Cara Menghindari Stress


Agar Terhindar Dari stressCara Menghindari Stress – Stress akhir-akhir ini sudah menjadi masalah yang krusial, karena penyebab stress bisa datang darimana saja. Seolah apapun bisa mengakibatkan stress, seperti masalah kantor/pekerjaan, masalah keluarga, masalah keuangan dan lain sebagainya. Bahkan, hingga Ibu hamil pun bisa stress akibat terlalu banyak berfikir tentang bayinya saat dilahirkan nanti. Stress memang harus dihindari, karena stress adalah ibu dari berbagai macam penyakit.

Pada dasarnya, stress adalah penyakit fikiran. Kalau tak percaya, cobalah melihat orang gila. Orang gila tak gampang sakit karena tak pernah berfikir macam-macam, seperti halnya orang waras yang selalu merasa kekurangan.

Biarlah hidup ini mengalir, berusaha tetap, berdoa juga iya. Tak perlu difikir dalam-dalam apa yang masih berada diluar jangakuan kita . Untuk bisa mengatasi stress, buatlah management stress dalam hidup Anda.

Berikut ini Tips menghindari stress, atau boleh dibilang manajemen stress, yang bisa Anda jalankan mulai saat ini.

 

Istirahat dan Tidur cukup

Coba ngapain pada malam hari jika sampai kurang tidur. Kalau kurang tidur hanya untuk berfikir hal yang sebenarnya diluar jangkauan, justru akan semakin membuat fikiran tertekan. Mungkin juga karena harus kejar deadline pekerjaan yang bertumpuk sampai harus mengorbankan waktu tidur anda. Kurang tidur merupakan salah satu sebab terbesar seseorang terjangkit stres.

Lembur boleh saja, asalkan tidak terus menerus dengan mengorbankan waktu istirahat Anda. Kalau anda keseringan melanggar jatah waktu istirahat anda, tubuh anda pasti akan berontak. Akibatnya waktu pagi hari wajah anda terlihat kurang fresh, kantung mata menggantung, stamina pun kurang bugar. Menurut para pakar, waktu ideal untuk tidur adalah 8 jam. Namun  anda sendirilah yang paling tahu kebutuhan tidur anda.

Lihat Juga :  Dampak Negatif Minuman Keras bagi kesehatan

Sebenarnya gampang untuk menentukan apakah waktu tidur anda kurang atau sudah cukup. Kalau waktu bangun anda merasa badan anda kurang segar, itu tandanya kalau anda masih kurang tidur. Tapi kalau sudah segar berarti waktu tidur anda cukup. Namun hati-hati, tidur yang kelamaan juga bisa menimbulkan badan semakin loyo.

Tidur yang cukup akan membantu mengurangi tingkat ketegangan atau stress tubuh anda.

Olahraga cukup

Kenapa olahraga termasuk dalam salah satu management stress yang harus dikelola?. Olahraga yang cukup itu pun bisa membantu mengurangi ketegangan, baik ketegangan otot maupun ketegangan otak. Bagaimanapun Anda menyukai pekerjaan Anda, yang namanya suntuk bisa saja tetap hadir .. Berolahraga membantu anda lebih sehat, meningkatkan energi dan stamina anda, membuat pikiran lebih fresh, sehingga anda bisa bekerja menjadi lebih baik dan olahraga juga dapat membuat tidur lebih pulas.

Lakukanlah olahraga mulai besok, dan seterusnya secara rutin. Lakukan 3 kali, 2 kali atau 1 kali seminggu. Jika Anda hanya memiliki sedikit waktu, olahraga malam juga silahkan. Olahraga kecil seperti jalan-jalan, lari pagi, atau naik sepeda keliling sekitar lingkungan rumah anda, silahkan asalkan dapat melemaskan otot dan menyenangkan fikiran.

Makan makanan sehat dan teratur

Terkadang saking asiknya bekerja, kita sampai lupa memperhatikan perut. Bekerja dalam keadaan perut kelaparan bisa berakibat fatal dan meningkatkan potensi terkena stress. Makanlah makanan bergizi secara teratur. Jangan sampai karena terlalu asyik bekerja, anda jadi lupa atau telat makan.

Musik

Suara musik dapat membuat tubuh terasa lebih ringan dan rileks. Anda bisa dengarkan musik untuk mengurangi ketegangan tubuh anda. Cobalah dan biarkan tubuh anda bergoyang mengikuti irama musik. Kalau perlu, sambil ikut berdendang

Lihat Juga :  Wanita yang membuat Cemburu pasangan Anda dan mengatasinya

Liburan

Luangkan waktu liburan Anda untuk berlibur bersama keluarga atau orang-orang yang Anda sayangi. Hal ini penting untuk membebaskan diri dari rutinitas yang membelenggu , sehingga akan  melemaskan urat-urat syaraf anda. Karena pada dasarnya stress adalah penyakit fikiran, dengan berwisata maka fikiran anda akan terhibur oleh hal yang menyenangkan.

Bersosialisasi

Cobalah untuk menghubungi teman-teman lama Anda, atau paling tidak hanya sekedar menelepon. Lebih asyik lagi kalau teman-teman sekolah waktu jaman SMP bisa berkumpul kembali dalam sebuah kesempatan. Selain dapat mempererat kembali tali silaturahmi,  Anda bisa terhibur dengan ngobrol mengingat kisah jaman dulu . Pasti stres anda akan lenyap seketika mentertawakan cerita-cerita lucu yang anda alami.

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: