Fakta tentang golongan darah yang perlu diketahui


Fakta tentang golongan darah yang perlu diketahuiMungkin kita hanya menganggap bahwa mengetahui golongan darah hanya penting untuk tujuan transfusi darah. Anda memang benar, namun Ternyata faktanya lebih dari itu, bahwa golongan darah tertentu juga berpengaruh terahadap beberapa hal yang terkait dengan kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa golongan darah juga merupakan kunci faktor genetik yang mempengaruhi banyak hal dalam bidang kesehatan.

Sepanjang hidup Anda, Anda mungkin sudah mengamati bahwa pada beberapa orang cenderung dapat menurunkan berat badan dengan lebih mudah, sedangkan untuk yang lain, menurunkan berat badan merupakan pertempuran tersulit yang dilakukan. Atau Anda mungkin bertanya-tanya,  mengapa beberapa orang akan terganggu oleh penyakit kronis, dan  sementara yang lain tetap sehat dan sehat hingga usia lanjut. Sangat sederhana, jawabannya adalah dalam jenis atau golongan darah.

Mengetahui golongan darah juga merupakan alat penting untuk memahami bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap makanan, kerentanan terhadap penyakit, reaksi alami terhadap stres, dan masih banyak lagi. Setetes darah mengandung susunan biokimia yang unik untuk Anda, laksana seperti sidik jari Anda.

Berikut ini adalah lima fakta tentang golongan darah:

 

1. Golongan darah bisa  memprediksi kerentanan Anda untuk penyakit tertentu.

Penelitian telah menemukan bahwa orang jenis darah tertentu mungkin berisiko lebih tinggi terhadap penyakit tertentu. Studi telah menemukan bahwa orang dengan golongan darah O memiliki risiko lebih rendah untuk penyakit jantung, tetapi memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan bisul perut. Orang yang bergolongan darah A memiliki risiko lebih tinggi terhadap infeksi mikroba, tetapi wanita bergolongan darah A  memiliki tingkat kesuburan yang lebih tinggi. Penelitian lain menemukan bahwa orang dengan golongan darah AB dan darah B memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker pankreas.

Lihat Juga :  Tips Cara alami Mengatasi sulit tidur

2. Orang-orang dari golongan darah yang berbeda juga bereaksi berbeda terhadap stres.

Orang dengan golongan darah  A orang secara alami memiliki tingkat yang lebih tinggi kortisol (hormon stres) dalam tubuh mereka, sehingga lebih banyak terpengaruh oleh situasi stres. Di sisi lain, orang dengan golongan darah O, memiliki reaksi pilihan “melawan atau lari” terhadap stres,  yang menyebabkan kelebihan produksi hormon adrenalin. Golongan darah O membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dari stres,  karena mereka lebih sulit untuk membersihkan adrenalin dari dalam tubuh mereka.

3. Golongan darah antigen.

Golongan dara antigen ada dimana-mana didalam tubuh Anda, terutama di permukaan tubuh yang berinteraksi dengan lingkungan. Hal ini termasuk saluran pencernaan Anda, mulai dari mulut hingga ke usus besar, serta hidung dan paru-paru. Karena jenis darah  antigen ada di mana-mana, ini akan  mempengaruhi bagaimana tubuh bereaksi terhadap makanan yang dimakan melalui beberapa faktor. Sebagai contoh: lecins pada makanan tertentu akan mengikat jenis darah antigen, dan akibatnya akan menggumpalkan darah(tetap bersatu), sehingga akan menimbulkan perasaan kelelahan, sakit kepala, masalah pencernaan, masalah kulit dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

4. Bakteri usus juga berhubungan dengan golongan darah.

Orang-orang dengan golongan darah yang berbeda juga memiliki bakteri usus yang berbeda.Pada kenyataannya 50.000 , bakteri tertentu lebih mungkin dapat muncul pada orang dengan satu golongan darah atau golongan darah yang lainnya. Hal ini berasal dari nenek moyang kita yang saluran pencernaanya telah dikembangkan untuk mengakomodasi salah satu dari jenis makanan diatas makanan yang lain. Misalnya, microbiome pada orang-orang tertentu dikembangkan untuk memecah karbohidrat sevara lebih efisien (pada golongan darah A). Dan Orang-orang yang tidak memiliki kemampuan ini (golongan darah O), yang  cenderung untuk menyimpan karbohidrat sebagai lemak.

Lihat Juga :  Olahraga dapat menurunkan tekanan darah tinggi?

5. Pendekatan nutrisi tidak selalu sesuai

Makanan boleh datang dan dipilih silih berganti, tetapi faktanya: setiap orang tidak memiliki kebutuhan dasar Gizi yang sama. Kita semua tahu seseorang vegetarian bisa hidup sehat dengan diet yang ketat, sementara yang lain bisa melakukan diet rendah karbohidrat. Seorang ahli kesehatan telah menemukan bahwa kebutuhan gizi seseorang bisa ditentukan oleh golongan darah.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: