Efek samping negatif minuman bersoda


Efek samping negatif minuman bersodaEfek samping negatif minuman bersoda – Minuman bersoda seolah hampir seperti kebutuhan, ketersediaannya yang sudah tersebar dimana-mana ia mudah didapatkan . Namun dibalik rasa segar minuman bersoda, ternyata banyak memberikan efek negatif , bahkan berbahaya bagi kesehatan. Padahal sebenarnya, rasa segar yang didapatkan terasa hanya sesaat, yang kemudian kita segera merasa haus lagi. Untuk melepas dahaga, sebenarnya jauh lebih baik minum air putih. Namun minum air putih juga jangan terlalu kebanyakan, ketahui takaran minum air putih perhari yang sehat.

Berikut ini beberapa efek negatif terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda yang perlu Anda ketahui:

 

Kaya akan zat kimia

Pada umumnya minuman bersoda dibuat dan di proses menggunakan bahan kimia.Seperti pada pemanis, yang konon bersifat carcinogenic atau dapat menyebabkan kanker. Selain menggunakan zat kimia sebagai pemanis, bahan lain yang bersifat agen kanker dalam minuman soda adalah pewarna. Namun baru-baru ini sejumlah produsen minuman soda sepakat untuk tidak lagi menggunakan zat pewarna tertentu untuk mengurangi resiko penyakit kanker.

Mengandung kafein

Kafein dalam hal tertentu mungkin bisa bermanfaat. Namun tidak jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.  Soda juga kaya akan kandungan kafein, hal ini bisa menyebabkan gangguan tidur/ insomnia, gangguan pencernaan, serta ketidakteraturan detak jantung dan nafas.

Dapat Merusak gigi

Zat pemanis buatan yang memperkaya kandungan soda juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Gula dalam minuman bersoda adalah santapan lezat bagi bakteri yang alami hidup dalam mulut. Gula ini oleh bakteri digantikan dengan zat asam yang akan melemahkan lapisan enamel pada gigi. Para ilmuwan percaya, soda menjadi biang kerok penyebab gigi berlubang  selain karena permen dan cokelat. Gigi sensitif adalah salah satu akibat dari menipisnya lapisan enamel gigi.

Lihat Juga :  Nutrisi sehat untuk menaikkan berat badan

Tanpa Kalori

Biasanya pada kemasan minuman soda tercantum kandungan kalori dari gula alami dengan jumlah yang melimpah. Namun pada kenyataannya, minuman bersoda tidak mengandung kalori sama sekali, jika gula penghasil kalori digantikan oleh zat pemanis buatan. Kalori yang dicantumkan pada kemasan minuman bersoda biasanya cuma berasal dari sirup fruktosa, dimana ini tidak dapat diproses oleh tubuh. Pada beberapa kemasan minuman bersoda tertulis , jika satu porsi minuman mengandung 150 kalori.Padahal, jumlah yang sama bisa Anda dapatkan dalam segelas jus buah segar.

Menurunkan kualitas tulang yang sehat

Minuman bersoda termasuk dalam daftar minuman yang buruk bagi tulang. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Creighton University Osteoporosis Research Center, ada dua alasan kenapa orang yang gemar munuman bersoda tidak memiliki kualitas tulang yang baik. Pertama, zat kimia dalam soda menyebabkan kalsium yang semestinya disimpan di dalam tubuh menjadi terbuang. Alasan lain karena orang-orang yang senang minum soda cenderung enggan mengonsumsi minuman yang kaya akan kalsium. Jika diminta untuk memilih antara soda atau susu, lebih banyak orang memilih soda.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: