Efek buruk diet ketat bagi kesehatan


dampak diet ketatDiet ketat yang dimaksud disini adalah diet yang bertujuan menurunkan berat badan dengan cara mengurangi makan secara ekstrim. Melakukan diet ekstrim memang hasilnya terlihat lebih cepat telihat dalam waktu singkat. Namun efek samping dari diet terlalu ketat ini justru kurang diperhitungkan, bahkan justru kemudian bisa membuat badan akan menjadi lebih gemuk lebih cepat. Diet yang semacam ini lebih lanjut bisa mengarah kepada malnutrisi yang berujung pada menurunnya daya tahan tubuh dan kematian.

Diet ekstrim ditandai dengan menghilangkannya satu atau lebih nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat dan lemak. Misalnya, hanya makan buah-buahan saja, atau hanya minum air. Buah dan air memang sehat, tapi masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein dan lemak penting. Diet seperti ini pada umumnya akan dampak negatif lebih banyak daripada dampak positifnya.

Berikut dampak buruk diet ketat menurunkan berat badan bagi kesehatan

1. Selulit

Selulit adalah kondisi permukaan kulit yang terlihat berlesung dan terjadi pada area perut, paha, bokong dan pinggul. Meningkat atau penurunan berat badan secara drastis, menjadi salah satu penyebab utama selulit. Hal lainnya adalah bisa menyebabkan garis garis putih pada kulit.

2. Lemak Tubuh lebih Mudah menumpuk lagi

Saat melakukan diet sangat ketat, berat badan Anda mungkin akan turun dengan drastis dalam waktu yang singkat. Tapi sebagai hasilnya, tubuh secara alami akan mencoba untuk mengumpulkan kalori karena kekurangan vitamin dan mineral. Caranya yaitu dengan mengaktifkan hormon yang akan memicu nafsu makan yang berlebihan. Sehingga Anda akan mendapatkan selera makan yang tak terkendali.

3. Malnutrisi

Efek Yang paling umum dan jelas bagi orang yang melakukan diet ketat dan tak seimbang adalah tubuh akan mengalami kekurangan nutrisi yang dapat menyebabkan kelelahan, mudah pingsan atau bahkan kematian. Tubuh memerlukan asam amino yang berasal dari protein, baik nabati maupun hewani untuk mendapatkan kekuatan atau meregenerasi sel. Atau zat besi yang sangat diperlukan untuk mengangkut oksigen keseluruh tubuh, dan lemak untuk bahan bakar. Jika tubuh kekurangan, sudah pasti akan lemah dan mengalami kondisi yang telah disebutkan.

Lihat Juga :  Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan

4.Kelaparan

Jika Anda kurang makan dalam waktu yang lama, tubuh akan merasa lapar dan cenderung mencetuskan keinginan makan makananyang gurih, seperti gorengan dan makanan berlemak tinggi. Inilah yang justru dapat memicu kenaikan berat badan kembali yang tak terkendali.

5.Rambut Rontok

Seluruh bagian yang ada pada tubuh kita ini juga sangat membutuhkan nutrisi, bahkan bisa berbeda beda. Kurangnya protein dan nutrisi penting lainnya juga dapat menyebabkan rambut rontok. Tubuh membutuhkan makanan yang sehat untuk regenerasi sel. Termasuk regenerasi sel kulit dan rambut.

6. Depresi

Depresi, kurangnya gairah seks dan kecemasan merupakan gangguan emosional yang sering dialami karena kurangnya gizi. Hal ini bisa disebabkan melemahnya fungsi hormon yang seharusnya bekerja dengan didukung oleh vitamin dan mineral esensial yang bisa didapat dari makanan.

Diet menurunkan berat badan yang baik dan sehat itu tidak instan. Ada petunjuk khusus untuk diet yang sehat, agar tubuh tetap terpenuhi kebutuhan gizinya serta tetap terkendali. Olahraga adalah salah satu bagian yang baik dalam rangka menurunkan berat badan yang ideal.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: