Dampak sering menahan air kencing


Dampak resiko sering menahan air kencingMenahan kencing adalah hal yang kelihatannya sudah biasa dilakukan oleh banyak orang. Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang terpaksa menahan buang air kecil ini, misalnya saat didalam perjalanan, sedang meeting, belajar dikelas dsb. Apapun alasannya, sebaiknya Anda selalu menghindari kebiasaan buruk bagi kesehatan yang satu ini. Sebab tahukah Anda bahwa sering menahan air kencing ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan?….

Dampak resiko menahan air kencing

Kenapa orang bisa kebelet pipis? – Dinding kandung kemih memiliki reseptor yang mengukur berapa banyak kandung kemih mampu untuk menampung urin yang masuk . Ketika kandung kemih kita hampir penuh, reseptor ini akan mengirim sinyal ke otak untuk memberitahu kita jika telah tiba waktunya untuk ke kamar mandi. Dalam situasi yang normal, otak akan mengirim sinyal ke kandung kemih untuk menutup erat sampai waktu yang tepat tiba(ketika ditoilet). Kebanyakan orang dewasa memiliki kontrol, dan bisa menahan buang air kecil selama diperlukan.

Sementara fungsi kandung kemih adalah sebuah proses otomatis, dan otak kita yang memilih kapan waktu untuk mengunjungi kamar mandi. Berapa lama seseorang dapat menahan pipis, tergantung dari ukuran kandung kemih dan keinginan mereka. Jika kantung kemih sudah penuh dan mendesak,  akhirnya akan menyebabkan tubuh untuk mengesampingkan perintah otak untuk menunda buang air kecil. Dan kemungkinan besar akibatnya, orang hanya akan mengompol. Namun bukan hanya itu, ada beberapa resiko yang mungkin bisa terjadi akibat suka menahan pipis berikut ini:

Suka Mengompol

Mengompol bukan hanya dominasi anak kecil, orang dewasa pun bisa ngompol. Nah, jika sering menahan pipis tubuh mungkin bisa kehilangan kemampuannya untuk mengetahui kapan saatnya untuk pipis. Dengan demikian, resiko suka menahan pipis yang pertama adalah memiliki kebiasaan pipis dicelana alias ngompol.

Lihat Juga :  Makanan Untuk meninggikan badan

Pecahnya kandung kemih

Penelitian telah menunjukkan bahwa menahan kencing dapat menyebabkan pecahnya kandung kemih. Walaupun jarang kedengaran, namun hal ini bisa saja terjadi.

Bisa menyebabkan infeksi kandung kemih.

Semakin lama Anda menahan kencing Anda , maka kandung kemih bisa menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi, yang dapat menyebar ke ginjal dan menyebabkan kerusakan yang lebih besar lagi.

Mirip dengan infeksi saluran kemih ( ISK ) , infeksi kandung kemih(cystitis) dapat terjadi ketika bakteri bergerak ke dalam kandung kemih melalui uretra(saluran keluar urin dari tubuh). Wanita lebih mungkin mengalami infeksi kandung kemih, karena mereka memiliki urethras yang lebih pendek dari Pria. Aktivitas seksual adalah penyebab umum dari infeksi saluran kemih dan infeksi kandung kemih bagi wanita dan pria.

Infeksi kandung kemih yang tidak diobati dapat menyebabkan penyakit yang lebih berat, yaitu termasuk kerusakan ginjal atau infeksi aliran darah bakteri ( bakteremia ) . Bakteri dalam aliran darah bisa berbahaya karena memiliki hubungan yang kuat dengan sepsis, yang bisa berakibat mematikan.

Batu Ginjal dan infeksi ginjal

Kenapa sering menahan air kencing bisa menyebabkan baru ginjal?. Batu ginjal adalah batu yang bisa terbentuk dari sisa sisa kotoran yang sedianya harus segera dibuang melalui urin. Kandungan garam dan sisa mineral lain bisa mengendap dan menggumpal didalam ginjal, jika tak segera dikeluarkan. Batu ginjal yang tak segera dioperasi dapat berlanjut menyebabkan luka pada dinding ginjal. Karena adanya luka dan banyaknya bakteri dalam urin, infeksi sudah pasti akan terjadi.
Air seni/urin adalah kotoran dari sisa-sisa metabolisme yang harus segera dikeluarkan. Selain mengurangi beberapa resiko buang air kencing diatas, bukankah perasaan akan menjadi lebih lega setelah pipis?

Lihat Juga :  Olahraga yang baik bagi ibu hamil

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: