Cara menunda atau menghentikan rambut rontok secara alami


Cara Alami Mencegah Rambut RontokCara menunda atau menghentikan rambut rontok secara alami – Sebenarnya banyak sekali obat untuk mencegah kerontokan rambut yang tersedia. Atau bisa menggunakan beberapa perawatan medis untuk rambut rontok pada pria dan wanita. Namun hanya dalam beberapa kasus saja obat-obatan bisa menumbuhkan kembali rambut yang telah rontok. Dan bagi banyak orang, satu-satunya pilihan lain adalah transplantasi rambut, bedah atau menggunakan wig.

Menghentikan Rambut Rontok Sebelum benar-benar terlihat

Cara terbaik untuk melakukan perawatan rambut adalah menerapkannya ketika masih belum begitu banyak atau terlihat. Salah satu tanda-tanda awal yang telah membuat banyak orang kehilangan rambutnya adalah ketika rambut mulai mudah patah. Anda menemukan lebih banyak rambut yang tertinggal di sikat atau sisir. Rambut Anda mungkin akan terasa kering dan rapuh. Dan pada akhirnya, Anda mungkin akan melihat secara bertahap  rambut di bagian atas kepala mulai menipis, melingkar serta terlihat tambal sulam atau botak.

Tanda-tanda awal rambut rontok juga bisa menjadi sedikit berbeda antara pria dan wanita. Pria biasanya lebih akan terlihat pada kulit kepala dan rambut sedikit di bagian depan dan bagian atas kepala. Pada Wanita mungkin akan terlihat menipis diseluruh kepala.

Pada kondisi ini sebaiknya cek-up kesehatan, karena kemungkinan beberapa obat dan kondisi medis juga bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut. Jika tidak lakukanlah langkah-langkah awal yang akan membantu untuk merawat dan menjaga rambut jangka panjang dengan pendekatan terbaik untuk menunda rambut rontok.

Langkah-langkah yang perlu diambil sejak dini sebelum rambut semakin banyak yang rontok,patah atau pecah.

Vitamin dan Mineral:

Kekurangan vitamin B, seng, zat besi, atau kalsium mungkin bisa mempercepat kerusakan rambut. Pastikan Anda cukup memperoleh asupan vitamin ini, dan mempertimbangkan penggunaan obat tertentu. Pil KB, misalnya, bisa menguras vitamin B dari tubuh.

Lihat Juga :  Khasiat dan Manfaat buah Jengkol

Memperlambat jam biologis Anda.

Rambut rontok yang paling sering disebabkan oleh perubahan gen yang dapat memicu proses rambut beruban / rontok. Menunda proses penuaan tubuh secara keseluruhan bisa dilakukan dengan makan makanan yang sehat, berolahraga, dan mengkonsumsi “makanan super” seperti buah-buahan, bawang putih, dan sayuran hijau gelap.

Minyak jojoba:

Memijat kulit kepala secara teratur dengan minyak jojoba bisa  membantu untuk merangsang folikel rambut, ditambah dengan penggunaan kondisioner rambut yang sudah Anda miliki. Minyak lainnya yang baik untuk rambut seperti minyak almond atau minyak kelapa.

Memeriksa tiroid Anda .

Hypothyroidism bisa  menyebabkan rambut menjadi rapuh dan lebih mudah patah.

Menghindari over styling.

Peralatan yang dapat membuat panas rambu, perawatan kimia, dan terlalu sering keramas bisa menyebabkan rambut Anda rontok sebelum waktunya. Yang lainnya adalah tidak mewarnai rambut lebih dari satu atau dua warna normal.

Tips efektif bagi yang sudah mengalami  kehilangan banyak rambut baik pria maupun  wanita:

Mengurangi tingkat DHT.

Propecia bekerja dengan cara menghambat enzim yang mengubah hormon testosteron menjadi DHT, yang diyakini bertanggung jawab mematikan rambut. (Catatan: testosteron dikenal sebagai hormon pria, namun pria dan wanita juga memilikinya.) Perawatan Alternatif alami yang diyakini dapat melakukan itu seperti penggunaan teh hijau, jelatang , minyak emu dan minyak biji labu.

Pertimbangkan L-Lysine.

Penelitian awal telah menemukan bahwa L-Lysine bisa membuat obat-obatan seperti Propecia menjadi lebih efektif, sehingga mengkonsumsi suplemen ini akan menghambat DHT yang alami dan lebih efektif.

Kontrol gula darah.

Semakin banyak insulin yang ada dalam tubuh Anda, maka akan semakin banyak dampak testosteron terhadap sel-sel Anda. Untuk mengurangi efek dari testosteron, minimalkan asupan karbohidrat Anda, serta  menyeimbangkan kadar gula darah Anda dengan seluruh makanan.

Lihat Juga :  Hal yang bahayanya sama dengan merokok

Cobalah teh spearmint.

Penelitian dari Inggris dan Turki menunjukkan bahwa minum teh spearmint dapat membantu untuk mengurangi kadar testosteron, serta dapat meningkatkan keseimbangan antara follicle stimulating hormone dan hormon luteinizing, yang dapat membantu untuk mempertahankan rambut.

Pertimbangkan biotin.

Biotin atau vitamin B7 Sangat penting bagi pertumbuhan kuku dan rambut, serta tidak memiliki efek samping. Cobalah lima sampai delapan miligram vitamin ini per hari.

Potensi rempah-rempah lainnya.

Arnica, licorice, sage, safflower, dan rosemary telah lama digunakan selama bertahun-tahun untuk mengatasi rambut rontok. Cobalah menggabungkannya dengan minyak almond, atau membuat larutan yang diencerkan dengan air hangat dan kemudian pijat ke kulit kepala selama lima sampai dua puluh menit sehari.

Gunakan Jus bawang merah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology menemukan bahwa, ketika jus bawang dipijatkan langsung ke kulit kepala sebanyak dua kali sehari selama dua bulan, peserta studi mulai mengalami pertumbuhan rambut setelah memakainya hanya dalam dua minggu, sementara rambut baru yang tumbuh terlihat pada 20 dari 23 orang di enam minggu.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: