Dampak Buruk Makanan Cepat saji

Dampak buruk makanan cepat sajiDampak Buruk Makanan Cepat saji – Makanan cepat saji adalah makanan yang disajikan dengan cara singkat, praktis dan biasanya hanya dilakukan dengan cara yang sederhana. Pada umumnya, makanan cepat saji adalah menu makanan yang disajikan direstoran. Pada dasarnya makanan cepat saji atau  junk food diolah dengan cara digoreng, sehingga memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Waspadai, karena junkfood adalah salah satu makanan buruk sumber penyebab hadirnya serangan jantung.

 

Berikut ini Beberapa dampak buruk makanan cepat saji bagi kesehatan

Meningkatkan Risiko Serangan Jantung

Sudah pasti, Kandungan kolesterol yang tinggi pada makanan cepat saji dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Pembuluh darah yang tersumbat mengakibatkan kerja jantung semakin keras, lambat laun akan mengakibatkan terjadinya serangan jantung koroner.

Meningkatkan Berat Badan

Apalagi jika anda gemar berlangganan makanan cepat saji, sekaligus tak pernah berolah raga. Maka hanya dalam beberapa minggu tubuh akan mengalami penambahan berat badan yang tidak sehat karena lemak dalam junkfood. Lemak yang secara cepat di dapat tubuh dari  makanan cepat saji akan tersimpan dan menumpuk dalam tubuh, jika tak digunakan untuk pembakaran energi.

Meningkatkan Risiko Kanker

Kandungan lemak jenuh yang tinggi yang terdapat dalam makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko kanker, terutama kanker payudara dan usus besar.

Kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi akibat lemak jenuh dari makanan cepat saji adalah pemicu awal dari segala macam penyakit pembuluh darah, misalnya asam urat, stroke, darah tinggi hingga merembet kepada penyakit jantung.

Memicu Diabetes

Kandungan kalori dan lemak jenuh yang tinggi dalam makanan cepat saji akan memicu terjadinya resistensi insulin yang berujung pada penyakit diabetes. Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel tubuh tidak merespon insulin sehingga menurunkan penyerapan glukosa yang menyebabkan banyak glukosa menumpuk di aliran darah.

Memicu Tekanan Darah Tinggi

Garam dapat membuat masakan menjadi jauh lebih nikmat. Hampir semua makanan makanan cepat saji mengandung garam yang tinggi. Garam mengandung natrium, ketika kadar natrium dalam darah tinggi dan tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal, volume darah meningkat karena natrium bersifat menarik dan menahan air. Lemak jenuh juga bisa menyebabkan pembuluh darah tersumbat, hal ini penyebab utama darah tinggi. Ini menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Membuat Ketagihan

Makanan cepat saji mengandung zat aditif yang dapat membuat ketagihan dan merangsang untuk ingin terus memakannya sesering mungkin. Jika anda sudah ketagihan junkfood, gejalanya adalah tak merasa nikmat lagi jika makan makanan sehat.

Terimakasih telah membaca artikel Dampak Buruk Makanan Cepat saji. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Gaya Hidup, Kesehatan, Makanan, Tips Sehat and tagged , , , , .

Komentar: