Cara menghitung masa subur wanita menggunakan kalender


Cara menghitung masa suburCara menghitung masa subur wanita menggunakan kalender – Metode Kontrasepsi Pantang Berkala atau lebih dikenal dengan sistem kalender adalah  salah satu cara/metode kontrasepsi sederhana yang tidak melakukan hubungan pada masa subur. Metode ini juga bisa berjalan efektif,  bila dilakukan secara baik dan benar. Dengan penggunaan sistem kalender, maka  setiap pasangan dimungkinkan dapat merencanakan setiap kehamilannya.

Jika menggunakan metode KB  kalender, tentunya pasangan suami istri harus mengetahui siklus masa subur. Namun Siklus masa subur pada setiap wanita tidak sama. Untuk itu diperlukan pengamatan minimal 6 kali pada siklus menstruasi.

Berikut ini cara mengetahui dan menghitung masa subur :

Bila siklus haid teratur (28 hari) :

  1. Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1
  2. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid

Contoh :
Seorang isteri mendapat haid mulai tanggal 9 Januari. Tanggal 9 Januari ini dihitung sebagai hari ke-1. Maka hari ke-12 jatuh pada tanggal 20 januari dan hari ke 16 jatuh pada tanggal 24 Januari. Jadi masa subur yaitu sejak tanggal 20 Januari hingga tanggal 24 Januari. Pada tanggal-tanggal tersebut suami isteri tidak boleh bersanggama. Jika ingin bersanggama harus memakai kondom atau sanggama terputus (bisa dilihat di artikel tentang sanggama terputus).

Bila siklus haid tidak teratur :

  1. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.
  2. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumus:

  1. Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek “ 18
  2. Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang “ 11

Contoh :

jualan online

Seorang wanita mendapat haid dengan keadaan : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya)

Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32“11 = 21. Jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid. Pada masa ini suami isteri tidak boleh bersanggama. Jika ingin bersanggama harus memakai kondom atau sanggama terputus.
Kontrasepsi dengan menggunakan sistem kalender dapat menghindari risiko kesehatan yang berhubungan dengan kontrasepsi. Bagi keluarga yang kesulitan untuk mendapatkan alat kontrasepsi sangat cocok untuk menggunakan metode kontrasepsi ini selain tidak memerlukan biaya juga tidak perlu mencari tempat pelayanan kontrasepsi.

Menggunakan sistem kalender perlu kerjasama yang baik antara suami istri,  karena metode ini perlu kemauan dan disiplin pasangan dalam menjalankannya. Masa berpantang yang cukup lama akan mengakibatkan pasangan tidak bisa menanti sehingga melakukan hubungan pada waktu masih berpantang. Tapi bukan masalah bila saja pasangan membiasakan menggunakan kondom pada saat subur.(Sumber: keluargasjht.blogspot.com)

Baca Juga :

Perjodohan Paksa(kawin paksa), menurut Hukum Islam dan Undang-Undang Hukum Negara Perjodohan yang dipaksakan yang biasa disebut Kawin paksa , dalam bahasa Indonesia berasal dari dua suku kata yaitu kawin dan paksa. Kawin dalam ka...
Resiko dan akibat Diabetes Gestational pada Kehamilan Diabetes gestational, adalah tipe diabetes sementara yang umum terjadi selama kehamilan. Menurut American Pregnancy Association , antara 2 dan 5 perse...
Bagaimana Cara agar bisa Mencintai dan dicintai suami lagi? Bukan berarti Anda menikah dulu tanpa rasa cinta kepada suami Anda. Rasa cinta pada masa pacaran akan berubah menjadi perasaan lain yang dalam yakni k...
Kata-kata yang tidak boleh diucapkan orang tua pada anak Kata-kata yang tidak boleh diucapkan orang tua pada anak - Mendidik anak memang gampang-gampang susah, untuk itu sebagai orang tua kita dituntut kwaji...
Penyebab dan mengatasi sulit buang air besar setelah melahirkan Sulit buang air besar/sembelit setelah melahirkan terkadang seperti suatu hal yang dikhawatirkan oleh banyak ibu hamil.Ada beberapa hal yang dapat mem...
Tips bagaimana cara menjadi Ayah yang baik Banyak yang mengatakan bahwa menjadi seorang ayah yang baik itu tidak mudah. Tidak peduli berapa usia anak atau berapa banyak anak yang Anda miliki, A...

Berikan komentar Anda: