Dampak bahan kimia berbahaya dalam kosmetik palsu murah

dampak berbahaya bahan kimia dalam kosmetik palsu murahSiapa sih wanita yang tak ingin tampil menarik dan cantik?,, Tampil menarik didepan umum merupakan keharusan, apalagi jika harus sering berhubungan dengan publik. Namun jangan sampai usaha agar tampil cantik tersebut dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan dan kecantikan itu sendiri. Ketahuilah bahwa saat ini banyak kosmetik murah abal-abal, yang menggunakan bahan kimia berbahaya. Bukannya Anda kan cantik, justru wajah beresiko tinggi bisa rusak secara permanen!

Yang lebih menyedihkan lagi, kosmetik tersebut adalah kosmetik palsu, dimana penampilannya yang mirip dengan yang asli, dimana seringkali menipu konsumen. Jadi, pastikan jika kosmetik yang Anda beli adalah asli, dengan membeli dari agen atau toko yang terpercaya.

Jangankan kosmetik palsu, kosmetik yang memiliki brand terkenal saja masih berpotensi menggunakan bahan kimia berbahaya. Baca juga: Bahan kimia Berbahaya didalam kosmetik

Bahan kimia murah berbahaya yang seringkali ditemukan dalam kosmetik palsu:

Dilansir Antara.com, berdasarkan penelusuran BPOM, kosmetik berbahaya mayoritas memberi efek memutihkan kulit. Sayangnya, bahan yang dipakai sangat berbahaya, yaitu merkuri/raksa, hidrokinon dan asam retinoat. Berikut mari kita bahas tentang bahan kimia tersebut dan bahayanya bagi wajah dan kesehatan:

Merkuri

Merkuri adalah logam berat yang juga dikenal dengan air raksa. Zat kimia ini sangat berbahaya jika penggunaannya secara teratur dan dalam jangka waktu lama. Merkuri memiliki sifat meresap dan mengendap dalam tubuh, dan akan menyebabkan masalah yang berat bagi kesehatan dikemudian hari. Walaupun penggunaan kosmetik hanya dioleskan, namun merkuri yang terkandung bisa meresap melalui pori-pori dan kemudian akan terbawa bersama aliran darah, yang selanjutnya akan mengendap di organ penting tubuh  manusia. Dalam kosmetika, merkuri seringkali terlibat dalam obat pemutih kulit, obat jerawat, lipstik dll.

Dampak yang bisa ditimbulkan oleh air raksa atau merkuri jika mengontaminasi tubuh manusia:

  • Bila pemakaian dihentikan, akan timbul jerawat kecil-kecil disertai rasa gatal. Jika berlanjut akan menyebabkan timbul bintik-bintik hitam di bawah kulit pada sebagian ataupun merata diwajah. Lama-kelamaan wajah akan berubah menjadi abu-abu lalu selanjutnya kehitaman. Lebih lanjutnya dapat menyebabkan kanker kulit, kerusakan jaringan tubuh & menyebabkan kematian.
  • Pada ibu sebelum atau sedang hamil, merkuri yang terserap tubuh Dapat menghambat pertumbuhan, cacat lahir, hingga kematian pada JANIN.

Krim yang mengandung merkuri juga bisa diidentifikasi dari gejala keracunan metabolisme tubuh, dengan gejala sbb :

  • Pusing,
  • Di orientasi ruang,
  • Mual-mual,
  • Tremor (gemetar),
  • Susah Tidur,
  • Gangguan Penglihatan,
  • Gangguan Emosi,
  • Depresi.
  • Serta Lupa (pikun)

Asam Retinoat

Asam retinoat atau juga dikenal Vitacid, Retin-A, Retin A Micro, Retiva, Reviderm, Sensiderm, Renova dan Tretinoin Gel adalah sebuah retinoid aktif turunan vitamin A dalam bentuk asam yang dibentuk dari all-trans retinol (retinoid dalam bentuk alkohol), Asam retinoat juga dikenal dengan sebutan tretinoin (alkrans-retinoic acid) yang digunakan dalam terapi atau pengobatan jerawat.

Bahayanya menggunakan Asam Retinoat untuk kosmetik
Saat ini sudah banyak dilaporkan bahwa penggunaan asam retinoat berisiko berbahaya bagi pemakainya, antara lain:

  • Berpotensi mengiritasi kulit normal. Asam retinoat yang dioleskan akan menimbulkan peradangan pada kulit. Gejala yang sering muncul adalah sensasi rasa agak panas, menyengat, kemerahan, eritema sampai pengerasan kulit
  • Berpotensi menjadi  zat karsinogen (menyebabkan kanker)
  • Penggunaan asam retinoat pada mencit albino dan mencit berpigmen terbukti dapat meningkatkan potensi karsinogen akibat radiasi sinar UV-B dan UV-A.
  • Pada ibu hamil atau sebelum hamil, berpotensi menjadi zat teratogen (menyebabkan cacat janin. Telah dilaporkan bahwa bayi yang terlahir dari seorang wanita yang mengoleskan asam retinoat 0,05% sebanyak dua kali sehari pada wajah berjerawat, sebelum dan selama kehamilan, mengalami malformasi berat pada wajah seperti kecacatan langit-langit mulut, bibir sumbing, celah kelopak mata menyatu, hipertelorisma (peningkatan abnormal jarak antara dua organ/bagian), defisiensi lubang hidung kiri dan kelainan sistem saraf pusat serta hidrosefalus.

Hidroquinon

Hidrokuinon termasuk golongan obat keras yang hanya bisa digunakan berdasarkan resep dokter, dan penggunaanya pun tak boleh melebihi 2%. Penggunaan hidrokuinon lebih dari 2% biasanya yang ditambahan pada krim pemutih kulit. Bahaya pemakaian yang berlebihan dan tanpa pengawasan dokter dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit menjadi merah dan rasa terbakar. Hidrokuinon juga dapat menyebabkan kelainan pada ginjal (nephropathy), kanker Darah (leukemia  dan Kanker Hati (hepatocelluler adonema)

Penyebab yang bisa timbul lainnya adalah oockronosis, pada orang yang berkulit gelap. Oockronosis adalah kulit berbintil seperti pasir dan berwarna coklat kebiruan, Penderita oockronosis akan merasa kulit seperti terbakar dan gatal.

Zat aktif yang sering digunakan dalam produk pemutih kulit/bleaching ini pada dasarnya kelihatan cukup efektif, karena kemampuannya dapat menghilangkan flek gelap atau warna tak merata pada kulit. Hal ini karena Hidrokuinon bekerja dengan menghalangi pengeluaran melanin oleh melanosit yang terletak pada lapisan epidermis kulit, sekaligus menembus lapisan kulit dan menyebabkan penebalan pada lapisan kolagen. Namun hal ini akhirnya menjadi kontradikif terhadap perlindungan kulit, dimana justru akan menghilangkan barrier atau protektor terhadap organ di bawah kulit seperti pembuluh darah yang bisa langsung melebar saat terpapar panas berlebihan. Dan secara tidak langsung menjadi faktor penuaan dini,  dan bisa juga dalam beberapa konteks akan terjadi keganasan pada kulit.

Rhodamin B

Rhodamin B adalah zat yang digunakan sebagai pewarna teksil, kertas, ataupun tinta. Rhodamin B sangatlah berbahaya jika masuk kedalam sistem tubuh manusia. Pada kosmetik, rodamin B banyak digunakan sebagai pewarna untuk lipstik yang abal-abal. Lipstik, tentu saja dipakai dibibir, yang beresiko tinggi ikut tertelan bersama makanan atau ludah. Jika Lipstik yang mengandung Rhodamin B dipakai secara terus menerus, akibatnya juga akan fatal bagi kesehatan. Mulai dari iritasi dan gangguan saluran pencernaan, liver (hati), hingga kanker karena Rhodamin B merupakan zat karsinogenik (penyebab kanker).

Rhodamine B sudah dilarang penggunaanya oleh pemerintah sejak tahun 2006. Pemerintah juga sudah mengeluarkan peringatan agar kosmetik yang mengandung Rhodamin B tidak dipasarkan lagi. Namun banyaknya produsen “ produsen yang nakal, membuat lipstik yang mengandung Rhodamin B masih banyak beredar dipasaran.

Jadi, sebaiknya Anda mulai sekarang supaya lebih teliti lagi dalam membeli kosmetika, karena masih banyak ditemukan kosmetika jenis palsu dari china. Mereka bisa memberikan harga murah, karena menekan biaya produksi dengan menggunakan bahan kimia yang murah namun berbahaya.

Nah, demikian sekilas tentang bahan kimia berbahaya yang banyak ditemukan dalam kosmetik abal abal alias palsu.

Mungkin Anda juga Menyukainya :

loading...

Berikan komentar Anda: