Efek Samping Operasi Caesar


efek samping operasi caesarEfek Samping Operasi Caesar – Tindakan operasi sesar atau caesar,  dilakukan jika ada indikasi medis yang menyatakan tidak mungkin untuk melakukan persalinan normal. Namun sepertinya masih banyak terjadi salahkaprah dalam memandang persalinan sesar. Akibatnya, persalinan secara caesar dan secara normal seperti sebuah menu yang bisa dipilih. Dan parahnya, dokter pun akan menyetujui pesanan persalinan sesar walaupun pasien cuma ingin memperoleh tanggal kelahiran cantik.Atau tak sedikit yang melakukan sesar hanya supaya vagina tidak robek.

Sekarangkan yang penting fulus, ada fulus, request apapun lancar jaya, termasuk pesan operasi caesar kapan saja. Lalu apakah ibu ibu sadar, jika persalinan caesar tersebut sebenarnya harus dibayar lebih mahal ?

Berikut Efek Samping Operasi Caesar

Sakit tulang belakang

Banyak ibu setelah sesar mengeluh sakit di bagian tulang belakang (tempat dilakukan suntik anastesi sebelum operasi). Keluhan ini umumnya terasa saat membungkukkan badan, mengambil sesuatu dilantai, atau mengangkat beban yang lumayan berat. Sumber rasa nyeri berada tepat pada bekas tusukan jarum suntik saat dilakukan bius lokal.

Alhasil, sehabis melahirkan sesar, ibu tidak disarankan melakukan gerakan yang terlalu mendadak dan drastis serta harus menghindari mengangkat beban berat. Umumnya jika keluhan ini berlarut-larut atau intensitas sakitnya meningkat, ibu disarankan untuk berkonsultasi pada dokter. Kalau perlu, akan dilakukan pemeriksaan penunjang, misalnya rontgen tulang belakang.

Pada ibu yang melahirkan normal, kondisi ini tidak terjadi. Empat puluh hari bahkan 6 jam setelah bersalin, ibu bisa langsung beraktivitas normal.

Nyeri pada bekas sayatan operasi

Pascaoperasi, saat efek snestesi hilang, nyeri di bekas sayatan bedah akan terasa. Ibu yang melahirkan normal, setelah istirahat 6 jam paling hanya akan merasa letih atau pegal-pegal. Rasa letih ini lekas hilang jika ibu banyak bergerak.

Lihat Juga :  Efek samping susu kedelai bagi ibu hamil?

Rasa kebal pada bekas sayatan

Keluhan lain sehabis operasi sesar adalah rasa kebal di bagian atas bekas sayatan operasi. Ini wajar karena saraf di daerah tersebut boleh jadi ada yang terputus akibat sayatan saat operasi. sayangya, butuh waktu kira-kira 6-12 bulan, sampai serabut saraf tersebut menyambung kembali. Pada persalinan normal, putus saraf di perut dipastikan tidak ada.

Nyeri pada bekas jahitan

Keluhan ini sebenarnya wajar,  karena tubuh tengah mengalami luka dan penyembuhannya tidak bisa 100%. Apalagi jika luka tersebut tergolong panjang dan dalam. Perlu diketahui, dalam operasi sesar ada 7 lapisan perut yang harus disayat. Sementara saat proses penutupan luka, 7 lapisan tersebut dijahit satu per satu menggunakan beberapa macam benang jahit.

Nah, dalam proses penyembuhan, tak bisa dihindari terjadinya pembentukan jaringan perut. Jaringan perut inilah yang dapat menyebabkan nyeri saat melakukan aktivitas tertentu, terlebih aktivitas berlebihan atau aktivitas yang memberi penekanan di bagian tersebut.

Pada persalinan normal, walau ada jahitan pada vagina (ini juga tidak pada semua ibu), tapi efeknya tidak akan seperti kondisi ibu di sesar. Ibu yang bersalin normal biasanya tidak akan mengeluhkan apa-apa pada jahitan tersebut.Bahkan vagina bisa dirapatkan kembali setelah habis masa pasca melahirkan.

Rasa mual dan Muntah

Rasa mual muntah yang umumnya timbul akibat sisa-sisa anestesi pada diri ibu. Efek seperti ini, tidak ditemukan pada ibu bersalin normal. Yang ibu rasakan hanyalah perasaan letih, lapar dan haus.

Muncul keloid dan bekas jahitan

Selama masa penyembuhan luka operasi, banyak ibu yang gundah karena perutnya tak lagi mulus. Apalagi di bekas jahitan muncul benjolan memanjang yang di sebut keloid. Munculnya keloid pada bekas sayatan operasi sesar biasanya disebabkan oleh paparan cairan ketuban yang mengandung faktor pertumbuhan sel, jenis benang yang dipakai, teknik menjahit, serta bakat seseorang dalam reaksi jaringan.

Lihat Juga :  Tips Diet makanan sehat untuk wanita usia 40-an

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: