Gejala, penyebab dan pengobatan gula darah rendah


Gejala gula darah rendah umumnya adalah tubuh gemetar, serta denyut jantung lebih cepat. Penyebabnya biasanya karena makan yang terlalu sedikit atau bahkan melewatkan jam makan. Untuk pengobatan gula darah rendah, harus mengikuti diet yang sehat dan bergizi. Apa yang dimaksud dengan Tingkat Gula Darah Rendah? Otak manusia tergantung pada glukosa agar dapat berfungsi dengan baik, setiap saat, bahkan dalam keadaan istirahat atau tidur sekalipun. Glukosa ini diserap oleh tubuh dari berbagai makanan yang kita makan, setelah itu disimpan dalam tubuh.

Gejala, penyebab, pengobatan gula darah rendah

Darah membawa glukosa ke setiap sel dalam tubuh Anda, karena merupakan sumber utama energi. Jumlah glukosa ini dalam darah Anda dikenal dengan gula darah. Tingkat gula darah yang berada di bawah kisaran normal dikenal dengan hipoglikemia. Apa yang dikatakan rentang gula darah rendah? Setiap individu berbeda, dan rentang gula darah normal bisa sedikit bervariasi dari satu orang ke orang lain. Menurut grafik kadar gula darah rendah, kadar gula darah seseorang dikatakan drop, yang terbaca menurun di bawah 70 miligram per desiliter (mg / dl). Hal ini bisa terjadi dalam hitungan 10 sampai 15 menit; orang yang mengalami gula darah rendah biasanya menunjukkan tanda-tanda meliputi kecemasan, gemetar, kelelahan, kelemahan, keringatan, dan detak jantung yang cepat. Jika langkah-langkah pertolongan tidak segera dilakukan untuk mengatasi, maka tingkat gula darah bisa terus turun sampai 50 mg / dl – atau bahkan 40 mg / dl, dan pasien akan mengalami perubahan perilaku, seperti kebingungan, kegelisahan, pusing, masalah bicara dan kelemahan. Dalam beberapa kasus, gula darah seseorang mungkin bisa serendah 20 mg / dl. Yang jelas, dalam kasus kadar gula darah gejala serendah tersebut, orang bisa kehilangan kesadaran dan kejang.

Lihat Juga :  Batuk karena flu,Jangan berikan anak antibiotik

Dalam keadaan normal, kadar gula darah seseorang yang tertinggi adalah setelah makan; dan dibutuhkan beberapa jam lagi untuk turun. Namun, orang yang menderita gula darah rendah setelah makan perlu diperiksa untuk melihat apakah ada diabetes tipe-2. Tanda-tanda kadar gula darah rendah mungkin juga terlihat pada anak-anak, yang tentu yang sangat mengkhawatirkan bagi para orang tua. Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup anak, adalah penting bagi orang tua untuk memastikan anak-anak mereka mengikuti diet yang sehat, minum obat yang diperlukan jika perlu, dan mendapatkan jumlah olahraga yang cukup. Pemantauan kadar gula darah secara teratur juga sangat penting. Ada banyak wanita yang menghadapi masalah kadar gula darah rendah selama kehamilan, karena tubuh mereka tidak dapat menyerap glukosa dari makanan dengan benar. Dalam kasus tersebut, penting untuk mendapatkan dokter untuk memantau kondisi dengan hati-hati agar gejala tidak berlanjut.

Penyebab Gula Darah Rendah

Penting untuk mengetahui apa alasan dibalik gula darah rendah seseorang, sehingga langkah-langkah pencegahan yang tepat bisa diambil. Dalam kebanyakan kasus, orang bisa menderita masalah gula darah rendah, karena empat faktor utama, yaitu :

  • Makan makanan yang terlalu sedikit atau sering lupa makan, karena tubuh tidak mendapatkan glukosa dalam jumlah yang cukup dari makanan.
  • Meningkatkan  aktivitas fisik ke tingkat yang sangat tinggi atau berat, tanpa membayar kompensasi berupa meningkatkan konsumsi makanan.
  • Berlebihan mengkonsumsi obat diabetes oral maupun insulin
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah tinggi.

Setiap faktor tersebut dapat menyebabkan reaksi dalam hitungan menit. Gejala-gejala yang mungkin muncul ketika tingkat gula darah turun terlalu rendah termasuk kelelahan, gugup, iritasi, kelaparan meningkat, kecemasan, denyut jantung yang cepat, dan pusing. Jika kadar gula darah dalam tubuh terus menurun, gejala biasanya akan menjadi lebih parah.

Lihat Juga :  Nutrisi sehat untuk menaikkan berat badan

Gejala Gula Darah Rendah

Meskipun hipoglikemia lebih sering terjadi pada orang yang diabetes, namun juga memungkinkan terjadi pada orang yang tanpa diabetes. Di bawah ini adalah beberapa gejala diabetes gula darah rendah  :

  • Gemetaran
  • Denyut jantung cepat
  • Pusing
  • Gugup
  • Keringat
  • Pingsan
  • Kelaparan

Akibat kadar gula yang terus turun, gejala bisa  menjadi lebih parah. Beberapa efek samping yang serius gula darah rendah antara lain :

  • Perubahan perilaku dan kepribadian
  • Kebingungan
  • Gangguan
  • Kurangnya kesabaran
  • Mati rasa di bibir dan lidah, yang menyebabkan masalah bicara
  • Penglihatan kabur
  • Kejang

 

Pengobatan

Untuk menghindari gejala, kebanyakan orang akan mencari obat gula darah rendah. Namun, penting untuk dipahami bahwa pengobatan hipoglikemia atau gula darah rendah adalah jenis pengobatan jangka panjang, atau lebih tepatnya tak hanya membutuhkan perubahan gaya hidup, juga melibatkan pencegahan gula darah rendah. Bagaimana mengobati gula darah rendah? Dalam kasus gula darah drop, mengkonsumsi sesuatu yang manis sebagai metode pemulihan yang cepat. Oleh karena itu, pasien bisa mengkonsumsi salah satu dari :

  • 2 sampai 3 sendok makan gula
  • 1/2 cangkir minuman soda biasa
  • 3 sampai 4 tablet gula
  • 4 atau 5 buah permen keras (tanpa gula)

Untuk mencegah episode reguler gula darah rendah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter dan mengambil obat yang tepat. Selain itu, masyarakat juga perlu memastikan bahwa mereka mengikuti rencana diet gula darah rendah. Bahkan, salah satu cara terbaik untuk mengalahkan hipoglikemia adalah mengikuti rencana diet sehat dan bergizi secara jangka panjang. Melewatkan waktu makan bisa sangat berbahaya bagi orang yang menderita hipoglikemia. Bahkan, sangat disarankan bagi orang yang menderita gula darah rendah untuk membiasakan makan 5 sampai 6 sedikit-sedikit pada siang hari. Sementara merencanakan rencana makan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter serta ahli gizi.

Underline

Dalam banyak kasus, seseorang yang menderita gula darah bisa sakit kepala. Gejala gula darah rendah anak-anak termasuk pucat, tremor, tangan dingin dan berkeringat, kelemahan ekstrim, dan mudah tersinggung. Banyak informasi tentang gejala gula darah rendah, penyebab, serta pengobatan yang mudah tersedia dari berbagai sumber. Namun, informasi tersebut bukan merupakan pengganti medis; dan oleh karena itu sangat penting bagi orang untuk menghindari upaya pengobatan mandiri  dan / atau pengobatan sendiri. Carilah perawatan yang dilakukan oleh medis profesional. Dalam hal tanda-tanda gula darah rendah, pemeriksaan secara teratur sangatlah penting.

Lihat Juga :  Manfaat Vitamin B Kompleks

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: