Cara mendeteksi kanker payudara sejak dini


Tanda atau gejala awal diabetes pada wanitaBagi wanita payudara adalah lebih dari sekedar sebagai bagian dari tubuh mereka. Payudara adalah kurva kewanitaan, dimana yang pertama kali membuat terlihat sebagai wanita menarik. Dalam banyak hal, payudara lebih sebagai melambangkan wanita, daripada bagian anatomi lain dari tubuh perempuan.

Untuk mengangkat payudara sebenarnya lebih dari sekedar penderitaan fisik. Batu atau kursi kewanitaan nya bisa benar-benar hancur. Namun, banyak dari kematian akibat kanker payudara  dapat dicegah dengan pemeriksaan diri, pemeriksaan secara klinis rutin dan mamografi . Kanker payudara yang terdeteksi cukup dini, masih dapat memberikan sebagian besar perempuan dapat hidup lima tahun kemudian. Sebaliknya, jika deteksi terlambat, pemulihan dan persentase kesempatan hidup bisa jatuh sangat jauh. Beberapa Penelitian telah menunjukkan secara meyakinkan bahwa mamografi adalah metode yang paling efektif dan dapat diandalkan untuk mendeteksi kanker payudara secara dini.

Pencegahan adalah lebih baik daripada pengobatan

Kanker payudara berkembang secara perlahan-lahan. Secara, kanker akan memerlukan waktu 6 sampai 8 tahun untuk bisa mencapai ukuran 1 cm. Jika lebih kecil lagi kemungkinan adalah tumor, yang masih besar kemungkinan bisa dipulihkan secara penuh. Kanker payudara yang mendapat pengobatan cukup dini(sebelum mempengaruhi kelenjar getah bening aksila), memiliki kemungkinan besar untuk dapat sembuh. Namun faktanya, banyak wanita yang merasa enggan untuk menjalani mamografi, selalu membuat alasan untuk menghindari pemeriksaan atau terus menundanya. Sementara usia yang disarankan untuk pemeriksaan awal mammogram adalah usia 40 tahun. Namun dianjurkan untuk dipertimbangkan diusia 30  jika ada :

  • Ada riwayat kanker dalam silsilah keluarga, Kanker usus besar, kanker payudara atau kanker  ovarium.
  • Harus disadari juga bahwa perempuan yang tidak pernah memiliki anak-anak harus lebih waspada, karena mereka lebih besar kemungkinan untuk mendapatkan kanker payudara.
Lihat Juga :  Makanan untuk melawan kanker payudara

Pemeriksaan diri yang dilakukan secara teratur,  akan memungkinkan Anda untuk menjadi lebih akrab dengan keadaan normal payudara Anda. Dan ini akan membuat Anda selalu sadar setiap ada perubahan selama periode beberapa waktu . (Introspeksi diri umumnya harus dimulai pada usia 20 tahun) .Kalau tidak diri wanita itu sendiri, lalu siapa lagi yang bisa mengenal lebih dekat kondisi payudaranya.

Pemeriksaan diri sendiri kanker payudara :

Periksa payudara di kamar mandi atau mandi :

Tangan akan lebih mudah bergerak di atas kulit yang basah. Gunakan  telapak tangan Anda untuk meraba dan menelusuri di atas seluruh permukaan payudara. Carilah setiap ada benjolan yang tidak biasa, nodul atau penebalan .

Di depan cermin :

Periksa payudara Anda dengan lengan di samping tubuh Anda, kemudian angkat tangan di atas kepala Anda. Carilah setiap bentuk kecil perubahan bentuk payudara Anda, bengkak atau kelainan pada kulit, atau adanya perubahan pada puting.

Sambil Berbaring :

Untuk menguji payudara kanan, letakkan bantal atau handuk yang dilipat di bawahnya. Pertama, ikuti lingkaran terluar, kemudian mulai meraba dengan arah jam imajiner di lokasi sekitar pukul dua belas, geser jari Anda ke pukul satu, dan seterusnya. Adanya jaringan kencang di bagian bawah payudara itu cukup normal. Untuk mulai mengikuti lingkaran konsentris baru, pindahkan jari Anda sekitar 2 cm ke arah puting Anda, dan periksa seluruh payudara Anda termasuk puting. Dalam rangka untuk meraba seluruh payudara, Anda harus membuat sekitar lima lingkaran. Ulangi prosedur ini untuk payudara kiri dengan menempatkan bantal di bawah bahu kiri, dan tangan kiri Anda di belakang kepala. Terakhir tekan puting dengan lembut diantara ibu jari dan jari telunjuk. Jika ada cairan dalam bentuk apapun, maka segeralah untuk pergi periksa ke dokter spesialis segera.

Lihat Juga :  Mitos : Memakai Bra bisa menyebabkan kanker payudara

Artikel Terkait :

Berikan komentar Anda: