Cara Terbaik Mengolah buah dan sayuran

Cara terbaik mengolah buah dan sayuranAda sejumlah langkah yang bisa dilakukan agar kandungan vitamin dan nutrisi tidak hilang.
Buah dan sayuran adalah sumber nutrisi terbaik yang sangat diperlukan oleh tubuh.Gizi yang ada pada buah dan sayuran bisa optimal jika tanpa dimasak, atau dikonsumsi dalam keadaan segar.Pada pengolahan buah dan sayuran yang kurang tepat ternyata dapat merusak kandungan vitamin dan gizi yang terkandung.
Nah,,,rugi kan, jika kandungan nutrisi penting pada buah tersebut berkurang atau hilang?,,
Berikut ini ada beberapa cara terbaik untuk mengolah buah dan sayuran:

1. Cucilah buah atau sayuran terlebih dahulu sebelum dikupas, seperti pada buah yang berkulit dan umbi-umbian (kentang, ubi jalar ataupun singkong).Hal ini agar bagian dalamnya terhindar dari kontaminasi ataupun kotoran.

2. Tidak disarankan mencuci buah sayuran dalam keadaan tersendam.Pergunakan air yang mengalir, agar kotoran yang larut di air tidak menempel kembali.Dan Bersihkanlah dengan detail.

3. Cuci sayuran berdaun ataupun buah yang bisa dikonsumsi secara langsung dengan kulitnya dibawah air yang mengalir, agar kandungan vitamin dan nutrisi yang dimilikinya tidak larut. Sebelum dikonsumsi, bilaslah sekali lagi dengan air hangat.

4. Untuk sayur dan buah yang tidak mengalami proses pemasakan, pastikan semua perangkat dapur dan alat makan yang digunakan dalam kondisi bersih agar tidak ada kuman yang menyertai saat dikonsumsi.

Terimakasih telah membaca artikel Cara Terbaik Mengolah buah dan sayuran. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Manfaat Buah, Tips Sehat, Tips Umum.

Komentar: