada di taman , bahkan malah mungkin di sebelah rumah kita. Tetapi selama kita tidak mengganggu mereka, tidak akan ada masalah. Orang bunian biasanya menetap di hutan tebal dan gelap untuk menghindarkan mereka berjumpa dengan manusia.

Banyak sekali cerita kisah perjumpaan dengan orang bunian dikalangan masyarakat sumatera dan malaysia. Sebagian besar mengatakan jika orang bunian itu bertubuh kerdil, sebagian lagi bilang jika wajah orang bunian itu menyeramkan. Biasanya orang bunian bisa terlihat manusia tanpa disengaja, dan jika ada yang  sengaja masuk kedalam hutan untuk mencari orang bunian,  maka mereka tak akan pernah menemukannya.

Dalam cerita masyarakat Riau, jika seseorang yang berniat tak baik masuk kedalam hutan, maka orang bunian akan menampakan diri. Bahkan jika ada orang yang mandi bertelanjang disungai, maka orang bunian juga bisa menampakkan diri pada mereka. Mereka menampakkan diri untuk menunjukkan rasa tidak suka atau marah terhadap manusia.

Dalam sebuah acara reality show oleh sebuah TV swasta, memperlihatkan rekaman video yag menangkap sosok makhluk pendek dihutan lebat yang diyakini sebagai orang bunian. Walaupun hasil tangkapan video itu gelap tanpa cahaya yang bagus (karena malam hari), terlihat jelas sekali jika ada sosok tiga makhluk pendek yang lari menyingkir. Bukan itu saja, team pemandu juga menemukan bukti yang ditinggalkan, yaitu seekor ikan dan udang yang tertinggal dari mereka. Ikan dan udang tersebut dipastikan hasil tangkapan ketiga sosok pendek misterius tersebut. Kalau mereka melakukan perburuan, berarti mereka adalah makhluk hidup seperti kita. Jadi buka bangsa makhluk halus seperti yang banyak dibilang orang.

Benarkah manusia pendek yang disebut sebagai orang bunian ini adalah bangsa manusia seperti kita juga?,, Atau mereka memang benar-benar makhluk gaib sebangsa Jin, yang suka mengganggu manusia dengan jalan menampakkan diri dalam ujud sesuai kemauan mereka?. Semuanya masih misteri, dan masih hanya dalam cerita dari mulut kemulut.

Terimakasih telah membaca artikel Hantu Orang Bunian. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Misteri, Mitos and tagged , .

Komentar: