Hal yang bahayanya sama dengan merokok


Hal yang bahayanya sama dengan merokok – Seperti yag sudah banyak kita dengar bahwa merokok adalah kebiasaan yang membahayakan kesehatan, karena zat-zat yang terkandung didalam asap rokok dapat menjadi pemicu penyakit kanker.Tidak hanya bahaya bagi perokok, bahkan Perokok pasif dikatakan justru lebih banyak menerima resikoya dari perokok aktif.Merokok memang kebiasaan yang sulit dihilangkan, namun jika ada kemauan sebenarnya mudah berhenti merokok.

Diluar merokok, ternyata ada hal lain yang bahayanya tak kalah buruk dari asap rokok bagi kesehatan.

Berikut hal-hal yang bahayanya sama dengan merokok, bahkan lebih berbahaya dari merokok

Polusi dan gas buang kendaraan

Hal ini sama bahanyanya dengan merokokSebagai pencemaran udara, polusi dari emisi gas buang kendaraan pun ternyata sama bahayanya dengan merokok.Asap kendaraan bermotor mengandung karbonmonoksida beracun dan timbal atau partikel logam berat.Untuk yang biasa beraktifitas di sekitar padatnya lalulintas beresiko tinggi terkena penyakit akibat efek radikal bebas dari polusi udara ini.Untuk itu pakailah masker pelindung pernafasan, dan jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya antioksidan.Jika anda terbiasa memanaskan kendaraan diruangan tertutup, segera ubahlah kebiasaan anda tersebut.Konsentrasi paparan karbonmonoksida untuk meracuni tubuh lebih besar jika berada pada ruang yang tertutup.

 

Obat Nyamuk Bakar

Hasil penelitian menyatakan jika Sekeping obat nyamuk sama bahayanya dengan 100 batang rokok?,, Lalu Seberapa besar sih bahayanya merokok?,,

Hal ini disampaikan seorang direktur Chest reasearch Foundation pada saat konferensi ‘ Air Polution and Our Health’. Yang diselenggarakan oleh CSE atau Centre for Science and Enfironment bersama dengan Indian Medical Association dan Indian Council for Medical Reasearch.

4000 bahan kimia atau toksik terkandung dalam satu batang rokok dan juga 43 senyawa penyebab kanker ( karsinogenik ). Tar, karbon monoksida, hidrogen sianida, logam berat dan radikal bebas, semua itu terkandung dalam sebatang rokok dan merupakan zat zat yang berbahaya. Dan dengan cara yang berbeda beda pula zat tersebut mampu merusak tubuh.

Lihat Juga :  Makanan laut (Seafood) yang baik dan buruk untuk ibu hamil

Selain bahan kimia seperti diatas, hidrokarbon, nitrit oksida, asam organik, fenol, dan bahan bahan oksidasi juga turut serta terdapat dalam asap rokok. Dan perlu anda tahu bahwa radikal bebas merupakan bahan kimia reaktif, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada otot jantung dan juga pembuluh darah.

Butuh waktu yang lama untuk menghilangkan bau asap rokok, mengingat asap rokok terbentuk dari rantaian molekul yang panjang.

Nah,itulah bahayanya asap rokok bagi kesehatan tubuh,dan itu belum seberapa jika dibandingkan dengan asap obat nyamuk bakar yang dampak bahayanya mencapai 1:100.

 

Kurang aktifitas Fisik(olahraga)

Tidak hanya terpapar oleh zat-zat beracun dari polusi kendaraan dan asap obat nyamuk,  malas bergerak dan kegemukan ternyata sama bahayanya dengan merokok.Setidaknya demikian menurut Dr. Harry Rutter, penasehat di Departemen Kesehatan Inggris yang didanai oleh National Obesity Observatory. Ia menerbitkan tulisan setelah melakukan pengamatan pada pola hidup orang-orang di Inggris.

“Hanya sedikit orang di Inggris yang cukup melakukan aktivitas fisik demi kesehatan mereka,” paparnya, “Hal ini menciptakan berbagai penyakit tersembunyi dan menurunkan kualitas hidup seseorang. Tapi tak banyak orang menyadarinya. Malasnya seseorang beraktivitas sama saja tingkat bahanya dengan penyakit yang ditumbulkan karena merokok.”

Demikian 3 hal yang bahayanya sama dengan merokok, semoga bermanfaat!

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: