Cara sehat Mengkonsumsi, serta manfaat kesehatan telur Ayam


Khasiat telur ayam kampungTelur Ayam adalah bahan makanan yang paling umum digunakan dalam berbagai macam keperluan, terutama untuk mengolah makanan. Dalam beberapa hal, telur ayam sangat baik bagi kesehatan. Namun jika sembarangan mengkonsumsi telur, akibatnya justru bisa kurang baik bagi kesehatan. Lalu bagaimana cara mengkonsumsi telur yang sehat?, serta apa saja manfaat telur bagi kesehatan?,,,. Berikut mari kita bahas mengenai fakta menarik telur terhadap kesehatan.

#Kandungan gizi telur

Kolin

Telur tinggi mengandung kolin, yaitu senyawa yang sangat dibutuhkan terutama bagi ibu yang sedang mengandung. Kekurangan kolin pada Ibu hamil dapat menyebabkan perkembangan gangguan perkembangan otak janin. Kolin juga penting untuk menjaga kelancaran fungsi metabolisme tubuh.Dan Satu biji kuning telur akan memberikan sekitar 25 persen kebutuhan kolin harian yang disarankan.

Protein

Telur memiliki nilai kegunaan dari protein (net protein utilization), yaitu 100 persen. Sedangkan protein daging ayam hanya 80 persen, serta  susu 75 persen. Masih meragukan protein telur?

Vitamin

Putih telur adalah jenis protein yang disebut sebagai albumen, dan juga mengandung beberapa vitamin penting dari B kompleks, seperti niasin (vitamin B3), dan riboflavin (vitamin B2).  Telur ayam kampung mengandung tinggi vitamin E dan D. Vitamin D dikenal baik untuk kulit dan kesuburan, sedangkan vitamin D, penting untuk kesehatan tulang. Putih telur ini mengandung 57 persen dari jumlah total protein sebuah telur.

Kolesterol baik

Telur mengandung tinggi kolesterol, namun jumlah kolesterol tertinggi adalah jenis HDL(kolesterol baik). Sebutir telur mengandung 6 kolesterol, dan yang 2 adalah kolesterol. Telur juga diketahui mengandung asam lemak Omega 3, yang dibutuhkan untuk fungsi kognitif.

Mineral

Putih telur juga mengandung 1,3 mcg folat, 6,6 mcg selenium, 2,3 mg kalsium, 3,6 mg magnesium, dan 4,9 mg fosfor. Dan semuanya adalah senyawa esensial penting bagi kesehatan tubuh.

Lihat Juga :  Olahraga yang cepat mengecilkan perut

Asam amino

Telur adalah sumber protein terbaik, salah satunya adalah asam amino. Putih telur tinggi asam amino, yang diperlukan untuk perkembangan fisik anak, pembentukan otot, serta pemulihan fisik yang lelah pada orang dewasa.

#Cara Mengolah dan mengkonsumsi telur yang sehat

Begitu tinggi nilai gizi telur serta manfaatnya untuk kesehatan kita, namun mengkonsumsi telur yang salah justru bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan. Berikut cara mengolah dan mengkonsumsi telur yang sehat.

Hindari mengkonsumsi telur mentah

Mengkonsumsi telur mentah umum dilakukan sebagai jamu, pada beberapa tradisi kesehatan tradisional. Mungkin saja baik bagi kesehatan karena nutrisinya masih 100% , atau belum ada yang rusak/berkurang karena proses memasak. Namun mengkonsumsi telur mentah beresiko terinfeksi bakteri salmonnela, yang dapat menyebabkan gangguan berupa diare, kram perut, dan demam. Jadi, untuk mengurangi resiko bakteri, pastikan telur dan tangan sudah dalam keadaan selesai dicuci bersih dengan sabun.

*Terutama bagi Ibu hamil dan anak-anak, bakteri salmonela bisa membahayakan. Untuk itu, pastikan memasak telur dengan baik sebelum dimakan.

Sebaiknya, hindari menggoreng telur

Telur memang paling nikmat jika digoreng, namun tahukah bahwa telur yang digoreng justru tak baik bagi kesehatan?. Menggoreng telur hanya menambah kadar kolesterol buruk pada telur, serta akan kehilangan lebih banyak nutrisi. Jadi, telur yang direbus adalah pilihan bagi yang peduli dengan kesehatan.

Perhatikan kebutuhan kolesterol Anda

Kandungan kolesterol pada sebutir kuning telur adalah sekitar 213 mg. Ini berarti sangat sedikit di bawah anjuran asupan maksimal harian, yaitu 300 mg pada orang yang kesehatannya normal. Sedangkan untuk orang yang  bermasalah dengan gangguan arteri(jantung, drah tinggi), kebutuhan maksimal kolesterol dalam sehari tak boleh lebih dari 200mg. Jadi, jika Anda makan sebutir telur sehari yang ditambah dengan makanan tinggi kolesterol lain, maka bisa kelebihan kolesterol dan buruk bagi jantung dan obesitas. Apalagi yang memang sudah memiliki riwayat kolesterol tinggi, atau masalah kesehatan kardiovaskuler?. Hanya lebih banyak mengambil Putih telur, adalah pilihan terbaik bagi yang ingin mendapatkan gizi dari makan telur namun tetap aman. Seluruh jumlah kolesterol pada sebutir telur hanya terdapat pada kuningya saja.

Lihat Juga :  Bahayanya dan ciri makanan yang mengandung Boraks atau bleng

 Cara merebus telur

Agar kuning telur tidak berwarna keabu-abuan dan berbau, rebuslahtelur selama 10 menit. Setelah itu, masukkan ke dalam air dingin. Jika menginginkan telur setengah matang, rebus telur selama 5 menit, lalu masukkan ke air dingin.

Cara menggoreng telur yang baik

Untuk membatasi asupan kalori, terutama bagi yang sulit meninggalkan telur goreng, gunakanlah wajan anti lengket yang hanya diolesi dengan sedikit minyak.

Sajikan selagi hangat

Mengkonsumsi telur mata sapi , atau telur rebus memang enak selagi masih hangat atau baru dimasak. Selain itu,  Telur yang sudah dibiarkan terlalu lama bisa kehilangan sebagian dari zat gizinya.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: