Gejala esterogen rendah pada wanita muda


Cara mengatasi kurang darah secara alamiKalau pada postingan kemaren kita telah membahas tentang testosteron, atau hormon yang membentuk karakter laki-laki pada pria. Dan Kini kita akan coba bahas tentang estrogen , yaitu hormon yang memberikan karakteristik perempuan pada wanita. Testosteron rendah (pada Pria) akan menimbulkan banyak masalah kesehatan, begitu juga dengan kondisi estrogen rendah pada wanita.

Estrogen Rendah

Gejala estrogen yang rendah pada umumnya terjadi pada wanita yang menjelang atau sudah mengalami menopause. Namun, wanita yang lebih muda juga bisa mengalami estrogen rendah, tetapi gejala dan penyebab berbeda dari wanita yang menopause.

Ada tiga jenis estrogen: estriol, estradiol dan estron. Beberapa wanita tidak secara alami menghasilkan cukup satu atau semua bentuk dari estrogen tersebut.  Jumlah atau tingkat abnormal bisa saja menandakan adanya kanker ovarium atau adrenal. Wanita yang masih muda bisa mengalami tingkat estrogen rendah dari berbagai penyebab, dan jenis pengujian yang digunakan untuk mengukur tingkat tergantung pada gejala, usia, riwayat keluarga dan pemeriksaan fisik.

Gejala

  • Gejala yang paling umum estrogen rendah pada wanita muda adalah kurangnya menstruasi dan tertunda.
  • Wanita yang lebih muda(di bawah usia 40) dengan estrogen yang rendah dapat mengalami menopause dini yang mengakibatkan hot flashes dan berkeringat di malam hari.
  • Kelelahan adalah keluhan umum yang terkait kondisi tersebut. Beberapa Wanita melaporkan menjadi pelupa, insomnia, kurangnya hasrat seksual,  dan hubungan seksual yang menyakitkan ketika tingkat estrogen rendah atau mulai menurun.
  • Haid yang tidak teratur atau terjadi kurangnya menstruasi.
  • Infeksi kandung kemih dan sakit kepala mungkin bisa terjadi.
  • Perubahan mood yang menyebabkan menangis, perasaan depresi, dan mudah tersinggung juga bisa jadi merupakan gejalanya.
  • Tulang keropos juga terjadi, dan yang mengarah ke osteoporosis.
  • Ketidakmampuan untuk hamil bisa juga menandakan kondisi tingkat estrogen yang rendah pada wanita muda.
Lihat Juga :  Gejala, penularan dan pengobatan Rabies

Fungsi

Estrogen terutama diproduksi didalam ovarium, dan beberapa estrogen diproduksi oleh kelenjar adrenal. Sinyal untuk produksi estrogen berasal dari kelenjar pituitari, dan tingkatnya bervariasi selama hidup tergantung pada tahap siklus menstruasi wanita.

Kondisi

Penyakit genetik juga dapat menyebabkan estrogen rendah pada wanita muda. Sindrom Turner adalah penyakit bawaan yang mengarah pada memiliki tubuh pendek, kurangnya ovulasi, perkembangan menjadi wanita normal,  dan kurangnya menstruasi. Kemoterapi atau radiasi juga dapat mengganggu produksi estrogen, bersama dengan gangguan tiroid.

Penyebab lain

Kondisi lain yang dapat menyebabkan kadar estrogen rendah pada wanita muda termasuk olahraga berlebihan, gangguan makan, dan terlalu sedikit lemak dalam tubuh. Olahraga ekstrim, sebelum dan selama masa pubertas, seperti senam dan menari, juga dapat menyebabkan kadar estrogen menjadi rendah, yang menunda pembangunan menjadi wanita normal. Gejala estrogen rendah pada wanita muda adalah pengembangan tertunda dan kurangnya menstruasi (amenorrhea).

Cara untuk mengetahui apakah Estrogen Rendah

Dokter akan melakukan tes darah atau urin untuk menentukan apakah seorang wanita  dengan tingkat estrogen yang rendah. Wanita yang lebih muda bisa diuji untuk FSH (follicle merangsang hormon), pengukuran langsung terhadap produksi estrogen. Ketika tingkat estrogen rendah, kadar FSH juga menurun. Wanita muda diduga memiliki sindrom Turner mungkin akan menjalani tes kromosom. Sindrom ini adalah hasil dari kelainan dalam kromosom X.

Pengobatan

Pengobatan estrogen rendah didasarkan pada penyebabnya. Wanita yang lebih muda yang akan melalui menopause tidak diperlakukan sama dengan wanita yang lebih tua dengan tingkat estrogen yang rendah. Dalam semua kasus, penyebab yang mendasari yang menentukan pengobatan khusus.

Pertimbangan

Karena gejala kadar estrogen rendah bisa merupakan sinyal dari masalah kesehatan yang mendasari(terutama pada wanita muda), maka penting bagi dokter Anda untuk melakukan pengujian. Wanita muda dengan gejala tingkat estrogen yang rendah harus dievaluasi untuk mencari penyebab dan perlakuan pengobatan.

Lihat Juga :  Penyebab, Gejala dan pengobatan Hepatitis A, B,dan C

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: