Ciri-ciri dan Gejala demam berdarah

Ciri ciri umum menderita demam berdarah adalah demam tinggi dan timbulnya bintik-bintik merah pada kulit. Namun seringkali bintik merah tersebut tidak kelihatan, bahkan muncul. lalu bagaimana mengetahui gejala demam berdarah lainnya?,,,

Mengutip dari laman detik health, “Sebenarnya ada cara yang sederhana yaitu dengan diprovokasi gitu,” ujar dr Darmawali Handoko, MEpid, Kepala seksi standarisasi sub-direktorat arbovirosis.

Beliau menjelaskan cara provokasiyang dimaksud, yaitu melakukan pembendungan antara tensi (tekanan darah) diastolik dan sistolik, kemudian dibiarkan selama 5-10 menit kemudian bisa dilihat apakah akan muncul bintik merah atau tidak. Hal ini biasanya dilakukan oleh petugas kesehatan. Baca juga: Makanan-minuman terbaik bagi penderita demam berdarah agar cepat pulih

Berikut ciri-ciri dan gejala awal Demam Berdarah Dengue (DBD), yang berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kemenkes.

Ciri dan gejala demam berdarah dengue (DBD)

Sebaiknya untuk segera memeriksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat, jika menemui ciri ciri penderita sbb.

1. Demam mendadak 2 – 7 hari dengan suhu 38 – 40 derajat Celsius serta diikuti 2 gejala lainya yang ada dibawah ini;
2. Sakit Kepala
3. Nyeri di belakang mata
4. Rasa nyeri pada otot tubuh
5. Tulang terasa nyeri
6. Bercak merah dikulit (ruam)
7. Sel darah putih (Leukosit) menurun/ rendah
8. Munculnya tanda pendarahan
9. Uji serologi Dengue dinyatakan positif
10. Ada tetangga yang sudah positif terjangkit DBD

Jika gejala demam berdarah nomor 1 dan diikuti oleh 2 ciri-ciri dibawahnya segeralah lakukan tindakan cepat untuk melakukan pencegahan dengan memeriksakan pada dokter atau rumah sakit terdekat.

Fase dari demam berdarah itu sendiri memiliki tahapan yaitu masa inkubasinya sekitar 5-9 hari, dimulai dari tahap infeksi sampai munculnya gejala. Selanjutnya akan memasuki fase fase akut yang mana sudah muncul gejala sekitar 1-3 hari dan pada hari ke 4-6 merupakan fase kritis. Jika sudah pada fase kritis tersebut korban bisa mengalami kebocoran pembuluh darah kapiler.

Selain melakukan tes provokasi atau tes bendung tadi, diagnosis DBD juga bisa dilakukan melalui tes IgG/IgM dan juga tes NSI. Kedua tes tersebut hasilnya akurat, akan tetapi pemeriksaanya harus pada tahapan waktu yang tepat. Apabila demam terjadi 2 hari maka di diagnosis dengan tes SNI, namun apabila demam terjadi pada hari kelima maka bisa dilakukan tes IgG/IgM.(sahabatsehat.info)

Terimakasih telah membaca artikel Ciri-ciri dan Gejala demam berdarah. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Jenis jenis penyakit, Kesehatan and tagged , , .

Komentar: