Cara mengurangi stres saat mengemudi


menghindari stres saat mengemudiBukan hal yang baru lagi, jika jalanan adalah ruang lain yang bisa menyebabkan seseorang menjadi stres. Beberapa persoalan saat mengemudi bisa mempengaruhi kejiwaan, seperti jalanan yang macet, perilaku pengendara lain,  kondisi jalanan yang rusak,  peristiwa alam seperti banjir, kondisi kendaraan, dll. Paling sering akibat stres saat mengemudi adalah rentan menjadi emosional, rasa takut, bahkan trauma untuk turun kejalan dengan kendaraan sendiri.

Mengapa stres terjadi?
Anda mungkin sudah mengerti bahwa 20 menit stres bisa merusak seluruh hari Anda. Mungkin Anda baru bisa tenang lagi dalam beberapa jam, atau bahkan akan menjadi lebih tenang lagi setelah beberapa hari. Baca juga artikel sebelumnya : Apakah Stress | Gejala-gejala orang sedang Stress

Khusus dalam artikel ini saya akan memberitahu kan informasi kepada Anda tentang beberapa tindaka  saat mengemudi, yang bisa membantu Anda mengurangi stres.

Sebelum Kami memberikan tips tersebut, kami harus  mengingatkan Anda tentang konsep di balik stres. Stres terjadi ketika pikiran Anda terkunci dalam berpikir, atau khawatir tentang sesuatu sambil melakukan sesuatu yang lain. (Contoh sederhana: khawatir tentang sakit punggung saat bekerja).

Sekarang Anda sudah memahami konsep yang sederhana, dan sekarang mari kita lihat bagaimana cara Anda bisa memanfaatkannya saat mengemudi.

Berikut 5 cara untuk menghindari atau mengurangi stres saat mengemudi

1) Tangki bahan bakar Anda bisa membuat Anda stres:

Kedengarannya aneh ya? Ketika bahan bakar mobil Anda terlihat tinggal sedikit, maka pikiran Anda akan mulai khawatir tentang pengisian bahan bakar selama Anda mengemudi. Dalam kasus seperti itu,  sumber daya pikiran Anda akan terjebak dengan kekhawatiran, sehingga apa pun yang terjadi di jalan akan membuat Anda menjadi stres.

Lihat Juga :  Tips Cara mengatasi kutu rambut

2) Jangan berkendara ketika Anda sedang terlambat:

Yang terbaik adalah tidak mengendarai mobil Anda saat Anda sedang terlambat. Bila Anda sedang terlambat, maka pikiran Anda akan mulai mengkhawatirkan tentang tenggat waktu, sehingga segala sesuatu di jalan akan membuat Anda menjadi stres

3) Jangan mengendarai mobil Anda, jika mobil masih harus di service :

Jika ada sesuatu yang salah dengan mobil Anda,  maka pikiran Anda akan terus mengkhawatirkan masalah itu hingga Anda selesai memperbaikinya, sehingga hal ini membuat mengemudi menjadi lebih stres. Yang penting untuk dicatat bahwa mengkhawatirkan itu sendiri tidak membuat stres, tapi ketika ada masalah lain yang terjadi, seperti terjebak dalam kemacetan lalu lintas,  maka efek gabungan dari kedua peristiwa ini akan menciptakan stres yang lebih besar.

4) Jangan mengendarai mobil Anda jika Anda ada sesuatu yang lebih penting untuk dilakukan:

Apakah ada hal penting yang harus Anda lakukan? Kecuali Anda mengemudi untuk menuju suatu tempat yang bisa membantu Anda untuk melakukan hal itu, maka mengemudi akan membuat Anda stres. Sekali lagi, pikiran Anda mengunci beberapa sumber daya untuk berpikir tentang sebuah hal,  maka kemacetan lalu lintas atau masalah lain yang Anda temui saat mengemudi akan membuat Anda stres.

5) Jika Anda sudah stres maka jangan mengemudi :

Salah satu hal yang terburuk yang ingin Anda lakukan untuk diri sendiri adalah melakukan sesuatu yang bisa membuat stres saat Anda sudah stres. Dalam hal ini, Anda tidak hanya akan mengalami stres, tetapi hari Anda akan menjadi sebuah mimpi buruk. Dengan kata lain,  hindarilah mengemudi ketika Anda benar-benra sudah stres

Beberapa catatan tentang stres

  • Anda mungkin sudah menyimpulkan, bahwa kemacetan lalu lintas sendiri tidak dapat menyebabkan Anda stres, jika Anda tidak mengkhawatirkan tentang sesuatu hal yang lain. Hal yang sama berlaku untuk klakson mobil, kebisingan dan semua masalah lain di jalanan.
  • Sangat kecil kemungkinannya untuk mendapatkan stres, jika pikiran Anda tidak disibukkan oleh memikirkan suatu hal yang lain. Stres adalah efek gabungan dari dua peristiwa.
  • Mungkin informasi kami tidak memncakup semua kasus yang dapat menyebabkan stres, tetapi konsep ini akan selalu sama. Pastikan Anda tidak mengendarai mobil Anda, saat pikiran Anda sudah terjebak di tempat lain.
Lihat Juga :  Tips Cara Alami mengusir kecoak selamanya

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: