Dapatkah Menyembuhkan sakit gigi dengan berkumur air garam?


Cara aMembersihkan Karang GigiSeringkali orang-orang tua dulu menyarankan untuk berkumur dengan air garam jika menemui seseorang yang sedang mengeluh sakit gigi. Apakah air garam dapat menyembuhkan sakit gigi, atau paling tidak meredakannya itu adalah sebuah mitos belaka?. Menurut American Academy of Family Physicians, berkumur dengan air asin atau air garam mungkin akan membantu untuk meringankan sakit gigi, meskipun perawatan medis oleh dokter sangat penting untuk dilakukan. Dan yang perlu digaris bawahi adalah, hindarilah minum antibiotik atau obat lain tanpa pengawasan dokter untuk menyembuhkan sakit gigi.

Mengatasi rasa sakit gigi dengan berkumur menggunakan air garam hangat

Penyebab sakit Gigi

Sakit gigi umumnya terjadi karena akibat dari kerusakan gigi yang disebabkan oleh bakteri di mulut yang membentuk plak yang menempel pada gigi. Bakteri dalam mulut ini memproduksi Asam yang dapat menembus lapisan enamel, yaitu lapisan putih pelindung gigi Anda. Akibat selanjutnya adalah akan menyebabkan gigi berlubang, dimana akan menimbulkan rasa sakit pada gigi jika terkena air dingin atau ketika lubang sudah menembus pulpa(jaringan syaraf) . Sementara itu berkumur dengan menggunakan air garam mungkin akan meminimalkan ketidaknyamanan akibat dari kebanyakan sakit gigi. Menurut website American Academy of Family Physicians , berkumur menggunakan air asinĀ  seringkaliĀ  diresepkan untuk meringankan rasa sakit yang terkait dengan kondisi gigi yang disebut perikoronitis.

Identifikasi

Infeksi dan peradangan pada jaringan di mulut sering diperingatkan oleh tanda-tanda perikoronitis. Infeksi ini biasanya terjadi di sekitar gigi, dan bisa menimbulkan bengkak pada gusi, dan itu dipicu oleh penumpukan partikel sisa makanan dan bakteri. Kondisi seperti ini dapat membatasi kemampuan Anda untuk memindahkan rahang, dan juga menyebabkan rasa sakit ketika menelan atau mengunyah makanan. Beberapa orang yang mengalami kondisi perikoronitis biasanya bermasalah dengan bau mulut dan bahkan bengkak pada wajah.

Lihat Juga :  Resep Ramuan obat Tradisional Kuat Pria

Pencegahan / Solusi

Nyeri yang berhubungan dengan perikoronitis seringkali bisa hilang setelah membilas mulut dengan air asin hangat, karena akan membantu untuk menghilangkan partikel sisa makanan yang terjebak di antara gigi. Benang gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan mulut dari partikel sisa makanan. Dokter gigi dapat mengevaluasi kondisi ini untuk menentukan, apakah perlu diberikan pengobatan tambahan, seperti antibiotik, dll. Kurangi makan-makanan asam, manis, terlalu panas atau dingin, untuk menghindari rasa sakit akibat nyeri gigi. Baca juga: Makanan perusak gigi

Cara dan kegunaan berkumur dengan air garam hangat untuk sakit gigi

Campurkan 1 sdm garam dalam segelas air hangat dengan suhu yang sama dengan yang Anda suka saat minum teh atau kopi. Campuran air asin yang telah berada di mulut Anda arahkan ke dekat lokasi yang nyeri. Jika air yang garam yang dibuat untuk berkumur tadi sudah dingin, keluarkan dan ulangi beberapa kali agar partikel makanan di sekitar gigi hilang, sehingga akan meminimalkan infeksi .

Anda bisa melakukan berkumur dengan air garam hangat hingga tiga atau empat kali setiap hari, sebelum menemui dokter gigi untuk penaganan lebih lanjut. Cara ini seharusnya sudah bisa menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan, jika dilakukan secara konsisten.

Pertimbangan

Rasa sakit yang disebabkan oleh sebagian besar sakit gigi sering bisa sembuh dengan rutin berkumur air garam. Penghilang rasa sakit dengan antiseptik mungkin juga bisa membantu. Menurut MayoClinic.com, sebaiknya menghindari penggunaan aspirin untuk menyembuhkan sakit gigi, karena mungkin Anda justru akan merasakan sakit dan panas pada gusi.

Peringatan

Jika Anda mengalami sakit gigi yang berlangsung lebih dari dua hari, disertai demam, serta kesulitan untuk menelan makanan atau sulit bernapas, itu merupakan tanda bahwa Anda harus ditangani oleh profesional medis atau dokter.

Lihat Juga :  Baking soda, pasta gigi alami yang aman bagi kesehatan

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: