Efek sering duduk terlalu lama


 dampak sering duduk lamaDuduk adalah hal yang tak pernah terlewatkan oleh setiap manusia. Duduk bertujuan untuk melemaskan otot akibat lelah setelah beraktifitas fisik yang banyak melibatkan dengan berdiri. Namun banyak orang yang terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk duduk setiap hari, tanpa disebabkan oleh kebutuhan untuk melemaskan otot setelah banyak bergerak. Bisa karena tuntutan profesi, hanya bersenang senang didepan TV, maupun hanya bermain game di depan komputer.

Akibat rutin duduk terlalu lama lebih besar pada wanita, daripada pada Pria

Sayangnya, kebiasaan duduk terlalu lama ini dapat menyebabkan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan. Khususnya, efek buruk Duduk Terlalu Lama ini lebih besar terhadap Wanita daripada laki-laki . Penelitian yang dilakukan oleh American Cancer Society menemukan bahwa, wanita yang duduk selama lebih dari enam jam sehari selama waktu luang mereka, untukkegiatan seperti menonton televisi , berselancar di internet , dan membaca – memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi . Beberapa penelitian bahkan juga telah menunjukkan,  ada hubungan antara durasi waktu duduk dan kelebihan berat badan, resiko diabetes tipe 2 , risiko penyakit kardiovaskular, dan kecenderungan diet yang tidak sehat.

Studi penelitian

Pada orang berusia di atas 13 tahun, ditemukan hubungan antara jumlah waktu yang dihabiskan untuk duduk, dan tingkat kematian. Studi ini menemukan bahwa semakin banyak orang yang menghabiskan waktu luang mereka untuk duduk, maka semakin tinggi risiko kematian, terlebih bagi para wanita.

Studi ini juga menemukan bahwa wanita yang duduk lebih dari enam jam sehari pada waktu senggang mereka, 37 persen lebih mungkin untuk meninggal selama periode penelitian,  dibandingkan dengan yang duduk kurang dari tiga jam sehari. Hasil inipun ternyata tidak berubah,  bahkan ketika wanita juga melakukan aktivitas fisik atau olahraga setiap hari. Akan tetapi, kurangnya aktifitas fisik yang ditambah dengan durasi duduk yang lama akan cenderung memiliki kemungkinan meninggal lebih besa. Wanita yang duduk lebih lama yang ditambah kurang aktifitas fisik, sebanyak 94 persen lebih mungkin meninggal selama periode penelitian, jika dibandingkan mereka yang duduk paling sedikit dan paling aktif .

Lihat Juga :  Dampak terlalu banyak dan sering makan gula

Dampak metabolik dari  duduk terlalu lama

Alpa Patel , seorang peneliti utama mengatakan,  bahwa waktu duduk yang lama memiliki konsekuensi metabolik penting yang akan mempengaruhi banyak hal, seperti kolesterol dan tekanan darah , yang terkait dengan obesitas, penyakit kronis seperti jantung dan lainnya .

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: