Hal yang perlu dihindari saat hamil

Hal yang wajib dihindari oleh ibu hamilHal yang perlu dihindari saat hamil – Mendapatkan kehamilan merupakan anugerah terbesar bagi pasangan menikah. Karena disitulah, kebahagian pernikahan sudah terlengkapi bagi pasangan pengantin baru. Anak adalah amanah yang harus bisa kita jaga sebaik-baiknya, bahkan semenjak ia masih dalam kandungan. Untuk itu, upaya terbaik dari orang tua, khususnya ibu dalam hal kesehatan  janin adalah penting. Gizi adalah faktor penting untuk membangun pertumbuhan anak, bahkan jika sampai kebutuhan nutrisi ini tak terpenuhi bisa berakibat buruk seumur hidup bagi anak.Untuk itu, berhati-hati adalah hal yang wajib dilakukan demi sang jabang bayi didalam perut.Baca juga:  Akibat pola makan yang buruk bagi ibu hamil

Agar pertumbuhan bayi dalam kandungan normal, upaya yang wajib dilakukan ibu adalah menjaga dari hal-hal yang bisa beresiko terhadap janin, selain memperhatikan asupan gizi penting.

Berikut ini 8 hal yang harus dihindarioleh wanita hamil, agar bayi yang lahir kelak menjadi anak yang sehat dan cerdas:

Jangan Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Kafein adalah zat pertamakali yang harus dihindari oleh ibu hamil, dan ini termasuk dalam daftar makanan minuman yang buruk bagi ibu hamil. Beberapa penelitian yang pernah dilakukan telah mendapatkan penemuan,  jika terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa menyebabkan keguguran atau bayi prematur. Dr. Kathleen Bradley, seperti dikutip dari babiesonline, mengatakan, “Asupan kafein yang dikonsumsi oleh ibu hamil seharusnya tak lebih dari 300 mg per hari. Anda harus sangat berhati-hati dalam membatasi kafein yang masuk ke dalam tubuh.”

Waspadai Kotoran Kucing

Kucing adalah binatang piaraan yang banyak digemari, tingkahnya yang lucu dan manja seringkali bikin orang tertarik untuk mengadopsinya. Namun kucing adalah hewan yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil, terutama jika berurusan dengan kandang mereka. Batasilah bersentuhan langsung dengan kucing, kalau perlu hindari selama kehamilan trimester pertama. Feses kucing dapat menyebabkan Ibu hamil terserang toksoplasma, yaitu parasit yang biasa ditemukan pada kotoran kucing. Gejala awal ibu terinfeksi toksoplasma adalah sangat mirip dengan flu , seperti demam, sakit tenggorokan dll.Toksoplasam akan membuat kandungan menjadi rawan keguguran, atau ancaman buruk lain ketika sang bayi lahir.
Sebaiknya titipkan binatang piaraan Anda pada keluarga,  atau tempat penitipan binatang sementara ibu mengandung.

Waspadai Obat-obatan alternatif

Pada saat hamil , kondisi tubuh tentu saja berbeda dengan kondisi saat tidak hamil. Pada saat tidak hamil Anda, mungkin Ibu bisa bebas mengonsumsi obat-obatan alternatif seperti jamu misalnya. Karena kandungan kimia yang ada pada jamu  tidak perlu dikhawatirkan akan mempengaruhi janin. Namun jika ibu masih dalam keadaan mengandung, sebaiknya konsultasi dengan dokter apabila hendak mengonsumsi obat-obatan, baik obat alternatif maupun obat kimia.

Perhatikan Makanan dan Minuman

Dalam hal kasus tertentu, beberapa makanan dan aktifitas tertentu  mungkin bisa sangat berbahaya bagi kandungan. Berhati-hati saat mengonsumsi makanan mentah (yang belum diolah), karena beberapa kandungan kimianya bisa berpengaruh terhadap janin. Alkohol adalah zat yang tentu juga sangat tidak baik bagi kehamilan. Jadi untuk ibu hamil, sebaiknya tidak mengkonsumsi minukman  beralkohol dalam masa kehamilan hingga menyusui. Selain itu, makanan-makanan yang manis juga perlu Anda batasi, karena saat hamil, diabetes temporer bisa saja terjadi.

Waspadai bahan Pembersih rumah tangga atau mengandung bahan kimia aktif

Bahan pembersih mengandung bahan kimia yang mngkin tidak baik jika mengkontaminasi kandungan ibu. Untuk itu, pastikan Anda selalu membaca label petunjuk penggunaan sebelum menggunakan bahan-bahan kimia untuk membersihkan rumah. Jika sedang menggunakan bahan-bahan seperti itu, sebaiknya mengenakan masker dan sarung tangan agar bahan kimia tersebut tidak langsung terkena kulit Anda. Berikan ruangan sirkulasi udara yang cukup,  agar aroma dari bahan kimianya tidak terkurung di dalam ruangan.

Batasi Mandi sauna

Mandi sauna memang amat menyenangkan, terutama jika tubuh sedang mengalami pegal-pegal. Namun, hindari mandi sauna dengan air yang terlalu panas. Atur temperatur agar air tetap hangat. Hindari berendam air hangat/sauna yang terlalu lama, karena ini bisa berpengaruh langsung terhadap janin.

Menjadi Perokok aktif dan pasif

Pada bungkus rokok sudah terang-terangan disebutkan jika rokok dapat menyebabkan gangguan kehamilan dan kanker. Hal ini tentu saja bukan sekedar peringatan formalitas dari pemerintah belaka, tetapi ini memang benar-benar peringatan keras jika rokok memang dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kehamilan. Hindari dalam satu ruangan dengan orang yang merokok, karena ibu juga akan ikut terlibat dalam menghisap racun rokok  secara pasif. Hal-hal lain yang bahayanya sama atau bahkan lebih tinggi dari asap rokok juga perlu dihindari oleh ibu hamil, seperti obat nyamuk, gas buang kendaraan bermotor. Ibu jangan berada dalam ruangan yang didalamnya ada kendaraan bermotor yang sedang dihidupkan/dipanasi.

Tidak Stres

Stress memang biangnya penyakit, untuk itu jauhilah stress bagi ibu hamil. Bayi didalam kandungan juga akan merasakan dampak stress dari ibunya. Saat perasaan Anda sedang sedih, bahagia, atau marah, janin di dalam kandungan Anda juga dapat merasakannya. Buatlah pikiran ibu menjadi rileks, karena fikiran yang selalu tegang dan stress bisa berbahaya bagi janin. Jauhilah  hal hal yang bisa membikin perasaan ibu sedih dan tidak enak, dan hal yang membikin perasaan tertekan.

Terimakasih telah membaca artikel Hal yang perlu dihindari saat hamil. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kehamilan, Merawat Bayi, Pasutri, Wanita and tagged , , , , .

Komentar: