Fungsi dan Cara Melatih Otak Kanan


fungsi dan cara melatih otak kananFungsi dan Cara Melatih Otak Kanan – Pernah mendengar istilah Otak Kanan?,,,,, Saya kira mungkin anda pernah sudah mendengarnya, hanya saja mungkin tidak begitu detail informasinya. Ya,, karena masih jarang lembaga pendidikan yang mengajarkan betapa pentingnya fungsi otak kanan ini. Kalaupun ada itu mungkin hanya pada universitas jurusan psikologi saja. Padahal tahu nggak, jika manusia itu sebenarnya lebih banyak bekerja menggunakan pola pikir otak kanannya ketimbang dengan otak kirinya. Dan, menurut para pengamat bisnis, “Untuk bisa bersaing ketat dan memajukan usaha ,  seorang pebisnis harus bisa berimprovisasi menggunakan otak kanannya”. Nah lo, menurut siapa itu?,,,, Gak percaya, cobalah tanyakan pada mereka. :) , atau baca terus artikel ini!!

Apa sih fungsi otak kanan itu?,,,,dan bagaimana cara melatih otak kanan?

Kalau kita mendapat pelajaran disekolah seperti matematika, fisika, kimia atau yang lainnya adalah hanya melatih otak kiri. Jadi anda mungkin sudah bisa menyimpulkan, bahwa otak kiri hanyalah bertugas menerima, menganalisa, mempelajari atau mengerjakan hal yang bersifat logika atau rasional. Sedangkan otak kanan adalah kebalikan dari otak kiri, yaitu lebih kepada memikirkan hal-hal yang bersifat diluar perhitungan logika. Hal yang diluar perhitungan logika bisa seperti misalnya, memainkan musik atau hal yang bersifat seni lainnya, berimajinasi dsb.

Perbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri

Otak kiri

Otak Kanan

Motorik kanan
terencana, kausal
Rasional, terkait EQ
Realistis, analistik
kuantitatif, aritmatik
Verbal, eksplisit
kognitif, logis
Serial, linear
Segmental, fokus
Terencana, kausal
Intra personal, self-centric
motorik kiri
tak terencana, impulsif
kualitatif, spesial
emosional terkait, EQ
imajinatif, artistik
aktif, intuatif
holistik, difus
visual, implisit
paralel, lateral
interpersonal, other centric

Cara kerja dan Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri Manusia

Cara kerja otak kiri manusia

Cara kerja otak dibagian kiri kepala manusia adalah lebih memikirkan hal yang rasional dan realistis saat menganalisis atau memperhitungkan sesuatu hal. Contohnya: Ketika seseorang ingin memulai atau membangun usaha. Jika seseorang arah berfikirnya lebih dominan ke arah otak kiri,   maka saat akan membangun usaha ia akan lebih banyak perhitungan sebelum memulainya, memperhitungkan untung ruginya, lalu jika dirasa keuntungannya lebih besar baru akan dijalankan, namun jika dirasa keuntungannya tipis atau bahkan tidak sama sekali mereka biasanya akan segera menghentikannya.

Lihat Juga :  Penyebab dan Cara mengatasi sulit tidur,Insomnia?

Cara Kerja Otak Kanan Manusia

Cara kerja otak kiri Berbeda dengan cara kerja otak kanan, yaitu lebih memikirkan pentingnya segera bertindak, istilah dalam dunia bisnis adalah Take Action!.

“Kalau tidak kita coba,  mana kita tahu!!” , itulah sala satu cara berpikir orang yang lebih dominan menggunakan otak kanannya. Orang yang lebih dominan menggunakan otak kanan , pada saat ia akan memulai usaha,  ia jarang memikirkan sesuatu yang seperti ini: ” Apakah Aku Mampu?”, “Bagaimana nanti kalau rugi”, “aku tak cukup modal”, dsb. Jadi hal ini sudah cukup untuk menjawab pertanyaan pada bab paragraf awal tadi.

Sebagai inspirasi usaha, Baca juga: Kisah sukses Bob Sadino

Pentingnya Fungsi Otak kanan

Jika kita melihat studi kasus di paragraf atas, demi keberhasilan dan kesuksesan hidup, maka fungsi otak kanan sebenarnya lebih baik untuk kita terapkan. Karena jika kita terlalu lama berpikir, maka kita akan lupa untuk bertindak, padahal dalam hidup kita harus selalu hidup (bergerak). Seperti kata bijak albert einstein, kata-katanya kurang lebih begini;

“Hidup itu seperti naik sepeda. Agar tetap seimbang, kau harus terus bergerak!”

Albert Einsten adalah seorang ilmuwan dan guru besar, ia mengajarkan pengetahuannya melalui kata-kata bijak dan rumus-rumus kehidupan. Jika kita menelaah apa yang disampaikan oleh Albert Einstein di atas, maka secara tidak langsung ia mengatakan bahwa;

Baca Juga :

Berikan komentar Anda: