Dampak terlalu banyak makan garam


dampak terlalu banyak makan garamDampak terlalu banyak makan garam – Garam memang tak lepas dari dapur sebagai bumbu masak. Karena sehebat apapun bumbu, resep masakan dan juru masak, makanan tanpa garam tak akan ada artinya. Namun Perlu diketahui juga bahwa, berlebihan makan garam bisa menyebabkan kematian dini yang terkait dengan penyakit jantung , darah tinggi dan stroke.

Pengurangan asupan garam dan meningkatkan kadar kalium akan menurunkan secara signifikan tekanan darah,  selanjutnya menurunkan risiko serangan jantung, stroke dan gagal jantung.Ada hubungannya dengan kesehatan pembuluh darah, baca juga : Manfaat bawang putih

Meningkatkan asupan garam dapat meningkatkan tekanan darah, resiko stroke fatal dan penyakit jantung.

Namun sebaliknya, mengurangi makan garam justru akan menurunkan resiko naiknya tekanan darah, dan menghindarkan dari resiko stroke dan penyakit jantung, berikut ini menurut berbagai penelitian:

 

  1. Salah satu studi meneliti temuan 34 uji klinis yang melibatkan lebih dari 3.000 orang dewasa, dan menemukan bahwa mengurangi asupan garam dapat menyebabkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah.
  2. Penelitian lain yang mereview 56 studi sebelumnya, ditemukan bahwa mengurangi konsumsi garam menyebabkan naiknya tekanan darah dan penurunan risiko stroke fatal dan penyakit jantung pada orang dewasa.
  3. Ditemukan bukti juga bahwa pengurangan asupan garam dapat menurunkan tekanan darah pada anak-anak.
  4. Studi ketiga menganalisis data dari 33 uji klinis yang melibatkan lebih dari 128.000 orang dan menemukan bahwa peningkatan asupan kalium dapat menurunkan tekanan darah pada orang dewasa, serta dapat mengurangi risiko stroke hingga 24 persen.
  5. Asupan kalium yang tinggi juga dapat menguntungkan bagi anak-anak, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut(Healthday).
  6. Kalium paling banyak ditemukan dalam buah-buahan, sayuran segar, dan kacang-kacangan, seperti bean dan kacang polong.
Lihat Juga :  Manfaat dan efek samping terapi ikan

Takaran sehat garam untuk orang dewasa

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan tujuan untuk mengurangi asupan garam kepada 5 sampai 6 gram (sekitar satu sendok teh) per-hari pada tahun 2025. Namun, menurut studi peneliti dan beberapa ahli lain,  merekomendasikan penurunan yang lebih lanjut hingga untuk 3 gram per hari.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: