Dampak sering kena angin malam

Dampak  buruk angin malam bagi kesehatanDampak sering kena angin malam – “Jangan sering keluar malam, karena angin malam itu jahat”, kata orang tua dulu.Benarkah demikian?,, seberapa beresikonya sih angin malam terhadap kesehatan?,,,

Yang jelas, Orang yang suka keluar malam hari dan tidur larut malam akan menjadi kurang istirahat. Soalnya, tidur malam berperan penting dalam memulihkan kondisi tubuh yang kelelahan sepanjang hari.Orang yang kurang tidur, pada siang hari akan merasa letih sehingga mengurangi produktifitas.Tidur juga berguna untuk mempertahankan daya tahan tubuh agar tetap optimal, sehingga tubuh tahan terhadap penyakit. Apalagi jika ditambah dengan terpapar oleh angin pada malam hari, sudah pasti tubuh lebih rawan mengalami gangguan kesehatan.

Berikut beberapa Dampak sering kena angin malam

1. Hewan-hewan penebar penyakit lebih banyak yang aktif dimalam hari, seperti nyamuk malaria, cikungunya dll.Orang yang terlalu sering berada diluar ruangan pada malam hari tentu memiliki peluang lebih besar digigit nyamuk.

2. Angin malam itu lebih lembab karena banyak mengandung uap air, hal ini akan memperparah kondisi penyakit yang sudah diderita, seperti bronkhitis atau pneumonia.Batuk akan menjadi lebih berat dan menjadi sesak napas.Jika sangat sering keluar malam juga bisa memperbesar resiko terkena penyakit paru-paru basah.

3. Angin malam dapat memicu timbulnya serangan asma. Suhu dingin dan lembap di malam hari akan menyebabkan saluran napas menyempit dan memproduksi lendir. Akibatnya udara yang keluar masuk menjadi lebih sulit, dan timbul batuk sebagai mekanisme tubuh untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru.

4. Angin malam yang lembab juga dapat mengganggu saluran pernapasan atas. Angin malam juga dapat mencetuskan peradangan pada mukosa hidung (rinitis) atau tenggorokan (faringitis) yang gejalanya antara lain batuk pilek dan sakit tenggorokan.

5. Angin malam bisa membuat rematik  (gout arthritis) yang diderita menjadi akut. Udara dingin bisa membuat sendi penderita rematik membengkak, merah, dan nyeri.

6.Udara malam juga lebih kotor,  apalagi didaerah pinggir jalan yang padat kendaraan.Karena pada malam hari, pohon tidak menghisap Co2 kendaraan, melainkan justru mengeluarkan Co2.

Masih banyak lagi dampak kesehatan akibat angin malam.Untuk itu , jika memang harus keluar malam kenakanlah pelindung tubuh seperti jaket yang tebal, masker , helm fullface jika berkendara sepeda motor.Lebih baik lagi jika keluar malam bisa naik kendaraan tertutup/mobil.

Terimakasih telah membaca artikel Dampak sering kena angin malam. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kesehatan, Tahukah and tagged , , .

Komentar: