Efek samping softdrink dapat membahayakan Ginjal


Efek negatif terlalu banyak minuman manisMinum sofdrink atau minuman bersoda memang asyik dan terasa sangat menyegarkan. Sudah dibahas sebelumnya jika softdrink atau minuman bersoda itu tak baik untuk kesehatan. Diantaranya adalah kadar gula dan kalorinya yang tinggi bisa menimbulkan kegemukan dan memperbesar resiko diabetes. Dalam hal ini mungkin telah banyak orang yang menyadarinya.

Studi yang baru-baru ini dilakukan telah menemukan sesuatu yang mengejutkan yang berhubungan minum minuman bersoda. Disebutkan jika mengkonsumsi dua gelas minuman bersoda dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis sebesar 30 persen. Gagal ginjal adalah salah satu penyakit yang ditakuti selain kanker dan jantung, transplantasi adalah tindakan terpahit dari gagal ginjal. Hal ini Semakin menambah daftar panjang dampak buruk dari minum-minuman yang bersoda. Anda haus?, sebaiknya minum air putih mineral. Baca: Manfaat Minum air putih mineral

Berikut ini  dampak minuman bersoda terhadap kesehatan ginjal

Simak bagaimana minuman bersoda dapat merusak ginjal Anda, setidaknya jika Anda rajin mengkonsumsinya tak kurang dari 2 gelas perhari, seperti dikutip Boldsky:

Mengandung tinggi fosfat, penyebab batu ginjal

Minuman bersoda memiliki kandungan fosfat yang dapat mengikat kalsium, lantas mengendapkannya di ginjal. Endapan endapan semacam inilah yang pada akhirnya akan memicu terbentuknya batu ginjal. Batu ginjal yang semakin membesar akan menyumbat saluran kencing dan jika parah bisa menyebabkan bengkak dan infeksi pada ginjal.

Penurunan Fungsi Ginjal

Kebanyakan minuman bersoda menggunakan pemanis buatan, yang tentunya tak menjadi lebih baik dari gula tebu. Pemanis buatan ternyata dapat menyebabkan terjadinya penurunan fungsi kerja ginjal, jika kita mengonsumsinya lebih dari 2 gelas setiap hari. Kandungan pemanis buatan yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, dan inilah yang dapat memperparah kondisi ginjal.

Lihat Juga :  Efek sering mabuk-mabukan bagi Kesehatan

Menyebabkan Penyakit Ginjal Kronis

Waspadalah karena beberapa minuman bersoda mengandung kadar sodium yang tinggi. Jika tubuh terlalu tinggi menerima sodium akan menyebabkan penurunan fungsi ginjal dalam menyaring zat-zat yang tidak diperlukan tubuh. Dampaknya, tubuh akan menyimpan terlalu banyak racun didalam darah. Semakin lama ini akan menyebabkan penyakit ginjal kronis dan tentunya membahayakan kesehatan.

——–

Seorang pakar kesehatan, Dr.Pietro Manuel Ferraro, dari Universitas di Roma Italia menyatakan Studi menegaskan bahwa beberapa jenis minuman beresiko rendah terhadap pembentukan batu ginjal, sedangkan minuman lain seperti soda, yang memiliki kadar gula yang sangat tinggi, memiliki resiko tinggi terhadap pembentukan batu ginjal.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: