Efek buruk sering menggunakan sepatu Hak tinggi

dampak sering menggunakan sepatu hak tinggiBanyak penggemar fashion sehari-hari akrab dengan high heels yang berharga mahal. Pertanyaannya apakah menggunakan sepatu berhak tinggi ini bermanfaat bagi penampilan dan tanpa efek samping ?. Menurut podiatrist, idealnya Anda tidak harus menggunakannya, bahkan sama sekali karena dapat menyebabkan kerusakan serius pada kesehatan Anda.

Tidak ada penggemar fashion yang ingin mendengarkan ini jika sesuatu yang dia sukai dan berharga mahal ternyata buruk baginya. Sayangnya, itulah fakta yang terjadi akibat sering menggunakan sepatu hak tinggi. Peneliti kesehatan telah mengatakannya selama bertahun-tahun, bahwa semakin sering Anda memakai sepatu hak tinggi, maka akan semakin tinggi risiko mengalami masalah pada kaki dan kesehatan tertentu. Sebuah studi yang diterbitkan awal tahun ini membuat pernyataan yang berani tentang high heels yang memiliki dampak buruk pada kesehatan, bahkan dikatakan lebih buruk dampaknya daripada merokok.

Apakah sepatu hak tinggi Buruk bagi Kesehatan?

Jadi mari kita lihat apa yang bisa diakibatkan oleh high heels bagi tubuh Anda, dan mengapa para ahli kesehatan sangat vokal tentang ketidaksetujuan mereka. Dengan demikian Anda dapat memutuskan sendiri apakah penampilan lebih bernilai daripada rasa sakit dan kerusakan dari penggunaan sepatu hak tinggi. Berikut beberapa efek buruk mengenakan high heels:

Membuat Berjalan menjadi tidak Wajar

Bila Anda memakai sepatu hak tinggi, tumit biasanya akan terangkat, sehingga jari-jari kaki atau bagian depan kaki mendapatkan lebih banyak tekanan. Dengan demikian Tubuh Anda harus selalu melakukan keseimbangan terus menerus, dan akan menyesuaikan dengan apa yang Anda lakukan setiap hari. Hal ini akan lama-kelamaan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada keselarasan tubuh, dan  menyebabkan beberapa masalah seperti cara berjalan yang tak wajar.

Mengacaukan keselarasan alami tulang

Apakah kaki Anda pernah merasakan sangat sakit setelah memakai high heels terlalu lama?. Itulah cara tubuh untuk mengatakan bahwa mereka tidak menyukai sepatu yang Anda pakai. Tapi itu juga merupakan tanda atau peringatan dari apa yang akan terjadi dimasa depan jika Anda tidak mengurangi waktu penggunaan sepatu tumit tinggi.

Sebagaimana telah kita baca, high heels akan mengacaukan keselarasan alami tulang Anda, yang mempengaruhi semua dari pinggul ke bawah, bahkan juga pada tubuh bagian atas sampai batas tertentu .

Masalah punggung

Cara yang dirancang pada high heels akan menyebabkan perubahan pada kaki, keselarasan lain yang tidak alami akan membuat tekanan pada fleksor pinggul Anda. Anda mungkin tidak terlalu khawatir tentang hal itu sekarang ini, tapi tetapi stres konsisten pada fleksor pinggul akan menyebabkan masalah punggung yang luar biasa di kemudian hari.

Memakai sepatu hak meningkatkan resiko keseleo .

Selain itu, intensitas insiden keseleo mungkin akan lebih tinggi bila Anda mengenakan hak tinggi, bahkan jika setelah tidak memakai. Hal ini karena tulang, otot dan ligamen bisa mengalami banyak perubahan, jika secara konsisten mengenakan sepatu tumit tinggi.

Masalah lutut

Masalah lutut adalah keluhan umum bagi mereka yang mengenakan sepatu ini sebagai bagian dari keseharian. Hal ini karena berat tubuh bagian bawah bergeser ke depan dan menempatkan tekanan pada lutut. Penelitian telah menunjukkan bahwa rasa sakit radang sendi lebih intens pada lutut wanita dibandingkan pada pria, dan lebih buruk lagi pada wanita yang memakai sepatu hak dari yang tidak .

Kerusakan syaraf pada tumit

Tergantung pada jenis heels yang Anda pakai, Anda bahkan mungkin mengalami kerusakan saraf di jari-jari kaki dan tumit. Bahkan jika sepatu Anda adalah ukuran yang tepat, namun jari-jari kaki mungkin harus tertekan kedalam, sehingga menyebabkan kerusakan .

Menyebabkan masalah pada kaki

Pergelangan kaki Anda sebenarnya cukup fleksibel dan dapat menyesuaikan diri dengan berbagai gerakan. Namun, sepatu hak tinggi Anda akan sangat membatasi jangkauan per gerakannya, dan dapat menyebabkan rasa sakit dan kondisi yang dikenal dengan insersional Achilles tendonitis .

Karena sepatu hak tinggi meningkatkan tinggi tumit Anda, maka keselarasan baru akan menekan otot betis, sehingga berat badan akan difokuskan pada bagian depan kaki. Hal ini meningkatkan risiko untuk sejumlah masalah kaki seperti corn dan bunions .

Jari kaki menekuk/meringkuk permanen

Jari-jari kaki yang meringkuk memang bisa mendapatkan pegangan yang lebih baik pada sepatu, tetapi juga bisa tertahan ke depan jika tumit terlalu tinggi. Jika Anda sangat sering memakai sepatu hak tinggi lebih dari 3 inchi,  bisa menyebabkan kondisi permanen yang disebut hammertoe di mana jari-jari kaki  tetap meringkuk, bahkan setelah sepatu dilepaskan.  Hal ini secara fisik sangat tidak bagus dilihat, dan juga sangat menyakitkan.

Menyakiti Anda

Anda harus mengkompensasi perubahan sejalan dengan tubuh bagian bawah, yang akan mengubah kelengkungan alaminya. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan saraf tulang belakang, yang mengarah kepada  kondisi yang sangat menyiksa yang disebut sciatica. Semakin tinggi tumit Anda, maka semakin Anda kembali tinggi risiko masalah kesehatan yang menyakitkan ini.

Meningkatkan Risiko Osteoporosis

Sebagai seorang wanita, Anda akan berada pada peningkatan risiko osteoporosis. Penelitian menunjukkan bahwa memakai sepatu hak tinggi lebih lanjut dapat meningkatkan risiko jatuh yang menyebabkan cedera tulang.

Arthritis

Karena sepatu hak tinggi mendorong misalignment tulang serta gesekan berulang-ulang pada lutut, maka bisa mengarah pada pengembangan arthritis dini pada pertengahan usia 30-an.

Mengurangi Dampak High heels

Jika Anda berhenti menggunakan sepatu hak tinggi sama sekali, itu memang akan ideal. Namun dengan semakin banyaknya daftar sepatu modis terbaru saat ini, kemungkinan besar akan membuat Anda akan selalu menginginkannya. Namun, tidak semua orang ingin mengambil langkah ekstrim,  dan jika ini termasuk Anda, maka baca terus untuk mengetahui bagaimana cara agar dapat mengurangi dampak negatif  sepatu hak tinggi .

  • Jika Anda hanya memakai sepatu hak hanya pada acara-acara khusus, maka Anda mungkin bisa terhindar dari resiko kesehatan diatas. Cobalah untuk memilih sepatu tinggi tumit yang kurang dari satu inci, atau satu inci setengah jika Anda benar-benar harus mendapatkan ekstra tinggi .
  • Beralih ke yang datar secara mendadak juga mungkin bukan hal terbaik,  jika Anda telah memakai sepatu tumit tinggi selama beberapa tahun. Otot-otot dan tulang di kaki Anda mungkin telah banyak berubah, dan bisa berbahaya jika Anda tiba-tiba harus mengenakan sepatu datar. Cobalah untuk menggunakan tumit pendek, dan secara bertahap untuk menurunkannya semakin pendek dan datar. Ini akan aman dan lembut bagi kaki Anda, agar  terbiasa dengan keselarasan baru, dan pikiran Anda juga akan terbiasa dengan tampilan baru. Semakin cepat Anda melakukan ini semakin baik .
  • Carilah heels yang bawahnya lebih banyak menyentuh tanah, seperti platform heels atau wedge. Hindari kitten heels dan stiletto. Semakin besar tumit (berdasarkan luas permukaan, bukan tinggi) lebih baik untuk keseimbangan.
  • Kenakan ukuran sepatu yang tepat, pas dan harus nyaman tanpa konstriksi. Sepatu yang cocok secara alami memiliki pegangan yang lebih baik, sehingga kaki Anda tidak harus bekerja terus menerus. Ini akan mencegah masalah beruntun yang mengikuti pergelangan kaki, lutut dan pinggul.

Terimakasih telah membaca artikel Efek buruk sering menggunakan sepatu Hak tinggi. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kesehatan, Tips Sehat, Wanita and tagged .

Komentar: