Faktor Penyebab Diabetes


Faktor penyebab diabetesDiabetes adalah penyakit yang seolah sudah seperti momok yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Bagaimana tidak, karena DIABETES produktifitas jelas akan menurun drastis karena aktifitas akan menjadi terbatas. Perlu diketahui bahwa penderita diabetes salah satu efeknya adalah mengalami kelelahan atau gampang lelah. Bahkan sekarang sudah tak hanya menyerang kaum tua saja yang menyandang diabetes, bahkan sekarang umur masih belia 20 tahun pun sudah mengidap diabates. Baca juga: Ciri-ciri diabetes pada wanita

Lalu kenapa ini bisa terjadi?,, apa sih penyebab diabetes yang sebenarnya?

Penyebab diabetes telah diketahui disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk keturunan dan gaya hidup. Namun sebenarnya jika mengetahui caranya, penderita diabetespun masih dapat menjalani hidup normal. Kuncinya yaitu asupan kalori yang tepat.

Menurut seorang ahli Gizi, makanan sebenarnya tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap munculnya penyakit diabetes. Selain faktor keturunan, pola makanlah yang paling sering menjadi penyebabnya. Kalau kebanyakan orang menganggap suka makan makanan manis adalah biangnya penyebab diabetes. Sebenarnya tidak demikian, makanan manis adalah akan diubah menjadi energi untuk menunjang aktifitas tubuh. Yang menjadi masalah adalah ketika sering makan-makanan yang tinggi kalori, kemudian tubuh jarang digunakan beraktifitas fisik atau olahraga. Nah inilah yang menjadi peluang besar bagi seseorang untuk menderita diabetes. Pola makan yang baik itu tak hanya harus teratur, akan tetapi juga harus memperhatikan kebutuhan nutrisi.

Suka makan minuman manispun juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan pada umumnya, jika tak dibarengi dengan aktifitas membakar energi yang cukup.

Diabetes adalah kondisi dimana akibat dari menurunnya fungsi pankreas. Pengaruhnya adalah pada kinerja hormon insulin yang menurun. Supaya organ dalam tubuh bisa menjalankan tugasnya dengan baik, maka pola makan harus diatur.

Lihat Juga :  Manfaat, kegunaan, dosis, kekurangan, dan efek samping selenium

Bagi penyandang diabetes, agar tak mengganggu produktifitas maka mereka harus menerapkan konsep makan yang terkontrol. Yaitu kapan waktunya makan, asupan nutrisi yang perlu diperhatikan serta  kadar gulanya.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: