Efek samping susu kedelai bagi ibu hamil?


Manfaat susu kedelai bagi ibu hamilEfek samping susu kedelai bagi ibu hamil? – Susu kedelai beserta produk turunan dari kedelai selama ini telah telah dipercaya luarbiasa tinggi manfaatnya untuk kesehatan dan 100% aman, ternyata juga diklaim ada efek samping terutama bagi wanita hamil. Seperti yang dilansir Live strong, Wanita yang sedang hamil harus memenuhi berbagai makanan yang kaya seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lemak. Produk kedelai telah dianggap sangat sehat karena mengandung jumlah tinggi protein dan semua sembilan asam amino esensial. Namun, ini sedikit berbeda, menurut MayoClinic.com, beberapa penelitian telah menunjukkan kemungkinan efek samping dari susu kedelai untuk ibu hamil dan menyusui.

“Benarkan susu kedelai memiliki efek samping negatif bagi janin dalam jangka panjang?”

Efek Samping susu kedelai

Susu kedelai mengandung isoflavon, yang dikatakan mampu meniru estrogen. Menurut MayoClinic.com, dosis tinggi senyawa ini yang diberikan kepada hewan uji hamil mengakibatkan tumor dan kelainan fisik pada keturunannya. Beberapa wanita mungkin juga alergi terhadap susu kedelai dan mengalami gejala alergi seperti pembengkakan, ruam, ketidakmampuan untuk bernapas, mual dan muntah. Dalam kasus yang jarang terjadi, alergi kedelai dapat menyebabkan anafilaksis.

Rumor Keamanan

Pada tanggal publikasi, belum ada studi konklusif yang dapat membuktikan atau menyangkal efek negatif dari susu kedelai dan produk susu kedelai pada wanita hamil. Namun, tidak dengan MayoClinic.com yang melaporkan sebuah studi di mana perempuan yang mengkonsumsi banyak susu kedelai selama kehamilan mengalami frekuensi yang lebih tinggi untuk mendapatkan bayi dengan cacat lahir di daerah kelamin. Produk kedelai juga mengandung isoflavon, yang terkait dengan sakit kepala migrain akut.

Manfaat susu kedelai untuk Kesehatan

Produk kedelai dianggap sebagai sumber protein[=> Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil]. Susu kedelai juga mengandung kalsium, dan kedua nutrisi ini penting bagi wanita hamil. Bagi wanita hamil yang vegetarian, susu kedelai dapat menjadi sumber terbaik dari protein. MayoClinic.com melaporkan bahwa produk kedelai dapat menurunkan kolesterol jahat. Susu kedelai mungkin juga mengandung antioksidan, yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Lihat Juga :  Hasil penelitian terbaru tentang efek mendengarkan musik

Dosis yang direkomendasikan

Sejumlah kecil susu kedelai masih aman untuk wanita hamil. Susu kedelai dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengganti susu sapi bagi wanita yang memiliki intoleransi laktosa. The Cleveland Clinic merekomendasikan untuk mengkonsumsi empat porsi produk susu untuk ibu hamil, termasuk produk kedelai khususnya susu kedelai. Satu cangkir susu kedelai setiap hari aman bagi wanita hamil yang tidak alergi terhadap produk kedelai.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: