Cara Mencangkok Tanaman Buah

Mencangkok tanaman buah itu memiliki kelebihan yang tidak kita dapatkan jika menanam buah dari biji.Mencangkok adalah cara paling cepat untuk mengembangbiakkan tanaman sekaligus juga cepat berbuah.Namun yang paling penting adalah rasa buah yang dihasilkan pohon cangkokan akan sama dengan buah dari pohon induknya.Sementara menanam buah dari biji biasanya akan menghasilkan kualitas buah yang lebih rendah dari pohon induk.Cara lain yang digunakan petani untuk mendapatkan bibit buah yang baik adalah dengan cara menyambung atau menempel/okulasi, namun cara ini tidak akan mudah jika dilakukan orang yang tidak berpengalaman dan proses berbuah lebih lama.Cara mencangkok tanaman buah

Kita ambil cara yang paling mudah,  namun hasilnya juga tak kalah baik , yaitu dengan cara mencangkok.Sayangnya buah cangkokan biasanya berumur lebih pendek, namun tak ada salahnya untuk di praktekkan.

Berikut ini Cara mencangkok tanaman buah

Alat dan bahan:

  1. Pisau
  2. Tali Plastik atau tali bambu
  3. Plastik transparan
  4. sabut kelapa / ijuk
  5. Tanah yang cukup basah dan subur

Cara mengerjakan

  1. Carilah dahan yang sehat,lurus, tidak terlalu besar ataupun kecil, dan tidak terlalu tua.
  2. Jarak antara batang induk dengan batang yang akan dikupas  minimal 10 cm.
  3. Kupas kulit sepanjang ± 5 cm sekeliling batang tanaman.
  4. Bersihkan lendir cambium dengan cara dikerik dengan pisau perlahan sampai bersih.
  5. Tutup bagian kupasan tadi dengan tanah humus yang baik.
  6. Bungkus tanah dengan menggunakan plastik, lalu ikat kedua ujungnya hingga kuat agar tidak jatuh ataupun rusak.

Untuk pemeliharaan setidaknya ±1 minggu sekali cek hasil cangkokan, jika kering segera siram dengan jalan membuka bungkusan cangkokan bagian atas.Tetapi jangan lupa untuk di bungkus kembali.

Sekitar 2 atau 3 minggu mulai tumbuh akar pada cangkokan tanaman, tunggu hingga akar sudah tumbuh banyak dan terlihat memenuhi bungkusan.Kemudian potong dan tanaman hasil cangkokan tersebutpada tanah yang subur.Kasih kayu sebagai penahan agar tidak goyang kena angin atau tersenggol, sampai tanaman hasil cangkok sudah dapat tumbuh daun dan cabang.

Terimakasih telah membaca artikel Cara Mencangkok Tanaman Buah. Bantulah mereka yang mungkin sangat membutuhkan informasi ini melalui tombol SHARE FB/twitt/G+ dibawah ini:


This entry was posted in Manfaat Buah, Tips Umum and tagged , .

Komentar: