Gejala, penyebab dan cara pengobatan Sinusitis


Gejala, penyebab dan cara pengobatan Sinusitis Jika Anda merasakan rasa pegal dan kelelahan, dan disertai dengan sakit flu yang memiliki ciri-ciri hidung tersumbat yang berminggu-minggu tak sembuh- sembuh, maka bisa jadi Anda memang mengalami gangguan sinusitis. Kondisi seperti yang Anda rasakan tersebut adalah kondisi umum dari sinusitis atau yang disebut juga infeksi sinus

Sinus adalah rongga yang berada didalam tulang hidung dan bergabung dengan saluran hidung. Infeksi Sinusitis atau sinus bisa berlangsung selama beberapa minggu, bulan dan ada beberapa kasus yang berulang setiap tahun.

Ciri dan gejala sinusitis dan cara mengobatinya

Sinusitis akan menyebabkan bagian dalam hidung membengkak, virus flu, atau reaksi alergi  juga dapat menyebabkan sinusitis. Pembengkakan pada selaput lendir sinus akan membuat lendir sulit untuk mengalir keluar dari hidung, sehingga menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri, yang akan mengarah kepada serangan sinus. Infeksi sinus kronis (yang bisa berlangsung selama tiga bulan atau lebih), bisa juga karena kelainan anatomi, polip atau jaringan parut di hidung atau sinus. Penurunan sistem kekebalan tubuh, seperti orang dengan HIV, lebih mungkin untuk mengembangkan sinusitis.

Gejala Sinusitis Mirip dengan gejala flu, Anda mungkin juga mengalami hidung tersumbat,  batuk, merasa lelah dan sakit. Anda juga mungkin merasakan sakit kepala yang buruk,  dan juga merasa seperti ada tekanan di pipi, dahi atau pada area mata.

Diagnosa

Jika Anda memiliki gejala-gejala yang seperti disebutkan diatas, pergilah ke dokter yntuk melakukan test/diagnosa. Dokter akan meminta tentang gejala-gejala yang Anda rasakan, memeriksa wajah dan dahi, dan bisa juga menyuruh melakukan pemeriksaan  sinar x untuk mengkonfirmasi diagnosa infeksi sinus. Jika Anda juga memiliki asma, dan juga mengalami infeksi sinus, maka asma dapat memperburuk kondisi, sebaiknya segera hubungi dokter Anda. Jika Anda dengan sinusitis kronis, maka Anda mungkin akan dirujuk ke spesialis otolaryngologist atau THT (telinga , hidung dan tenggorokan), dan untuk mendiagnosanya mungkin akan dilakukan endoskopi, yaitu memasukkan tabung ke dalam hidung, atau dilakukan scan CAT (Computerized Axial Tomography) .

Lihat Juga :  Gejala, penyebab, pengobatan Paru-paru basah

Pengobatan Sinusitis

Pilihan pengobatan ini bisa membantu Anda untuk meredakan gejala sinusitis :

  • Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri, serta merekomendasikan dekongestan dan penghilang rasa sakit untuk menghilangkan penyumbatan dan nyeri sinusitis. Menggunakan semprotan garam pada hidung juga dapat membantu untuk mengeringkan sinus. Jika Anda memiliki infeksi sinus kronis atau ada alergi, seperti demam, mungkin juga dianjurkan menggunakan semprotan steroid hidung yang juga dapat mengurangi pembengkakan di bagian dalam hidung.
  • Pembedahan Untuk orang dengan infeksi kronis , kadang-kadang pembedahan membantu mengurangi penyumbatan rongga hidung atau meningkatkan drainase dari sinus .

Pencegahan Sinusitis Ini mungkin tidak benar-benar dapat mencegah infeksi sinus, tetapi cara ini dapat membantu:

  • Moisture untuk mencegah hidung lembab, gunakan semprotan saline dan humidifier di rumah Anda.
  • Hindari iritasi dengan meminimalkan ekspos asap rokok, bau bahan kimia atau alergen.
  • Jangan berenang di kolam dalam jangka waktu yang lama, karena klorin bisa mengiritasi sinus. Hindari juga menyelam, karena air bisa terdorong masuk ke dalam sinus.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: