Cara menghilangkan garis-garis putih pada kulit /perut (stretch mark)

Cara menghilangkan garis-garis putih pada kulit /perut (stretch mark) – Munculnya garis garis putih yang umumnya terjadi pada kulit perut wanita hamil atau stretch mark biasanya dianggap merusak pemandangan kulit. Tentunya hal ini akan membuat risih siapa saja yang mengalaminya. Sebelum mencari cara untuk mengatasinya, pelajari dulu bagaimana stretch mark bisa terbentuk,  dan siapa saja yang bisa mendapatkannya. Stretch mark adalah garis-garis putih muncul karena kulit kehilangan elastisitasnya yang dikarenakan pernah terjadi peregangan maksimal. Bila Anda sedang hamil, maka kulit perut akan membentang sangat besar dalam waktu yang relatif cepat. Selain itu, hormon glukokortikoid hormon mempengaruhi dermis (lapisan tengah kulit) untuk memproduksi kolagen dan serat elastis. Akhirnya, serat kehilangan elastisitasnya dan akhirnya akan membuat kulit pecah bahkan lebih tipis.

cara menghilangkan garis putih pada kulit perutAda sebuah karagu-raguan tentang faktor yang mempengaruhi munculnya stretch mark,  seperti keturunan, hormon, nutrisi, dan hidrasi yang terjadi saat Anda sedang hamil. Pada hampir semua wanita yang sedang hamil, stretch mark tidak dapat dihindarkan. Biasanya ini akan muncul setelah 4-5 bulan usia kehamilan. Adalah hal yang wajar bagi seorang wanita hamil yang mengalami pembesaran perut, karena adanya pertumbuhan janin dalam rahim. Sebenarnya, pada wanita hamil yang telah melahirkan, stretch mark akan memudardengan sendirinya setelah melahirkan, tetapi secara umum tidak bisa hilang 100%,  karena terjadi robekan pada jaringan subkutan. Itulah mengapa munculnya stretch mark terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan bagi wanita hamil.

Penyebab umum timbulnya garis-garis putih khususnya pada perut(Stretch Mark)

Stretch mark biasanya disebabkan oleh karena pembesaran tubuh yang juga akan membuat kulit meregang. Hormon tertentu juga bisa ikut andil dalam pembentukannya. Berikut adalah beberapa penyebab Stretch Mark secara umum.

  • Kehamilan: Selama kehamilan, peregangan dinding perut terjadi untuk mengakomodasi pembesaran rahim. Stretch mark biasanya mulai terbentuk pada trimester kedua kehamilan untuk sekitar 50% wanita hamil.
  • Obesitas: Penyebab berat badan karena akumulasi lemak berlebihan juga dapat meregangkan kulit.
  • Pubertas: Selama pubertas, ada peningkatan timbunan lemak yang meluas dipermukaan tubuh yang disebabkan oleh aktivitas hormon pertumbuhan. Sekitar 70% anak perempuan berusia 10-16 tahun terpengaruh, sementara hanya 40% pria muda berusia 14-20 tahun juga ada yang terpengaruh.
  • Sindrom Cushing: gangguan sekresi hormon adrenal yang disebabkan oleh obesitas yang meregangkan kulit.
  • Tubuh: Peregangan kulit yang disebabkan oleh pembesaran ukuran otot.
  • Edema: edema adalah akumulasi cairan pada ruang antara sel-sel  yang dapat terjadi di semua bagian tubuh. Edema yang disebabkan penyakit ginjal dan hati dapat meregangkan kulit perut.
  • Berat badan: Kenaikanberat badan yang cepat.
  • Krim atau lotion kortikosteroid: Obat kortikosteroid digunakan untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit dapat mengurangi jumlah kolagen dalam kulit. Kolagen adalah protein dalam dermis yang diperlukan untuk mempertahankan elastisitas kulit. Kekurangan kolagen akan meningkatkan risiko pembentukan stretch mark.
  • Lain-lain: Semua kondisi yang berpotensi menghambat sintesis kolagen di kulit.

Tips Untuk menghilangkan Stretch Mark atau garis garis putih pada kulit

1. Rajin mengoleskan minyak zaitun, minyak biji bunga matahari serta pelembab non-allergenic aman setelah mandi.
2. Konsumsi makanan yang mengandung cukup vitamin A, C dan E, karena vitamin-vitamin ini berguna untuk menjaga kulit agar segar dan sehat.
3. Memenuhi kebutuhan protein terutama albumin yang cukup agar kolagen kulit tetap terjaga selama kehamilan. Contoh menu makanan yang cukup banyak mengandung albumin adalah telur lele putih. Buah-buahan segar sumber vitamin alami seperti jeruk, stroberi, tomat dan sebagainya.
4. Air minum yang  cukup juga diperlukan untuk  menjaga kulit segar dan elastis.
5. Bagi wanita yang tidak hamil harus menghindari kelebihan berat badan secara tiba-tiba, serta meningkatkan gaya hidup sehat dan mengatur kembali jadwal latihan fisik.
6. Rajin mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin A, C dan E.
7. Gunakan pelembab kulit yang aman bagi tubuh. Sebisa mungkin tidak menggunakan obat yang mengandung  steroid dalam jangka panjang.
8. Tindakan lebih lanjut untuk mengatasi strechmark bisa dilakukan dengan Mikrodermabrasi, kimia dan operasi laser oleh dokter kulit. Tapi ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui, karena dapat membahayakan bayi yang masih belum lahir.

Cara alami Untuk menghilangkan Stretch Mark

Vitamin E

Pijat seluruh tubuh dengan minyak yang kaya vitamin E sebelum mandi. Jika Anda kehabisan minyak, Anda bisa menggunakan dua kapsul vitamin E yang dibongkar dan menerapkan langsung ke kulit Anda. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E atau makanan seperti kacang kedelai, wortel, paprika merah atau kuning, tomat, dan oatmeal.

Cocoa butter

Oleskan lotion yang kaya mentega kakao pada  seluruh permukaan kulit yang mengalami. Konten tersebut kuat untuk menyamarkan stretch mark. Terapkan cocoa butter sebanyak 3-4 kali sehari, terutama setelah mandi. Karena, pada saat itu kulit masih lembab sehingga lotion akan lebih mudah diserap oleh kulit.

Susu dan putih telur

Selain vitamin E dan cocoa butter, susu dan putih telur juga berkhasiat untuk menghilangkan stretch mark. Jika Anda tidak tahan dengan bau putih telur, tambahkan beberapa tetes minyak vitamin E, lavender, castor, atau almond, lalu oleskan campuran tersebut ke permukaan kulit sebagai masker. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dicuci. Lalu, gosok cocoa butter lotion di seluruh tubuh

Kopi

Bubuk kopi juga bisa menjadi masker exfoliating yang efektif. Caranya, giling biji kopi dan tambahkan beberapa butir gula. Campur dengan baby lotion dan gosok perlahan pada kulit yang terlihat nya stretch mark. Jangan menekan, karena mungkin bisa membuat kulit melepuh. Gunakan masker ini sekali seminggu selama 2-3 bulan.

Shea butter

Anda juga dapat memilih shea butter lotion yang kaya akan vitamin E dan A. Selain diyakini dapat menghilangkan stretch mark, lotion ini juga dapat membuat kulit lembut dan lentur bak kulit bayi. Oleskan lotion sebanyak dua sampai tiga kali sehari, terutama setelah mandi.

Sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran hijau, serta  menghindari rokok dan alkohol, juga mampu menyamarkan stretch mark. Rokok dan alkohol bisa menghilangkan pelembab alami penting tubuh, sehingga akan membuat stretch mark lebih terlihat. Selain itu, hindari berolahraga terlalu berat yang dapat mengakibatkan berat badan turun drastis. Oleh karena itu juga dapat memicu munculnya stretch mark.

Air

Menjaga akan menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, konsumsi air putih dengan jumlah cukup sesuai rekomendasi .

Cara Mencegah Stretch Mark agar tak terjadi Selama kehamilan

Untuk mencegah atau meminimalkan stretch mark selama kehamilan, Anda bisa mencoba tips berikut:

Meningkatkan elastisitas kulit dari dalam tubuh

Hal ini dapat dilakukan dengan memperoleh asupan vitamin dan mineral yang akan membuat kulit Anda menjadi elastis. Atau bisa juga dengan cara alami, yaitu dengan meningkatkan konsumsi sayuran, minum air putih dan konsumsi buah.

Jaga kulit agar tetap lembab

Caranya dengan mengoleskan lotion pada kulit Anda. Atau Anda juga dapat menggunakan krim khusus anti-stretch untuk wanita hamil. Krim ini biasanya memiliki kelembaban yang lebih dari krim biasa. Penggunaan krim ini harus dimulai sejak dini, karena masih kecil dan belum terjadi banyak peregangan.

Perawatan setelah kelahiran

Setelah melahirkan, Anda masih dapat menggunakan krim atau dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak cendana. Namun, jika stretch mark telah muncul, biasanya memang agak sulit untukdihilangkan sepenuhnya.

Terimakasih telah membaca artikel Cara menghilangkan garis-garis putih pada kulit /perut (stretch mark). Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Jenis jenis penyakit, Kecantikan, Kehamilan, Tips Sehat, Tips Umum, Wanita and tagged , , , , , , .

Komentar: