Ciri-ciri Kosmetik yang Mengandung merkuri


Untuk mengetahui secara akurat tentang kadar kandungan merkuri dalam krim kosmetik, tentunya harus dilakukan dengan uji laboratorium. Namun ciri-ciri krim yang mengandung merkuri itu bisa dideteksi dengan cara melihat, merasakan, atau setelah sekian lama memakainya. Krim merkuri sebenarnya mempunyai ciri yang sangat khas. Baca juga: Dampak bahan kimia berbahaya dalam kosmetik palsu murah

Berikut ciri-ciri krim atau kosmetika mengandung merkuri :

      • Krim yang mengandung merkuri pada umumnya lengket. Namun ada Sebagian yang mencampurkan merkuri dengan bedak dingin (bedak jerawat), agar kelihatan lebih encer.
      • Krim bermerkuri pada umumnya tidak menyatu & kasar, dan apabila didiamkan maka minyak akan terpisah dengan bagian yang padat.
      • Bau logam merkuri sebenarnya bisa tercium, namun sebagian produsen menambahkan parfum yang menyengat untukk menghilangkan bau logam tersebut.
      • Pada umumnya warna kosmetik sangat mencolok, karena pada umumnya menggunakan bahan pewarna tekstil(rodhamin B), atau warna kuning dan warna krim putihnya yang terlihat mengkilat seperti mutiara. Hal ini karena kosmetika palsu tidak menggunakan bahan pewarna khusus untuk kosmetik.
      • Bila diusapkan pada kulit lengan akan terasa panas dan gatal.
      • Pada pemakaian awal akan meyebabkan Iritasi kulit, dan kulit menjadi kemerahan bila terkena sinar matahari.
      • Jjika dioleskan pada kulit, akan menghasilkan warna putih yang tidak lazim, pada umumnya tampak pucat.
      • Kulit bisa berubah putih hanya dalam waktu yang sangat singkat, biasanya kurang dari 1 minggu. Hal ini tergantung dari kadar kandungan merkuri, jika kadarnya makin tinggi maka akan semakin lebih cepat memberikan warna putih.
      • Memang hasilnya Tidak menimbulkan jerawat sama sekali, namun jangan terkesima dulu. Hal ini bisa terjadi karena lapisan kulit epidermis kita yang telah rusak, sehinga kulit sudah tidak mengandung protein & melanin yang berguna untuk melindunginya dari radiasi matahari. Selain itu jasad renik ataupun kuman tidak lagi akan menyukai kulit yang sudah tercemar oleh merkuri, bahkan termasuk nyamuk sekalipun.
Lihat Juga :  Penyebab dan Cara Alami Mengatasi ketombe

Ciri-ciri Kosmetik yang Mengandung merkuri

      • Jerawat yang dalam keadaan normal juga berfungsi sebagai indikator tingkat kandungan protein di dalam kulit, hal ini sebenarnya untuk mengontrol agar kita melakukan perawatan kulit wajah. Soalnya bila anda lupa melakukan perawatan kebersihan wajah, maka pada umumnya jerawat akan timbul. Namun karena adanya merkuri, maka hal ini tidak terjadi lagi karena struktur protein pada kulit telah berubah & menjadi rusak.
      • Pori-pori tampak mengecil , dan kulit terlihat lebih halus. Ini bukan kemajuan oleh penggunaan kosmetika, namun sebenarnya disebabkan karena lapisan kulit terluar wajah kita telah tipis dan tergerus oleh logam merkuri. Sepintas memang pori-pori akan tampak mengecil kulit menjadi halus. Untuk mengujinya anda bisa merasakan dengan mencobanya pada sinar matahari, jika kulit Anda terasa terbakar, gatal yang disertai kemerahan, itu berarti kulit wajah Anda sudah tidak lagi mendapat perlindungan dari melanin yang berfungsi melindungi wajah kita dari radiasi sinar matahari. Pada produk kosmetikan yang asli, pemakaian krim siang hari selalu menggunakan pelindung SPF,  sehingga anda tidak akan merasakan rasa iritasi seperti terbakar yang disertai rasa gatal pada kulit.
      • Bila kulit Anda telah tercemar merkuri, dan menghentikan pemakaian, maka akan timbul jerawat kecil-kecil yang disertai rasa gatal. Menghentikan pemakaian merkuri juga dapat menimbulkan bintik-bintik hitam di bawah kulit sebagian ataupun merata diwajah
      • Warna Putih pada kulit wajah akibat penggunaan merkuri ini lama-kelamaan akan berubah menjadi abu-abu dan selanjutnya menjadi kehitaman.
      • Pemakaian lebih lanjut dapat menyebabkan kanker kulit, kerusakan jaringan tubuh, bahkan menyebabkan kematian.
      • Pada wanita sebelum dan sedang hamil. merkuri yang telah diserap dan terakumulasi dalam tubuh dapat menghambat pertumbuhan, menyebabkan cacat dan kematian pada janin.
      • Krim merkuri juga bisa diidentifikasi dari gejala keracunan metabolisme tubuh, dengan gejala sbb :Pusing,Di orientasi ruang,Mual-mual,Tremor (gemetar),Susah Tidur,Gangguan Penglihatan,Gangguan Emosi,Depresi, Serta demensia (pikun)
Lihat Juga :  Cara menunda atau menghentikan rambut rontok secara alami

Sumber: penerangan kesehatan

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: