Gizi yang tepat Untuk Anak


Gizi yang tepat untuk anakMasa Kanak-kanak adalah masa pertumbuhan, untuk itu anak memerlukan gizi yang cukup.Sebab hal ini nantinya bisa berpengaruh kelak kalau ia sudah dewasa.Untuk itu memperhatikan asupan gizi yang tepat bagi anak harus tepat dan seimbang.Halk ini tak lepas dari keinginan semua orang tua, yaitu memiliki anak yang sehat serta anak yang cerdas.

 

Berikut tips memberikan asupan gizi yang tepat untuk anak:

  1. Berikan anak aneka ragam makanan untuk menjamin kelengkapan gizi yang dibutuhkan.
  2. Berikan makanan yang memenuhi kecukupan energi untuk menunjang aktifitasnya sehari-hari.
  3. Pilihlah makanan berkadar lemak sedang, dan makanan berkadar lemak jenuh yang rendah. Lemak dan minyak yang terdapat di dalam makanan berguna untuk meningkatkan jumlah energi, membantu penyerapan vitamin-vitamin A, D, E, dan K , serta menambah lezatnya hidangan.
  4. Gunakan garam beryodium, karena sangat bermanfaat untuk menghindari penyakit gondok, kretin dan menjaga kecerdasan anak.
  5. Berikan makanan yang kaya zat besi, untuk mencegah anak menderita kurang darah/anemia gizi.
  6. Berikan ASI saja kepada bayi minimal sampai umur 4 bulan dan tambahkan makanan pendamping ASI sesudahnya.Sebaiknya memberikan ASI eksclusive hingga bayi berumur 9 bulan, hal ini agar anak menjadi cerdas dan pintar.
  7. Biasakan anak untuk makan pagi, karena bermanfaat untuk memelihara ketahanan fisik dan daya tahan tubuhnya.
  8. Minumlah air bersih yang  aman dan cukup jumlahnya.
  9. Ajak anak untuk melakukan aktifitas secra teratur, karena dapat meningkatkan kebugaran, mencegah kelebihan berat badan, serta meningkatkan fungsi jantung, paru dan otot.
  10. Berikan anak makanan yang aman bagi kesehatan. Makanan yang aman adalah makanan yang bebas dari kuman dan bahan kimia berbahaya.
  11. Bacalah lebel pada makanan yang dikemas. Semua keterangan rinci pada label makanan yang dikemas sangat membantu Anda saat memilih dan menggunakan makanan tersebut, sesuai kebutuhan gizi dan keadaan kesehatan buah hati Anda.
Lihat Juga :  Tanda-Tanda atau gejala Awal Kanker Payudara

Berikan komentar Anda: