Gejala rematik dan penyebabnya

Gejala dan penyebab rematikGejala rematik dan penyebabnya – Rematik atau dikenal secara luas dengan  sebutan Arthritis, adalah penyakit yang menyerang persendian, otot dan tulang belakang. Akibat dari rematik ini biasanya sendi, tulang, jaringan ikat dan otot akan terasa nyeri dan kaku bahkan bengkak.

Apa saja gejala dan hal hal yang bisa menyebabkan rematik?

Rematik memang tidak tergolong sebagai penyakit berbahaya, namun rematik akan sangat mengganggu karena rasa sakit yang ditimbulkan terutama pada persendian. Hal ini bisa membatasi gerak bahkan ruang seseorang, sehingga tentu akan menghambat produktifitas.

Walaupun rematik tidak tergolong sebagai penyakit berbahaya, jika tak diobati dalam jangka panjang bisa mengakibatkan keadaan tubuh yang lebih parah.Rematik menahun yang tak pernah diobati dengan baik, bisa mengakibatkan kerusakan sendi , kecacatan dan kelumpuhan.

Gejala Menderita rematik

Secara umum, penderita rematik akan merasakan peradangan, yang ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, kelemahan otot, dan ketegangan otot, nyeri pada anggota gerak seperti nyeri di lutut, siku, pergelangan maupun di bagian sendi-sendi lain, gangguan di otot dan tendon.Pada gejala yang lebih akut Namun karena penyakit rematik ini banyak jenisnya, tanda tanda gejala bisa lebih luas lagi.

Penyebab rematik

Sebagai catatan, rematik tidak disebabkan oleh mandi dimalam hari, sering terkena AC (Air Coditioner) atau karena cuaca dingin.Mandi dimalam hari bisa menyebabkan rematik adalh mitos belaka.

Karena penyakit rematik sendiri masih dibagi dalam banyak kategori, penyebabnya pun bisa bermacam-macam,antara lain: Menurunnya sistem kekebalan tubuh, sehingga bakteri penyebab radang sendi menyerang, Gangguan metabolisme tubuh dan beberapa faktor lain seperti pengapuran tulang karena penuaan.
Beberapa penyebab yag bisa mengakibatkan rematik yang lain: Tubuh sering kekurangan cairan(bisa kurang minum air putih), salah posisi sendi saat beraktifitas, trauma yang menimpa sendi,diet terlalu ketat,stress, pola makan, kegemukan , sering mengkonsumsi alkohol.

Pengobatan rematik

Rematik memang tak menyebabkan kematian, tapi pada akibat yang lebih akut bisa menimbulkan rasa sakit yang hebat pada persendian.Dan apabila sendi sudah mengalami kerusakan, penyembuhan akan lebih sulit lagi bahkan bisa menimbulkan kecacatan dan kelumpuhan.Jika anda merasa menderita gejala rematik seperti yang telah disebutkan diatas, jangan tunda untuk melakukan pemeriksaan segera pada dokter.Bisa sangat mungkin apabila rematik yang ada derita disebabkan oleh penyakit lain yang lebih serius.

Terimakasih telah membaca artikel Gejala rematik dan penyebabnya. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Kesehatan and tagged .

Komentar: