Gigi sakit atau ngilu saat minum air dingin


Penyebab dan mengatasi gigi sensitifGigi sensitifGigi terasa sakit saat minum minuman yang dingin bisa dikarenakan adanya iritasi, dan bisa membuat sangat tidak nyaman. Hal ini banyak disebut sebagai gigi dengan sensitifitas dingin. Individu yang mengalami gigi sensitivitas dingin, bisa dibantu dengan mempertimbangkan kesehatan gigi dan riwayat kesehatan mereka, selain dengan merubah gaya hidup. Dengan memahami struktur gigi dan mendapatkan perawatan yang diperlukan oleh dokter, maka gigi sensitif mungkin akan dapat dikurangi, atau bahkan sembuh sama sekali.

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang gigi sakit atau ngilu karena terkena minuman dingin dan perawatan:

Struktur gigi dan rasa sakit

Gigi dilindungi oleh lapisan luar yang dikenal dengan enamel atau dentin. Dan ketika enamel sudah menjadi tipis atau adanya celah di gigi, maka gigi akan menjadi lebih sensitif terhadap perubahan suhu. Menurut Merck.com, Jika sakit gigi yang Anda alami hanya ketika minum air yang dingin, maka dikatakan bahwa pulpa gigi Anda masih sehat, dan gigi masih dapat diperbaiki. Namun pada umumnya orang yang dengan gigi sensitif cenderung lebih rentan terhadap suhu dingin , seperti yang ditulis British Dental Health Foundation , meskipun rasa sakit bisa bervariasi dalam derajat dan durasi.

Faktor penyebab gigi Sakit atau ngilu akibat sensitif dingin

Menurut British Dental Health Foundation , terlalu kuat menyikat, menggerinda gigi, atau karena makanan dan minuman asam yang dapat mengikis enamel gigi. [Baca juga: Makanan perusak Gigi]. Terlampau kuat menyikat gigi dan penyakit pada gusi juga dapat menyebabkan gusi turun ke bawah gigi, dan akan menciptakan kantong plak yang juga dapat meningkatkan sensitivitas gigi. Keretakan atau gigi patah gigi, gigi tambalan, atau gigi goyang juga dapat mengikis dentin, dan akan menyebabkan ketidaknyamanan tambahan. Prosedur pemutihan gigi mungkin juga dapat menimbulkan efek samping jangka pendek, yaitu peningkatan sensitivitas gigi.

Lihat Juga :  Tips Diet makanan sehat untuk wanita usia 40-an

Mengatasi gigi sensitif sendiri dirumah

Cobalah menggunakan pasta gigi yang khusus dibuat untuk gigi sensitif, dan sikat gigi dengan menggunakan air hangat. Gunakan sikat gigi ukuran kecil dengan bulu sikat yang lembut dan sedang. Lakukan menyikat gigi dengan Gerakan yang melingkar, untuk pencegahan lebih lanjut pengikisan enamel dan penurunan gusi. Kurangi makan gula, minuman asam, minuman terlalu manis dan atau minuman berkarbonasi untuk mendukung kesehatan gigi dan gusi. Namun, jika perubahan gaya hidup tidak dapat menurunkan rasa sakit pada gigi sensitif dalam beberapa minggu, individu harus berkonsultasi dengan dokter gigi .

Cara dokter untuk mengatasi gigi sensitif dingin

Seorang dokter gigi bisa melapisi gigi dengan gel fluoride, bilasan atau pernis untuk mengurangi sensitivitas gigi. Namun jika masih mengalami ketidaknyamanan, mungkin diperlukan untuk menutup gigi pada garis gusi, dimana dentin terbuka. Dalam kasus yang parah, dokter gigi mungkin perlu untuk memperbaiki akar gigi . Individu juga harus mendapatkan nasihat profesional untuk meningkatkan sensitivitas gigi akibat karena pernah menggerinda atau memutihkan gigi . Direkomendasikan untuk rajin mengunjungi dokter gigi setiap enam sampai 12 bulan sekali, untuk memastikan kesehatan gigi demi mencegah masalah di masa depan .

Perlu diperhatikan

Menurut Dental Center, sensitivitas gigi dengan rasa sakit yang hebat saat minum air dingin menunjukkan adanya kerusakan gigi, dan membutuhkan bantuan dari ahli kesehatan gigi. Sensitivitas dingin dengan disertai gusi berdarah menunjukkan kondisi gingivitis, dan membutuhkan perawatan gigi khusus. Selain itu, sensitivitas dingin yang diiringi dengan rahang atau leher bengkak dan nyeri kemungkinan merupakan pertanda adanya masalah medis yang lebih besar, dan harus dirujuk ke perawatan medis.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: