Gejala, pengobatan penyakit Alzheimer


Agar Terhindar Dari stressSudah tahukah Anda, apakah itu penyakit alzheimer?,,,, Mungkin istilah alzheimer masih kurang begitu akrab ditelinga kita, sehingga kebanyakan masih bertanya-tanya. Tapi Kalau “pikun”, kami kira semua orang pati sudah pada tahu. Pikun memang sudah seperti bukan barang yang aneh lagi, yaitu istilah yang bisa ditujukan kepada orang tua yang sudah suka lupa. Ya, pikun itu mungkin adalah penyakit ALZHEIMER yang sebenarnya ditakuti…

Pikun atau alzheimer itu bukanlah kondisi yang tak boleh dianggap enteng, sehingga perawatan yang tepat sangat dibutuhkan. Karena Pikun yang sudah parah akan membuat penderita suka lupa segalanya, gampang marah, sulit dinasehati, bahkan dalam hal apapun. Bahkan cara mandipun, penderita alzheimer bisa benar-benar lupa. Jika tak perlakukan dengan baik, kondisi pikun akan semakin cepat dan menjadi parah. Bahkan penyakit ini tidak bisa diobati!..

Menurut penelitian, 1 dari 10 orang yang berusia 65 tahun menderita alzheimer. Bahkan kini alzheimer ditemukan sudah menyerang usia yang lebih muda(40-50 tahun). Alzheimer dinegara barat sono adalah penyakit yang telah mendapat perhatian yang sangat serius, dalam hal pencegahan maupun perawatan kepada penderita agar tak semakin menjadi parah. Lain halnya disini, kebanyakan orang masih menganggap pikun adalah sepele. ” Ah maklum, sudah tua, jadi pikun”,,, Begitu kata banyak orang.

Apakah alzheimer?

Alzheimer adalah kondisi penyakit progresif yang menghancurkan memori dan fungsi mental penting lainnya. Ini adalah penyebab paling umum dari demensia – sekelompok gangguan otak yang menyebabkan hilangnya kemampuan intelektual dan sosial. Perubahan ini cukup parah dan sangat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Menurut mayoclinic, pada penyakit Alzheimer, hubungan antara sel-sel otak dan sel-sel otak itu sendiri merosot dan mati, yang menyebabkan penurunan memori dan fungsi mental secara signifikan. Pendapat lain mengatakan, alzheimer adalah kondisi adanya pertumbuhan sel-sel otak yang abnormal, sementara sel-sel otak yang normal mati.

Lihat Juga :  Bawang putih untuk Obat sakit gigi Alami

Jadi, jika dibiarkan atau tak dirawat dengan baik, akibatnya bisa dibayangkan. Bagaimana jika seluruh sel otak sudah tergantikan oleh sel otak yang abnormal??,,,

Gejala penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer adalah bukan penyakit yang akut, yang bisa terjadi saat ini juga. Alzheimer selalu diawali dengan kondisi yang ringan, yang terjadi selama bertahun-tahun akan semakin bertambah berat dan baru bisa dirasakan.

Meningkatkan lupa, atau kebingungan ringan mungkin adalah satu-satunya gejala awal penyakit Alzheimer yang bisa diperhatikan. Namun seiring waktu, penyakit ini akan merampas lebih banyak memori Anda. Tingkatan memburuknya gejala bervariasi dari pada setiap individu.

Jika Anda memiliki Alzheimer, mungkin Anda adalah orang yang pertama yang melihat jika Anda mengalami kesulitan mengingat hal-hal yang tidak seperti biasa. Atau Anda mungkin tidak menyadarinya jika ada sesuatu yang salah pada diri Anda, bahkan ketika perubahan pada Anda sudah dirasakan oleh anggota keluarga, teman dekat atau rekan kerja.

Perubahan otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer akan menyebabkan meningkatnya masalah dengan :

Kehilangan ingatan

Setiap orang mungkin saja memiliki penyimpangan memori sekali atau dua kali saja. Misalnya, Anda lupa menaruh sesuatu atau lupa nama seseorang, itu adalah hal yang normal. Tapi kehilangan memori yang terkait dengan penyakit Alzheimer, akan terus berlanjut dan semakin memburuk, mempengaruhi kemampuan dan fungsi Anda di tempat kerja maupun di rumah. Orang dengan Alzheimer mungkin:

  • Mengulangi pernyataan berulang-ulang kali, namun tidak menyadari bahwa mereka telah mengajukan pertanyaan yang sama sebelumnya.
  • Melupakan percakapan, janji atau peristiwa, dan nanti tidak akan mengingatnya.
  • Rutin Salah menaruh barang, sering meletakkan barang ditempat yang tidak logis
  • Hingga Akhirnya bisa lupa nama-nama anggota keluarga dan benda/alat yang digunakan sehari-hari.
Lihat Juga :  Bahaya, dampak dan akibat infeksi Bakteri E-Coli

Disorientasi dan salah menafsirkan hubungan spasial

Orang dengan penyakit Alzheimer mungkin akan kehilangan rasa hari apa, musim apa, di mana berada,  atau bahkan keadaan hidup mereka saat ini. Alzheimer juga mengganggu kemampuan otak untuk menafsirkan apa yang telah dilihat, sehingga sulit untuk memahami lingkungan sekitar mereka. Akhirnya karena masalah ini, penderita dapat tersesat di tempat yang sebenarnya telah akrab .

Berbicara dan menulis

Orang dengan penyakit Alzheimer mungkin akan kesulitan menemukan kata yang tepat untuk mengidentifikasi objek, mengungkapkan pikiran atau mengambil bagian dalam percakapan. Seiring waktu, kemampuan untuk membaca dan menulis juga menurun.

Berpikir dan penalaran

Penyakit Alzheimer menyebabkan sulit berkonsentrasi dan berpikir, terutama tentang konsep-konsep abstrak seperti nomor. Ini mungkin akan sangat menantang untuk mengelola keuangan, buku cek saldo, mengingat tagihan dan membayar tagihan tepat waktu. Kesulitan-kesulitan ini bisa  berkembang menjadi ketidakmampuan untuk mengenali dan berurusan dengan angka.

Membuat penilaian dan keputusan

Sangat menanggapi kepada masalah sehari-hari, seperti makanan yang terbakar pada kompor,  atau situasi yang tak terduga saat mengemudi. Hal-hal seperti ini menjadi semakin menyulitkan.

Perencanaan dan pelaksanaan tugas-tugas rutin

Kegiatan rutin membutuhkan langkah berurutan, seperti perencanaan dan memasak makan atau bermain game favorit,akan menjadi sebuah perjuangan ketika penyakit alzheimer semakin berkembang. Pada akhirnya, orang-orang dengan Alzheimer parah bisa lupa, bagaimana cara melakukan tugas-tugas dasar sehari-hari,  seperti berpakaian dan mandi .

Perubahan kepribadian dan perilaku

Perubahan otak yang terjadi pada penyakit Alzheimer dapat mempengaruhi cara penderita bertindak, dan bagaimana mereka merasakan . Orang dengan Alzheimer mungkin akan mengalami :

  • Depresi
  • Penyediri
  • Perubahan suasana hati
  • Ketidakpercayaan pada orang lain
  • Lekas ‹‹marah dan agresivitas
  • Perubahan kebiasaan tidur
  • Pengembaraan
  • Hilangnya hambatan
  • Delusi, seperti percaya sesuatu telah dicuri
Lihat Juga :  Penyebab Gagal Ginjal | Tips agar Ginjal tetap sehat

Baca juga: Penyebab , Faktor resiko dan mengurangi resiko Alzheimer

Obat Alzheimer

Pengobatan penyakit Alzheimer yang ada saat ini adalah hanya strategi manajemen untuk dapat memperbaiki gejala sementara. Hal ini terkadang dapat membantu orang dengan penyakit Alzheimer, yaitu dapat memaksimalkan fungsi dan mempertahankan sisa kondisi otak yang masih baik.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: