Gambaran Kehidupan di Surga Menurut Al Quran dan hadist


Gambaran kehidupan disurgaAllah telah menjanjikan Surga bagi hamba-Nya yang beriman, rajin beramal, berbuat baik, dan bertakwa kepada-Nya, serta yang selalu mengikuti dan mentaati syariat Rasul-Nya shallallahu alaihi wasallam.

Allah taala berfirman:
Sesungguhnya mereka yang beriman dan beramal shalih, tentulah Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amalan(nya) dengan baik. Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah. (QS. Al-Kahfi : 30-31)

Allah taala berfirman:
Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan
berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir
sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan
dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: Inilah yang pernah
diberikan kepada kami dahulu. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya. (QS. Al-Baqarah : 25)

Gambaran kehidupan di Surga

Seperti Apakah Gambaran kehidupan Surga, seperti yang telah dijanjikan-Nya?..Secara umum, hidup disurga itu digambarkan kekal dan penuh dengan kesenangan dengan segala kenikmatannya. Tidak ada orang tua dan orang yang memiliki buruk rupa, seluruh penduduknya selalu dalam usia 17 tahunan, yang wanita cantik-cantik, dan yang Pria gagah-gagah dan tampan. Tidak ada kepanasan, maupun kedinginan, suhu disurga selalu sejuk dan dikelilingi oleh sumber mata air yang mengalir.

“Tuhan mereka menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat dari-Nya, keridhaan dan surga, mereka memperoleh kesenangan yang kekal di dalamnya. Sesungguhnya di sisi Allah -lah pahala yang besar.”(at-Taubah : 21-22)

Lihat Juga :  Misteri keajaiban dijalur Gaza

“Maka Tuhan memelihara mereka dari kesusahan hari itu dan menjadikan muka mereka berseri-seri dan kegembiraan hati. Dan Dia memberi balasan kepada mereka, karena kesabaran mereka dengan surga dan pakaian sutera, di dalamnya mereka tidak merasakan terik matahari dan tidak pula dingin yang menyengat. Dan naungan (pohon-pohon) surga itu dekat diatas mereka dan buahnya dimudahkan untuk memetiknya dengan semudah-mudahnya. Dan diedarkan kepada mereka bejana-bejana dari perak dan piala-piala yang bening laksana kaca, yaitu kaca-kaca yang yang terbuat dari perak yang telah mereka diukur dengan sebaik-baiknya. Dalam surga itu mereka di beri minum segelas minuman yang campurannya adalah jahe, sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil.” (al-Insan:11-15)

Berikut beberapa gambaran kehidupan didalam surga, menurut Alquran dan Hadist:

1. Surga adalah kehidupan yang aman, dan kita kekal(tidak pernah mati) didalamnya.

“Sesungguhnya orang-orang bertakwa berada pada tempat yang aman (yaitu) dalam taman-taman dan mata air. Mereka memakai sutera yang dan tebal, (duduk) berhadap-hadapan. Demikianlah, dan Kami berikan kepada mereka bidadari. Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran), mereka tidak akan pernah merasakan mati didalamnya, kecuali mati di dunia, dan Allah memelihar mereka dari siksa neraka sebagai karunia dari Tuhanmu, yang demikian itu adalah keberuntungan yang besar.” (ad-Dukhan : 51-57).

2. Hidup disurga itu damai, tidak ada perselisihan atau pertentangan. Semua penghuninya bersaudara dan selalu hidup rukun selamanya.

“Sesungguh orang-orang yang bertakwa itu dalam taman-taman surga] dan (dekat) mata air (yang mengalir). Dikatakan kepada mereka, masuklah kedalamnya dengan sejahtera dan aman. Dan kami lenyapkan segala rasa dendam yang ada dalam hati mereka, mereka merasa bersaudara, duduk berhadap-hadapan diatas dipan-dipan, mereka tidak merasa lelah di dalamnya dan mereka tidak akan dikeluarkan darinya.” (al-Hijr : 45-48)

Lihat Juga :  Aturan makan yang baik menurut Rasulullah SAW

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: