4 Hal yang dapat menyebabkan diabetes


Hal yang menyebabkan diabetes4 Hal yang dapat menyebabkan diabetes – Diabetes adalah penyakit yang semakin populer pada beberapa dekade ini. Kenapa demikian?,, Penyakit-penyakit seperti ini adalah penyakit akibat gangguan metabolisme tubuh, akibat gaya hidup dan stress. Tingkat kesulitan hidup dan persaingan yang semakin tinggi mengakibatkan orang masa kini semakin rentan stress. Berawal dari stress inilah yang memicu kebiasaan dan gaya hidup yang buruk. Pengen tahu apa penyebab diabetes secara jelas?,,,,. Selain dari faktor keturunan, gaya hidup yang buruk merupakan faktor terbesar pemicu diabetes. Nampaknya harus berhati hati nih, karena jika sampai terkena diabetes, maka kita bisa menderita selamanya.

Berikut 4 hal terbesar pemicu diabetes yang wajib dihindari

 

Suka mengkonsumsi makanan instan atau makanan cepat saji

Dimanapun dan oleh ahli kesehatan dimanapun akan menyarankan agar menghindari kebiasaan makan makanan instan atau makanan cepat saji. Seribu satu alasan yang bisa dikemukakan agar kita menghindari keseringan mengkonsumsi menu jenis ini.Contohnya adalah mie instant, karena mie instan adalah penyumbang karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana pada mie instan inilah menurut ahli kesehatan yang akan dengan cepat meningkatkan kadar gula dalam darah. Tak begitu jauh beda mie instant dengan junk food lainnya, seperti burger dan hotdog. Karena bahan dasar seperti sosis dan burger patty, merupakan bahan makanan yang diawetkan. Pakar nutrisi mengatakan bahwa ada harga mahal yang harus dibayar juka suka mengkonsumsi jenis makanan cepat olah ini.. Makanan instan lainnya adalah makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng ini banyak sekali mengandung radikal bebas. Makanan digoreng adalah makanan yang tinggi lemak, sehingga dapat membuat sel darah merah menggumpal , akibatnya tubuh kesulitan  mendistribusikan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.

Lihat Juga :  Tips Cara menumbuhkan dan melebatkan jambang

Jadi, bijaklah dalam memilih makanan yang terbaik untuk tiubuh. Boleh makan makanan yang enak, namun ingat!!,  enak dimulut tapi tetap baik dan sehat untuk tubuh.

Malas berolahraga

Jika pekerjaan sehari-hari anda tak pernah mengeluarkan keringat, maka anda beresiko tinggi untuk mengembangkan diabetes. Olahraga adalah kegiatan untuk membakar energi dari lemak yang tak digunakan oleh tubuh, selain itu agar tubuh dapat mengeluarkan kotoran melalui keringat. Gula mengandung glukosa yaitu zat yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Gula disimpan di dalam sel lemak, kemudian di dalam sel lemak tersebut gula diubah menjadi lemak. Bagaimana akibatnya jika gula yang menumpuk dengan lemak tadi tidak digunakan?,,,, Itung-itungan gampang, berarti anda setiap hari akan menabung lemak jika tak pernah digunakan untuk beraktifitas fisik. Anda akan menjadi kegemukan, terus gula darah semakin tak terkontrol oleh tubuh, terus diabetes!. Jika lemak semakin menumpuk akan mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap glukosa, sehingga semakin lama tubuh akan terhambat dalam mengolah glukosa. Olahraga apa saja asalkan sesuai dengan kemampuan tubuh dan rutin dilakukan. Tak perlu lama-lama, cukup sisihkan pagi hari Anda selama 30 menit untuk jogging. Walaupun simpel, jogging akan sangat efektif untuk membakar sisa lemak dalam tubuh anda.

Suka makanan makanan manis

Tentu saja ini tidak baik untuk diabetes. Diabetes adalah penyakit kelebihan gula, jadi sebaiknya batasi minuman bergula tinggi. Suka minum atau makan makanan manis, masih ditambah makan makanan berkarbohidrat tinggi dari makanan berbahan dasar terigu. Dan ditambah lagi dengan tidak pernah ada aktifitas fisik oleh tubuh.  Mungkin Anda perlu tahu jika gula pasir/gula putih adalah jenis pemanis yang sangat cepat meningkatkan kadar gula dalam darah. Alasannya, semakin tinggi kadar gula, maka pankreas juga akan semakin keras bekerja untuk menghasilkan insulin. Insulin adalah hormon penyeimbang kadar gula agar gula bisa dimasukkan ke dalam sel tubuh. Jika Pankreas anda selalu bekerja keras setiap hari untuk menyetabilkan gula,  maka jangan kaget jika diusia anda yang masih muda ini bermasalah dengan kadar gula. Jangan khawatir, karena rasa manis oleh gula pasir masih bisa digantikan oleh rasa manis dari sumber alami lain yang lebih sehat. Misalnya menggangit pemanis dengan gula aren atau madu, karena kedua jenis pemanis ini mudah diolah oleh tubuh tanpa harus melibatkan kerja keras pankreas.

Lihat Juga :  Tips Diet Sehat untuk Wanita umur 20 tahunan

Stress yang berkepanjangan

Kalau dulu orang bilang jika Diabetes adalah ibu dari bermacam penyakit berat. Sebenarnya yang lebih tinggi lagi kedudukannya adalah stress, karena berawal dari stress inilah diabetes bisa tercipta. Jadi Stress bisa dibilang sebagai Mbahnya segala penyakit 🙂 .
Stress yang berlarut larut akan menimbulkan respons tubuh untuk memproduksi hormon  kortisol. Hormon tercipta untuk memecah sumber energi tubuh, otot, dan lemak, untuk diubah menjadi gula agar stress bisa teratasi. Jika Anda tak kunjung mengatasi stress Anda, maka hormon kortisol akan semakin banyak diproduksi oleh tubuh. Jawabannya, gula dara akan semakin meningkat!

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: